Gadget

Sejak WFH, Tercatat Penjualan Laptop Meningkat

IDC mengatakan pengiriman PC telah meningkat 11, 2 persen tahun ke tahun, sementara itu Gartner menempatkannya pada 2,8 persen.

Dinar Surya Oktarini

Laptop murah lancar main The Sims 4. (HiTekno.com)
Laptop murah lancar main The Sims 4. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Pandemi yang tengah berlangsung kini membuat banyak orang melakukan aktivitas tak seperti biasanya, termasuk bekerja dan sekolah dari rumah yang dilakukan secara online menggunakan laptop.

Hal ini yang lantas memicu pembelian laptop kini melonjak tajam. Dalam laporan IDC dan Gartner pada kuartal 2 ini meskipun terjadi perlambatan ekonomi, namun pembelian laptop terus naik.

Pasalnya kini tren bekerja dan sekolah sekolah yang kini dilakukan melalui online membuat mau tidak mau, setiap orang harus memiliki laptop pribadi untuk melakukan tugasnya

Dilansir dari laman The Verge, IDC mengatakan pengiriman PC telah meningkat 11, 2 persen tahun ke tahun, sementara itu Gartner menempatkannya pada 2,8 persen.

Gartner sendiri tak memasukkan Chromebook dalam pengirian PC-nya, tetapi IDC memasukkannya dalam jumlah.

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)

 

IDC bahkan menyoroti permintaan Chorebook yang kuat dari konsumen dan institusi di Kanada dan mencatat permintaan dari pesanan tetap di rumah untuk PC di Amerika Serikat.

Angka pengiriman PC tidak memperlihatkan penjualan yang aktual, ini hanya pengiriman ke pengecer seperti BestBuy yang kemudian menjual laptop ke konsumen.

Penjualan kemungkinan akan lebih tinggi, karena konsumen membeli persediaan yang ada.

Tak hanya itu, Microsoft juga melaporkan adanya peningkatan permintaan PC selama bulan April dan mengalami lompatan besar keseluruhan dalam penggunaan Windows.

Dalam sebuah wawancara Jared Spataro, kepala Microsoft 365 ia mengungkapkan bahwa ''Orang-orang mengenali, mencoba menggunakan iPad untuk bekerja dari rumah tidak akan berhasil. Faktor bentuk PC itu sangat besar dan pengguna bisa melihat data dalam segala hal''

Microsoft juga berencana menyesuaikan rencana Windows 10X berkat pandemi, varian sistem operasi 10X sekarang akan tiba pada perangkat laptop.

Berita Terkait