Gadget

Sepuluh HP Terlaris Kuartal Ketiga 2020, Samsung dan Xiaomi Mendominasi

Lima HP pintar Samsung dan tiga milik Xiaomi masuk dalam daftar HP terlaris di kuartal ketiga 2020.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)
Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)

Hitekno.com - Perusahaan riset data serta analisis industri teknologi, Canalys baru saja merilis daftar HP terlaris kuartal ketiga 2020. iPhone 11 dinobatkan sebagai HP terlaris sementara mereka Xiaomi dan Samsung mendominasi dalam daftar.

Canalys ikut menyoroti kinerja Xiaomi mengingat ini pertama kalinya perusahaan asal China tersebut menempati posisi tiga besar terkait jumlah pengiriman HP pintar.

Xiaomi mengirimkan 47,1 juta unit HP pintar dan mengungguli Apple di posisi empat yang menyentuh 43,2 juta unit selama kuartal ketiga 2020 (periode Juli-September).

Terkait 10 HP terlaris, iPhone 11 memuncaki daftar dengan penjualan lebih dari 16 juta unit. Saudaranya, iPhone SE (2020) berada di urutan kedua dengan sekitar 10 juta unit.

Daftar 10 HP terlaris justru didominasi oleh HP pintar kelas menenangah dan entry-level. Samsung Galaxy A21s dan Galaxy A11 menempati posisi ketiga serta keempat dengan pasar masing-masing hampir menyentuh 10 juta unit.

Sepuluh HP terlaris di kuartal ketiga 2020. (Canalys)
Sepuluh HP terlaris di kuartal ketiga 2020. (Canalys)

 

HP kelas menengah Samsung Galaxy A51 menempati penjualan nomor lima dengan perolehan hampir 8 juta unit. Samsung menempatkan lima HP pintarnya, sementara Xiaomi menyumbangkan tiga. Di kelas atas, Apple cukup nyaman menempatkan dua iPhone dengan penjualan memuaskan.

Dikutip dari GSM Arena, deretan HP Xiaomi yang masuk dalam daftar termasuk Redmi Note 9, Redmi 9, dan Redmi 9A.

Keluarga "9" dari seri Redmi rupanya menjadi merek yang cukup diterima pasar di segmen entry-level hingga menengah terjangkau.

Data pengiriman smartphone pada kuartal ketiga 2020. (Canalys)
Data pengiriman smartphone pada kuartal ketiga 2020. (Canalys)

 

"Di Eropa, medan pertempuran utama, pengiriman Huawei turun 25 persen, sementara Xiaomi tumbuh 88 persen. Xiaomi mengambil risiko menetapkan target produksi tinggi, tetapi langkah ini terbayar ketika mampu mengisi saluran di Q3 dengan perangkat volume tinggi, seperti seri Redmi 9. Vendor berinvestasi untuk menghadirkan keahlian lokal guna mendapatkan kepercayaan dari distributor dan operator," kata analis industri dari Canalys, Shengtao Jin.

Masih belum ada HP 5G yang masuk dalam daftar di atas. Namun mengingat banyak Android kelas menengah yang dibekali dengan chipset 5G, terdapat kemungkinan daftar berubah di kuartal keempat.

Itulah tadi 10 besar HP terlaris di kuartal ketiga 2020 berdasarkan riset dari Canalys, apakah perangkat kalian masuk dalam daftar?

Berita Terkait