Gadget

Cara Membuat QR Code dengan Mudah, di Android dan iOS

QR Code sendiri bisa berisi berbagai macam informasi, mulai dari teks, situs web, hingga kontak.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi QR code. (Pixabay)
Ilustrasi QR code. (Pixabay)

Hitekno.com - Kode QR atau QR Code telah sangat populer digunakan untuk beragam hal. Tapi tahukah kamu cara membuat QR Code dengan mudah baik di Android maupun iOS?

QR Code sendiri bisa berisi berbagai macam informasi, mulai dari teks, situs web, hingga kontak. Sehingga populer digunakan.

Pengguna ponsel dapat membuat sendiri kode QR. Cara membuat QR Code baik di iPhone atau Android pun mudah dilakukan.

Dilansir dari How to Geek, Jumat (26/6/2020), berikut cara membuat QR Code di iPhone dan Android:

1. Cara membuat QR Code di iOS

Ilustrasi QR Code. [Shutterstock]
Ilustrasi QR Code. [Shutterstock]

 

Untuk membuat kode QR di iPhone, pengguna membutuhkan aplikasi pihak ketiga, seperti QR Reader yang dapat diunduh gratis di App Store. Selain bisa memindai atau membaca QR Code, aplikasi ini juga dapat membuatnya.

Setelah mengunduh aplikasi, buka QR Reader dan ketuk ikon panah ke bawah di sudut kanan atas layar > ketuk ikon kode QR di bagian bawah > tekan tombol tambah (+) di sudut kiri atas untuk memulai proses pembuatan QR Code.

Selanjutnya, pilih jenis kode QR yang ingin pengguna buat dari daftar yang tersedia. Jika pengguna ingin QR Code mengarah pada halaman web, pengguna harus memilih opsi Situs Web.

Ada banyak opsi lainnya, seperti teks, nomor ponsel, lokasi, alamat email, SMS, acara, hingga media sosial seperti profil Facebook, Twitter, LinkedIn, Skype, hingga YouTube.

Sebagai contoh, pengguna akan membuat kode QR yang membawa ke profil Twitter. Setelah memilih opsi Profil Twitter, masukkan detail apa pun yang pengguna inginkan dan masukkan nama akun Twitter pengguna, kemudian klik Create di sudut kanan atas.

Kode QR akan dibuat dan muncul di daftar kode QR khusus yang pengguna buat. Pengguna dapat melihat pratinjau kode QR yang sudah dibuat, mengubah nama, ataupun berbagi dengan orang lain.

Pengguna dapat mengirim kode QR ke sejumlah aplikasi atau layanan yang telah terintegrasi dengan iPhone, seperti Dropbox, Google Drive, hingga iMessage. Pengguna juga dapat menyimpan gambar kode QR ke rol kamera dengan mengetuk opsi Simpan Gambar

2. Cara membuat QR Code di Android

Ilustrasi penggunaan kode QR. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan kode QR. [Shutterstock]

 

Untuk membuat QR Code di Android, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti QR Code Generator yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk memulai, buka aplikasi dan ketuk Text di bagian atas untuk memilih jenis kode QR yang akan dibuat.

Sayangnya, pengguna tidak memiliki banyak opsi seperti aplikasi pada iPhone. Pilihan yang tersedia mencakup teks, URL, email, nomor telepon, SMS, kontak, lokasi, dan WiFi.

Sebagai contoh, pengguna akan membuat QR Code yang mengarah ke email. Pilih opsi Email lalu ketikkan alamat email, kemudian klik Generate di sudut kanan atas.

Kode QR pengguna akan dibuat dan dari sana pengguna memiliki beberapa opsi. Opsi pertama adalah menyimpan gambar QR Codesecara lokal ke galeri ponsel dengan menekan tombol ikon floppy disk di bagian atas.

Pengguna juga dapat mengetuk tombol Share untuk mengirim kode QR ke sejumlah aplikasi dan layanan, seperti Dropbox dan Google Drive atau mengirimkannya melalui Hangouts atau pesan teks.

Itulah cara membuat QR Code dengan mudah baik di iOS maupun Android. Selamat mencoba. (Suara.com/Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait