Untuk Para Gamer, Ini Fitur ColorOS 11 yang Bisa Diandalkan

Gamer Mode, jadi salah satu fitur andalan ColorOS 11.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 31 Oktober 2020 | 14:00 WIB
ColorOS 11. (Oppo)

ColorOS 11. (Oppo)

Hitekno.com - Kualitas mobile game yang terus meningkat, membuat HP Android semakin berat. Hal ini mendorong Oppo untuk menghadirkan sistem operasi dengan antarmuka ColorOS 11 yang menawarkan fitur khusus untuk bermain game di smartphone.

Dalam pengembangannya, Oppo melakukan tiga tahap versi beta Android 11 yang meliputi perencanaan, pengembangan, dan pengujian untuk meningkatkan pengadopsian dan mengatasi potensi adanya bug.

"Hal ini kami lakukan guna memastikan bahwa ColorOS 11 telah stabil dan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna," ujar International PR Manager, ColorOS, Ricca Huang secara eksklusif kepada Suara.com, belum lama ini.

Baca Juga: ColorOS 11 Resmi Rilis, Ini Daftar HP Oppo yang Mendapatkan Update

Selama beberapa tahun terakhir, Oppo berfokus pada pemecahan perangkat lunak yang memungkinkan kode dari setiap bagian, menjadi lebih independen untuk mencapai efek plug-and-play.

Frame rate yang tinggi pada smartphone, dapat memberikan pengalaman lebih mulus kepada pengguna. Teknologi dari Oppo yakni UI First, mengidentifikasi aplikasi yang sedang aktif berjalan dan tugas terkait, serta memprioritaskan penjadwalan, dan alokasi sumber daya untuk kegiatan dan aplikasi yang sedang berjalan.

Melalui data dikumpulkan dari tes laboratorium Oppo, hal ini mengarah pada peningkatan 15 persen dari kelancaran sistem secara keseluruhan, meningkatkan pemanfaatan RAM hingga 45 persen, tingkat respons sebesar 32 persen dan stabilitas frame rate sebesar 17 persen.

Baca Juga: Cara Update ColorOS 11 di Oppo Find X2 Series

Dengan Quantum Animation pada ColorOS 11, yang menjadikan animasi lebih responsif dan intuitif secara visual, diyakini Anda dapat merasakan performa smartphone yang lebih mulus.

ColorOS 11. [Oppo.com]
ColorOS 11. [Oppo.com]

"Selain itu, kami juga memiliki serangkaian dukungan solusi teknologi mulai dari Hyper Boost 3.0, AI App Preloading hingga Super Power Saving Mode, yang membantu menambah kecepatan rata-rata buka aplikasi lebih dari 23 persen, meningkatkan penggunaan CPU hingga 30 persen, dan mengurangi konsumsi daya smartphone hingga 12 persen," terangnya.

Sementara itu, berbagai fitur apik dari ColorOS 11 ini menunjang para gamer untuk mendapat pengalaman menarik. Hyper Boost 3.0 di ColorOS 11 dioptimalkan untuk menangani masalah panas berlebih dan pengurasan baterai dengan lebih baik.

Baca Juga: Daftar HP Oppo yang Dapatkan Update ColorOS 7, Banyak!

The Smart Resource Allocation semakin dioptimalkan yang mencakup strategi alokasi cerdas, kontrol sumber daya terpadu, dan pengoptimalan dalam skenario daya khusus dan rendah. Hasilnya, pemakaian CPU meningkat hingga 30 persen dan konsumsi daya ponsel turun sebanyak 12 persen. Pengaturan suhu ponsel juga telah ditingkatkan.

Beberapa fitur ke ColorOS 11 juga sudah ditambahkan untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik. Dengan Gamer Mode di ColorOS 11, pengguna dapat sepenuhnya terlena dalam game karena Gamer Mode memblokir pesan dan menonaktifkan layar dan tombol telepon.

"Kami tahu bahwa saat bermain game, sentuhan tidak responsif pada layar sangat mengganggu," ujar dia.

Baca Juga: Daftar HP Oppo yang Dapatkan Update ColorOS 7, Begini Cara Ceknya

Pengguna sekarang dapat mengubah parameter sentuh dengan The Winning Touch 2.0. Responsivitas, kehalusan, dan tingkat sensitivitas sentuhan layar dapat diatur. ColorOS juga memungkinkan gamer untuk tetap produktif saat bermain game dengan Quick Return Bubble yang sudah tersedia sejak ColorOS 7.2.

Bahkan, Anda masih dapat melakukan banyak hal lain selama bermain game, karena Quick Return Bubble akan menampilkan informasi utama game (mis. hitungan mundur) dan memberi tahu Anda kapan harus beralih kembali ke permainan.

ColorOS 11. [Oppo.com]
ColorOS 11. [Oppo.com]

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan, ada juga Game Space, yaitu aplikasi yang berfungsi sebagai pusat kendali untuk semua game diinstal pada smartphone. Dengan bantuan Hyper Boost, aplikasi ini dapat melakukan pra-pembaruan game di backend, yang membantu mempercepat peluncuran game dan dengan demikian mengurangi waktu pemain menunggu aplikasi game terbuka.

Ada juga Game Assistant adalah fitur bawaan ColorOS, pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah selama bermain game dengan menggeser ke kanan atas. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses secara cepat fungsi game yang berguna, seperti menampilkan status CPU / GPU sehingga tahu seberapa banyak yang digunakan, dan dengan mudah beralih antara Mode Competitive/ Performance/ Low Power Consumption.

"Pemain game juga dapat mengambil tangkapan layar (screenshot) atau rekaman selama bermain game dan membagikan momen menarik dalam permainan dengan teman-teman, yang tidak akan mengganggu permainan dan memungkinkan pemain mendapatkan pengalaman bermain game lebih baik," kata Ricca Huang.

Itulah fitur unggulan ColorOS 11 yang bisa diandalkan untuk main game di HP Oppo. Pastikan kamu mendapatkan update antarmuka berbasis Android 11 ini. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB
Tampilkan lebih banyak