Gadget

5 Cara Mudah Agar Tak Terkunci dari Perangkat Android

Terkunci dari peranti Android milik sendiri? Kejadian ini tidak terelakkan. Namun usah was-was, coba lima cara berikut.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi ponsel Android. (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi ponsel Android. (Pixabay/mohamed_hassan)

Hitekno.com - Beberapa kali ditemukan kasus secara tidak sengaja pengguna Andorid terkunci dari perangkat miliknya sendiri, hal ini biasanya disebabkan lupa pola, kode PIN atau kata sandi

Terkunci dari perangkat Android milik sendiri memang tidak menyenangkan, tetapi pengguna dapat mencoba setiap metode yang memungkinkan untuk kembali. Dilansir dari Make Tech Easier, berikut lima (5) cara agar tidak terkunci dari perangkat Android:

1. Mengatur Smart lock

  • Salah satu tindakan pencegahan yang harus dilakukan Smart Lock. Ini memberi pengguna metode sekunder untuk mengakses perangkat pengguna. Sebagai contoh, jika tidak dapat menggunakan pola, pengguna bisa pakai suara sebagai gantinya.
  • Untuk mengaturnya, buka Pengaturan > Kunci layar & Keamanan > Smart Lock. Ini bergantung pada OS Android pengguna. Pilih metode sekunder yang dapat mencakup suara pengguna, lokasi, hingga perangkat lain.

2. Gunakan fitur Lupakan Pola

  • Jika pengguna menggunakan perangkat Android versi 4.4 atau yang lebih lama, pengguna dapat memasukkan kata sandi secara acak sampai melihat Lupakan Pola. Ketuk opsi ini dan masukkan detail akun Google. Setelahnya, pengguna dapat menyetel ulang kata sandi dan lanjutkan seperti biasa.

3. Gunakan Find My Mobile Samsung

  • Jika pengguna memiliki perangkat Samsung, pengguna dapat menggunakan layanan Find My Mobile Samsung. Selama pengguna menggunakan akun Samsung di ponsel, pengguna dapat membukanya dari jarak jauh menggunakan browser apapun.
  • Akses Find My Mobile di komputer lalu masuk dengan akun Samsung pengguna dan pilih "Buka kunci perangkat saya". Perangkat pengguna harus terhubung ke internet melalui data seluler atau WiFi agar berfungsi.

Laman berikut adalah cara buka bila lupa password, serta gunakan fasilitas restart.

Berita Terkait