Gadget

WWDC 2020, Apple Kenalkan Fitur Baru iOS 14

Dari tampilan hingga fitur baru lainnya dihadirkan untuk memudahkan pengguna iOS 14.

Agung Pratnyawan

Apple iOS 14. (Apple)
Apple iOS 14. (Apple)

Hitekno.com - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple resmi mengenalkan seperti apa sistem operasi iOS 14 yang digunakan iPhone. Banyak fitur baru yang dikenalkan, apa saja?

Gelaran WWDC 2020 sendiri berlangsung secara online melalui live streaming pada 22 Juni waktu AS atau 23 Juni dini hari WIB.

Apple resmi mengenalkan iOS 14 sebagai sistem operasi untuk iPhone. Banyak update baru yang diberikan pada versi terbaru ini.

Yang perubahan pertama diungkap adalah Home Screen yang kini bisa menampilkan widgets dengan beragam ukuran yang bisa disesuaikan.

Juga dihadirkan Smart Stack yang otomatis menampilkan apps paling relevan berdasarkan penggunaan tiap harinya.

Fitur baru iOS 14 Widgets. (Apple)
Fitur baru iOS 14 Widgets. (Apple)

 

Menariknya, Apple mengenalkan App Library di iOS 14. Yakni fitur yang bisa secara otomatis mengkategorikan app menjadi list atau grup.

Dengan App Library ini, pengguna iPhone juga bisa menyembunyikan aplikasi dari Home Screen. Yang juga memudahkan mengorganisir apps.

Fitur baru iOS 14 App Library. (Apple)
Fitur baru iOS 14 App Library. (Apple)

 

Juga memberikan fitur system-wide picture-in-picture untuk video. Yang memungkinkan sebuah video berjalan di depan atau di samping aplikasi lain.

Siri juga mendapatkan update, yakni tampilan yang lebih sederhana. Ketika asisten digital ini aktif, hanya menampilkan aplikasi kecil saja.

Di iOS 14, Siri juga menjadi lebih pintar. Kini bisa mengirim pesan audio selain pesan yang ditentukan pengguna.

Apple juga menghadirkan aplikasi Translate, yang menerjemahkan berbagai bahasa. Pengguna bisa memasukkan teks maupun mendiktekan pesan lewat suara.

Translate ini mendukung 11 bahasa, yakni bahasa Inggris, Mandarin, Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Arab, Portugis, dan Rusia.

Fitur baru iOS 14. (Apple)
Fitur baru iOS 14. (Apple)

 

Massage juga mendapatkan update fitur baru, yakni bisa menyematkan kontak dan percakapan penting ke bagian atas, alias pin.

Memoji di sistem operasi untuk iPhone ini juga mendapatkan update lebih banyak, termasuk wajah dengan mengenakan masker.

Apple Maps juga mendapatkan fitur baru, yakni adanya panduan navigasi yang dikurasi beberapa perusahaan pilihan. Antaranya Zagat dan AllTrails.

Peta digital Apple ini juga mendukung rute bersepeda. Dengan ada arahan khusus bersepeda dengan memperhitungkan ketinggian, jalur sepde, tangga, dan jalan.

Untuk fitur bersepeda ini baru akan diluncurkan untuk beberapa kota besar saja. Seperti New York, Los Angeles, San Fransisco, Shanghai, dan Beijing.

Fitur baru iOS 14 Apple Maps. (Apple)
Fitur baru iOS 14 Apple Maps. (Apple)

 

Apple Maps juga mendapatkan fitur EV Routing, yang bisa melacak biaya dalam menggunakan mobil listrik dengan mempertimbangkan beragam faktor.

Dari faktor ketinggian, cuaca, dan stasiun pengisian terdekat. Sehingga makin memudahkan pengguna mobil listrik. Apple juga menggandeng dua merek mobil ternama, BMW dan Ford.

CarPlay juga mendapatkan update yang kini bisa mengganti wallpaper khusus. Juga ada aplikasi baru seperti parkir, pengisian daya, hingga aplikasi makanan cepat saji.

Apple juga mengenalkan CarKey, yakni menjadikan iPhone sebagai pengganti kunci mobil. Fitur baru ini memanfaatkan NFC sebagai koneksinya.

Fitur baru iOS 14 CarKey. (Apple)
Fitur baru iOS 14 CarKey. (Apple)

 

Menariknya, CarKey memungkinkan pengguna membagikan akses kendaraan mereka kepada prang lain. Yang dapat diatur kepada siapa, dan hak akses apa saja yang dibuka.

Fitur CarKey ini juga akan dihadirkan untuk iOS 13, sehingga lebih cepat banyak pengguna yang bisa mengaksesnya.

Terkait pemakaian NFC, Apple juga mengenalkan App Clip yang bisa memungkinkan mendapatkan potongan aplikasi secara instan.

Fitur baru iOS 14 App Clip. (Apple)
Fitur baru iOS 14 App Clip. (Apple)

 

Pengguna iOS bisa mengakses aplikasi secara instas memanfaatkan tab NFC. Jika menginginkan secara penuh, pengguna bisa mendownload versi utuhnya juga.

Sayangnya, dalam gelaran WWDC 2020 ini belum diungkap tanggal pasti peluncuran sistem operasi iOS baru tersebut. Namun Apple menjanjikan iOS 14 akan rilis tahun ini juga.

Itulah sejumlah update baru yang diberikan Apple untuk sistem operasi iOS 14 pada WWDC 2020. Yang menjadikan iPhone jadi makin menarik dan memudahkan.

Berita Terkait