Gadget

Galaxy Creator Workshop 2 Digelar, Ini Tips Bikin Konten Video "Awesome"

Samsung berikan tips mengoptimalisasi konten sehingga bisa menghasilkan video yang keren.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Samsung. (twitter/SamsungMobile)
Logo Samsung. (twitter/SamsungMobile)

Hitekno.com - Pada hari ini (04/11/2020) Samsung mengadakan Galaxy Creator Workshop 2 untuk membahas secara mendalam bagaimana strategi optimalisasi konten video. Mengusung tema "Be A Creator, Be Awesome You", workshop ini dihadiri beberapa narasumber.

Terdapat Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia. Sementara ada juga Wafa Taftazani (Country Strategic Partnership Lead, YouTube Indonesia) dan Glenn Prasetya (Photographer dan Content Creator).

Irfan Rinaldi menjelaskan bahwa Samsung Galaxy A51 dan A71 sangat cocok jika digunakan untuk vlogging. Khusus Galaxy A71, kamera depan 32 MP sangat membantu apabila digunakan untuk vlogging karena sudah dibekali filter khusus.

Kustomisasi filter bisa dipilih agar sesuai dengan preferensi pengguna. Sebagai informasi, Samsung Galaxy A71 juga membawa empat kamera belakang dengan konfigurasi 64 MP + 12 MP + 5 MP + 25 MP.

Kamera ini diklaim bisa digunakan untuk membantu melakukan review produk agar nantinya bisa diunggah di YouTube.

Para narasumber di Samsung Galaxy Creator Workshop 2. (Samsung Video Conference)
Para narasumber di Samsung Galaxy Creator Workshop 2. (Samsung Video Conference)

 

Wafa Taftazani selaku perwarkilan dari YouTube Indonesia mengungkapkan bahwa masa pandemi ini justru bisa menjadi peluang untuk membuat konten di YouTube.

Banyaknya masyarakat yang memilih untuk belanja online berdampak pula pada trafik di YouTube. Masifnya belanja online membuat banyak audience pergi ke YouTube untuk memeriksa barang incarannya.

Konten seperti unboxing gadget atau perangkat lain serta drop test menjadi konten yang banyak diminati saat masa pandemi.

Lebih dari 2 miliar pengguna mengunjungi YouTube setiap bulannya. (Samsung Zoom Conference)
Lebih dari 2 miliar pengguna mengunjungi YouTube setiap bulannya. (Samsung Zoom Conference)

 

Review game hingga react trailer juga memiliki pasar sendiri di YouTube. Glenn Prasetya selaku fotografer sekaligus content creator di YouTube mengungkapkan bahwa tips pertama saat membuat konten ada pada tampilan visual.

Ia menyarankan untuk membawa kamera compact sehingga bisa merekam momen tanpa perlu ribet mengenai ukurannya. Membawa gimbal juga disarankan mengingat goncangan pada kamera bisa mengganggu audience.

Samsung Galaxy A71. (Samsung)
Samsung Galaxy A71. (Samsung)

 

Samsung Galaxy A71 yang sudah dibekali Electronic Image Stabilization System (EIS) menjadi salah satu perangkat smartphone yang direkomendasikan. Kedua adalah audio, sehingga pastikan tidak ada noise ketika kita merekam video.

Hal ketiga adalah kreativitas di mana ini sangat penting mengingat 7 detik pertama dari video YouTube dapat menentukan viewer akan stay atau tidak.

"Rancang storyline kamu terlebih dahulu, meskipun vlogging di lokasi pun tetap perlu adanya Opening, Content dan Closing," kata Glenn Prasetya. Tips selanjutnya ada pada segi editing. Banyak menonton video tutorial bisa membuat skill editing seseorang meningkat.

Glenn Prasetya selaku Photographer dan Content Creator di YouTube. (Samsung Zoom Conference)
Glenn Prasetya selaku Photographer dan Content Creator di YouTube. (Samsung Zoom Conference)

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah color grading sederhana, transisi, penempatan teks untuk membantu informasi, dan penggunaan musik serta sound effect yang tepat.

Samsung Galaxy Creator Workshop 2 di atas digelar sebagai lanjutan dari workshop Samsung yang memberikan edukasi mengenai penggunaan Galaxy series untuk membuat konten video.

Berita Terkait