Gadget

Tips Terhindar dari Serangan Ransomware yang Berbahaya

Seramgan Ransomware makin banyak ditemukan di Indonesia, waspadalah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi serangan Ransomware. (Pixabay)
Ilustrasi serangan Ransomware. (Pixabay)

Hitekno.com - Ransomware masih menjadi serangan berbahaya yang harus diwaspadai. Mengerikannya, ini makin sering didapati dan terjadi di Indonesia.

Menurut data Kaspersky, selama paruh pertama 2020, terdeteksi sebanyak 298.892 serangan ransomware di Indonesia. Ini adalah jumlah terbesar kedua di Asia Tenggara.

Adapun selama 6 bulan pertama 2020, Kaspersky mencatat sebanyak 831.105 percobaan ransomware yang telah diblokir di wilayah Asia Tenggara.

"Kenapa Indonesia begitu tinggi? Kita bicara tentang awareness, karena ketidaktahuan," kata Dony Koesmandarin Territory Channel Manager Kaspersky dalam jumpa pers online, Rabu (2/9/2020).

Lalu bagaimana cara menghindari serangan ransomare? Berikut kiat-kiatnya:

  1. Cadangan data
    Untuk antisipasi sangat perlu membuat cadangan data secara teratur. Sebaiknya simpanlah banyak salinan di tempat yang berbeda: misalnya drive fisik yang terisolasi dan salinan lainnya di cloud.
    "Selalu backup, itu paling penting, tapi jangan backup di komputer yang sama," ujar Dony.
  2. Perbarui sistem operasi
    Selanjutnya, perlu memperbarui sistem operasi di seluruh komputer pada jaringan Anda ke versi terbaru secara teratur. Ini akan dengan cepat memperbaiki kerentanan terbaru.
    "Update software, kalau tidak update nanti ada celah keamanan yang bisa digunakan," ujar Dony.
  3. Edukasi karyawan
    Selain itu, bagi enterprise atau pemilik UKM perlu mengedukasi karyawan untuk mengikuti aturan keamanan siber sederhana yang dapat membantu perusahaan menghindari insiden ransomware.
  4. Matikan komputer
    Namun, jika serangan ransomware terjadi saat menggunakan laptop atau komputer, menurut Fedor Sinitsyn dari Kaspersky Anti-Ransomware team, perlu untuk langsung mematikan perangkat.
    "Sehingga, tidak semua data dienkripsi atau hal ini bisa melindungi data yang belum tersentuh," ujar Fedor.

Itulah tips dan cara terhindar dari serangan Ransomware menurut Kaspersky. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait