Ponsel Huawei Lama Bakal Kehilangan Aplikasi Google

Huawei telah masuk Daftar Entitas pada Mei tahun lalu di Amerika Serikat.

Dinar Surya Oktarini
Minggu, 16 Agustus 2020 | 18:00 WIB
Logo Huawei. (Huawei)

Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Departemen Perdagangan Amerika Serikat menyebut Huawei ancama keamanan nasional dan menempatkan perusahaan tersebut dalam Daftar Entitas pada Mei tahun lalu.

Akibatnya Huawei tidak dapat memuat aplikasi Google di HP yang diberdayakan oleh Android

Baca Juga: - Didepak Play Store dan App Store, Fortnite Masih Tersedia di Galaxy Store - Meriahkan Hari Kemerdekaan ke-75 RI, 3 Indonesia Beri Promo Streaming Film - Layanan Video Call Google Duo akan Diganti dengan Meet? - Terlalu Ditekan Amerika Serikat, Huawei Stop Produksi Chipset Kirin - Teknologi Keamanan Baru, Huawei Patenkan All-Display Fingerprint Sensor

Dugaan hubungan Huawei dengan pemerintah Komunis China berada di balik tindakan yang pada dasarnya memblokir pabrikan untuk mengakses rantai pasokan AS-nya. Sebagaimana melansir laman Phone Arena, Minggu (16/8/2020), sementara perusahaan dapat menemukan cara untuk mengatasi sebagian besar larangan tersebut, satu perusahaan AS yang harus diganti oleh Huawei adalah Google.

Di China, sebagian besar aplikasi Google seperti Play Store, Search, Maps, Drive, YouTube, dan Google Assistant tetap dilarang.

Namun, ditempatkan di Daftar Entitas berarti bahwa versi internasional ponsel Huawei yang lebih baru yang diproduksi setelah 16 Mei 2019 (diperpanjang hingga 13 Agustus 2020 menurut Federal Register), tidak diizinkan untuk menggunakan versi Layanan Seluler Google dari OS open source.

Google Play Store [shutterstock]
Google Play Store [shutterstock]

Huawei menggantikan yang terakhir dengan Layanan Seluler Huawei sendiri yang sekarang digunakan oleh lebih dari 700 juta orang dengan perangkat Huawei.

Meskipun model lama yang diproduksi sebelum larangan Daftar Entitas diizinkan untuk menggunakan Android versi Google (termasuk pemasangan aplikasi Google) dan menerima pembaruan Android, itu mungkin tidak berlaku lagi.

Lisensi umum sementara (TGL) yang dibahas dalam Federal Register yang disebutkan di atas (melalui The Washington Post) kedaluwarsa kemarin yang berarti bahwa handset Huawei yang lebih lama, atau yang dijual sebelum perusahaan ditempatkan di Daftar Entitas, mungkin tidak lagi dapat melisensikan Google Mobile Jasa.

Ada kemungkinan bahwa izin umum sementara akan diperbarui hanya karena telah disetujui untuk membantu perusahaan telekomunikasi pedesaan di negara bagian. Beberapa dari perusahaan ini menggunakan peralatan Huawei di jaringan mereka.

Lagipula, selain menjadi pabrikan telepon teratas di dunia (pada hitungan terakhir), Huawei adalah sumber peralatan jaringan nomor satu. Pemerintah AS ingin bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi pedesaan ini untuk melepas dan mengganti perlengkapan Huawei.

Dalam pernyataan yang dikirim melalui email, Departemen Perdagangan mengatakan bahwa mereka awalnya mengeluarkan TGL karena memberikan kesempatan bagi pengguna perangkat Huawei dan penyedia telekomunikasi, untuk terus mengoperasikan perangkat tersebut dan jaringan yang ada untuk sementara sambil mempercepat transisi ke pemasok alternatif.

Tidak jelas apakah AS akan memperpanjang lisensi sementara meskipun perusahaan telekomunikasi pedesaan belum menghapus perlengkapan Huawei dari jaringan mereka.

Hingga hari ini, Huawei masih memiliki keunggulan dalam hal harga dan pembiayaan perlengkapannya. Ia juga memiliki keunggulan teknologi atas para pesaingnya seperti Nokia, Ericsson, ZTE, dan lainnya.

Logo Huawei. (Shutterstock)
Logo Huawei. (Shutterstock)

Tidak hanya itu, mulai pertengahan bulan depan, Huawei tidak akan diizinkan untuk menerima pengiriman chip apa pun dari pabrik pengecoran yang menggunakan teknologi AS untuk membuatnya. Akibatnya, TSMC, produsen chip independen terbesar di dunia, tidak lagi diizinkan untuk mengirimkan chipset Kirin 5nm mutakhir ke Huawei tanpa izin dari AS.

Awal bulan ini, Huawei mengatakan bahwa lini Mate 40 musim gugur ini akan menjadi yang terakhir ditenagai oleh chip Kirin in-house-nya. Pabrikan tidak dapat beralih ke pengecoran terbesar China, SMIC, karena yang terakhir tetap menjadi beberapa node proses di belakang TSMC dan Samsung.

Salah satu solusi yang mungkin dilaporkan sedang dibahas adalah Huawei menjatuhkan chipnya sendiri untuk lini Snapdragon Qualcomm. 

Peluang dari langkah tersebut melonjak usai Huawei dan Qualcomm menyetujui penyelesaian seperti Apple yang mencakup perjanjian lisensi antara perusahaan. (Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait

TERKINI

Lengkap jadwalnya, ini Link Live Streaming Piala Dunia 2022 hari ini 28 November 2022.
gadget | 18:07 WIB
Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro diduga kaan meluncur bersamaan dengan MIUI 14.
gadget | 17:42 WIB
Tonton pertandingan hari ini melalui Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Brasil vs Swiss berikut.
gadget | 17:15 WIB
Wajib dicatat agar tidak ketinggalan, berikut link live streaming Piala Dunia 2022 Korea Selatan vs Ghana hari ini.
gadget | 17:03 WIB
Redmi K60 series mengusung fitur serba premium.
gadget | 16:57 WIB
Spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7 Pro OLED sangat menarik di kelasnya.
gadget | 14:20 WIB
Rekomendasi HP MediaTek Helio G99 berisikan perangkat terbaik harga mulai dari Rp 2 jutaan.
gadget | 13:12 WIB
Beberapa netizen mengaku terkejut mengetahui bahwa aktris cantik tersebut menggunakan HP Android untuk keperluan sehari-hari.
gadget | 12:18 WIB
Agar tidak ketinggalan untuk menyaksikan pertandingan dari Grup G ini, berikut link live streaming Piala Dunia 2022 Kamerun vs Serbia hari ini.
gadget | 09:07 WIB
Bersih-bersih, gunakan cara menghapus kontak WhatsApp yang mudah.
gadget | 20:30 WIB
Berikutbeda cara daftar IMEI HP lewat Bea Cukai, operator, dan Kemenperin,seperti yang dijelaskan dari akun Twitter Bea Cukai.
gadget | 17:59 WIB
Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Spanyol vs Jerman berikut pastinya legal dan aman.
gadget | 17:28 WIB
Resmi dan legal, Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Kroasia vs Kanada yang bisa kamu akses.
gadget | 16:51 WIB
Bukan Yalla Shoot, berikut daftar link live streaming Piala Dunia 2022 legal dan resmi.
gadget | 15:45 WIB
Sebelumnya muncul laporan yang mengklaim kalau Apple berminat untuk membeli Manchester United seharga 7 miliar dolar AS atau Rp 109 triliun.
gadget | 15:06 WIB
Berikut terdapat link live streaming Belgia vs Maroko dan statistik kedua tim.
gadget | 14:51 WIB
Meluncur di bulan Desember, iQOO 11 diklaim siap membawa pengguna ke level eksplorasi selanjutnya dengan teknologi berperforma ekstrim dan daya kerja yang sangat efisien.
gadget | 14:42 WIB
Xiaomi 12T 5G, HP baru yang dibekali chipset MediaTek Dimensity 8100 Ultra.
gadget | 14:24 WIB
Tampilkan lebih banyak