Gadget

Lakukan Hal Ini Saat Aplikasi di iOS Tiba-tiba Alami Crash

Beberapa aplikasi iOS yang tidak dapat dibuka ini dialami oleh para pengguna perangkat iPhone dan iPad.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi iPhone. (Pixabay/bycoo32)
Ilustrasi iPhone. (Pixabay/bycoo32)

Hitekno.com - Pada Jumat (10/7/2020) pengguna iOS menyampaikan keluhannya usai puluhan aplikasi di iOS mendadak alami crash sehingga tidak dapat diakses. Jangan panik, kamu bisa melakukan hal ini saat aplikasi di iOS tiba-tiba alami crash.

Berdasarkan keluhan pengguna iOS di media sosial, beberapa aplikasi iOS yang tidak dapat dibuka ini dialami oleh para pengguna perangkat iPhone dan iPad.

Melansir dari The Verge, beberapa aplikasi yang tidak dapat diakses tersebut adalah Spotify hingga TikTok dan Tinder. Total ada puluhan aplikasi yang mendadak alami crash dan tidak dapat dibuka.

Diketahui hal ini terjadi karena Facebook SDK atau Software Development Kit yang mengalami gangguan atau eror. Alhasil berbagai aplikasi populer justru mengalami crash.

Sebagai usaha untuk menangani aplikasi di iOS yang tiba-tiba alami crash ini, beberapa pengguna mengaku telah melakukan beberapa cara namun hal ini belum juga dapat teratasi.

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

 

Cukup mudah dan praktis, jika mengalami masalah dengan aplikasi iOS ini, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat aplikasi di iOS tiba-tiba alami crash.

Cara pertama adalah dengan melakukan restart iPhone. Untuk beberapa kasus, hal ini bisa dilakukan jika masalah yang muncul ada pada perangkat yang kamu gunakan bukan aplikasi yang diinstal.

Selain itu, cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah melakukan uninstall dan install ulang aplikasi. Jika masalah masih ada di aplikasi, dengan cara ini kemungkinan keadaan aplikasi di iOS yang tiba-tiba alami crash ini akan teratasi.

Ilustrasi iPhone 5. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi iPhone. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

 

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan aplikasi di iOS yang tiba-tiba alami crash adalah dengan melakukan update aplikasi atau update sistem operasi perangkat.

Saat aplikasi di iOS tiba-tiba alami crash seperti yang terjadi baru-baru ini, beberapa cara di atas dapat kamu lakukan untuk memulihkan aplikasi agar dapat digunakan seperti biasa.

Berita Terkait