Gadget

Belum Dirilis, Banyak Rumor Ungkap Spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 SE

Penggemar Apple diramaikan dengan rumor muncul spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 SE.

Dinar Surya Oktarini

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Hitekno.com - Meski belum menggelar peluncurann resmi iPhone 12, penggemarnya diramaikan dengan rumor yang mengungkap spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 SE

Rumor terkait iPhone 13 dan iPhone SE 3 yang akan datang, kabar terkait spesifikasi tersebut dibagikan oleh Ross Young dari DSCC (Display Supply Chain Consultants) di akun Twitter pribadinya. 

Detail ini berasal dari perusahaannya serta Mizuho Securities. 

Menurut tweet Ross dan gambar yang dibagikan, model iPhone 13 akan datang dengan layar berukuran sama seperti perangkat iPhone 12.

Selain itu, keempat ponsel dalam seri yang akan datang, bakal memiliki panel sentuh terintegrasi (Y-Octa). Ukuran pasti dari panelnya seperti yang tercantum di bawah ini.

  • iPhone 13 - 5,42 inci
  • iPhone 13 - 6,06 inci
  • iPhone 13 Pro - 6,06 inci
  • iPhone 13 Pro Max - 6,67 inci

 

Bocoran spesifikasi iPhone 13. [Twitter]
Bocoran spesifikasi iPhone 13. [Twitter]

Meskipun semua model akan memiliki panel OLED, pemasoknya akan berbeda. Misalnya, SDC (Samsung Display Co., Ltd.) akan memasok panel untuk Pro Max serta model yang lebih kecil, yang bisa disebut sebagai Mini.

Sebagaimana melansir laman Gizmochina, Sabtu (3/10/2020), sedangkan LGD (LG Display) akan menyediakan panel untuk semua model kecuali varian teratas. Terakhir, BOE akan memasok panel untuk Pro dan standar iPhone 13.

Lebih lanjut, semuanya akan datang dengan teknologi ProMotion (kecepatan refresh tinggi) tetapi hanya model Pro Max, yang akan menampilkan LTPO untuk kecepatan refresh variabel seperti Galaxy Note20 Ultra.

Sedangkan untuk kamera, model iPhone 13 biasa (5,4 inci/6.1 inci) akan dilengkapi dengan pengaturan kamera ganda. Sensor utama 1,7μm pada perangkat ini akan sama dengan yang akan memulai debutnya di iPhone 12 Pro Max.

Di sisi lain, kedua model Pro akan menampilkan pengaturan tiga kamera dengan sensor utama 1,9µm yang ditingkatkan dengan SensorShift. IPhone ini juga akan memiliki kamera ToF.

Keempat handset seri iPhone 13 ini akan hadir dengan Face ID. Selain itu, meskipun semuanya akan siap 5G, hanya model Pro yang akan mendukung mmWave.

Spesifikasi Apple iPhone SE 3

Selain iPhone 13, spesifikasi iPhone SE 3 juga telah muncul. Menurut bocoran tersebut, ponsel ini akan dirilis pada musim semi 2022 dan bukan tahun depan.

iphone 13 SE akan menggunakan panel LCD dalam sel 6,06 inci yang lebih besar seperti disediakan oleh Sharp atau JDI, dibandingkan dengan layar 4,7 inci yang lebih kecil pada model generasi saat ini.

Bocoran spesifikasi iPhone 13. [Twitter]
Bocoran spesifikasi iPhone 13. [Twitter]

Lebih lanjut, ia akan tiba dengan pengaturan kamera ganda yang sama seperti yang ditemukan pada iPhone 11. Itu berarti akan menampilkan sensor utama 1.4µm.

Karena akan diluncurkan hampir setelah satu setengah tahun, itu akan mencakup dukungan untuk 5G tetapi hanya sub-6GHz seperti model iPhone 12 dan iPhone 13 biasa.

Menariknya lagi, ponsel ini dilengkapi dengan Touch ID (sensor sidik jari). Di atas segalanya, iPhone 13 SE bisa menjadi iPhone Apple pertama dengan tampilan layar penuh. (Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait