Gadget

Berbagi Jaringan, Begini 3 Cara Mengatur Hotspot Seluler di Android

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur hotspot di Android.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)
Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)

Hitekno.com - Beberapa pengguna HP terpaksa harus mengubah perangkat mereka menjadi hotspot seluler saat koneksi internet menurun ataua apabila ingin membagi jaringan dengan pengguna lainnya. 

Ada beberapa cara untuk mengatur hotspot seluler di Android yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 

Dilansir dari Android Authority, berikut cara mengatur hotspot seluler di Android:

  1. Cara mengonfigurasi koneksi hotspot di Android
Logo WiFi. (Unsplash/Jadon Kelly)
Logo WiFi. (Unsplash/Jadon Kelly)

 

  • Pertama, buka Pengaturan pada smartphone Android > pilih opsi Jaringan & Internet > pilih opsi Hotspot & Tethering > kemudian ketuk hotspot WiFi.
  • Halaman ini memiliki opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur hotspot. Selain itu, pengguna dapat mengubah nama jaringan, jenis keamanan, hingga kata sandi.
  • Pengguna dapat mengikuti petunjuk untuk menyesuaikan fitur hotspot sesuai keinginan. Yang perlu dilakukan hanyalah mengaktifkan fitur hostpot.

2. Cara mengatur hotspot seluler melalui USB

  • Pengguna juga dapat mengatur atau menyiapkan hotspot seluler menggunakan koneksi USB ponsel Android. Yang perlu diingat adalah bahwa cara ini belum tentu berfungsi pada semua perangkat Android.
  • Jika ponsel pengguna mendukung cara ini, yang perlu dilakukan adalah menggunakan kabel USB ponsel Android pengguna untuk menghubungkan handset ke komputer > buka Pengaturan > pilih opsi Jaringan & Internet > pilih Hotspot & Tethering > Aktifkan opsi tethering USB.
  • Proses yang sama dapat digunakan untuk mengaktifkan penambatan Bluetooth, tetapi hal itu tidak direkomendasikan melalui WiFi atau USB karena jauh lebih lambat.

3. Cara mengatur hotspot seluler dengan aplikasi pihak ketiga

  • Bagi pengguna yang menggunakan smartphone Android lama dan mungkin tidak memiliki fitur tethering atau hotspot, pengguna dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti PdaNet+ dan Portable WiFi hotspot.
  • Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang menyediakan layanan ini secara gratis. Namun perlu diperhatikan tingkat keamanan saat menggunakan hotspot seluler dan cermat memilih aplikasi sebelum mengunduhnya.

Cukup mudah bukan langkah-langkah di atas untuk mengatur hotspot di seluler Android, yuk cobain. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait