Gadget

Tak Perlu Panik, 3 Langkah Atasi Lupa Password Laptop

Ada tiga langkah mudah untuk mengatasi masalah lupa password laptop.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi mahasiwi dan laptop. (Pixabay)
Ilustrasi mahasiwi dan laptop. (Pixabay)

Hitekno.com - Menggunakan password di laptop atau komputer sangat berguna untuk mengamankan data di dalamnya. Namun bagaimana jika lupa password laptop atau komputer?

Melupakan password laptop atau komputer memang menyebalkan dan sialnya itu bisa terjadi kapan saja serta kepada siapa pun.

Namun jika kamu mengalami hal tersebut, tidak usah panik. Pasalnya, kini sudah ada cara mengatasi lupa password laptop.

Ilustrasi wanita mengakses internet dengan laptop. (Pakutaso)
Ilustrasi wanita mengakses internet dengan laptop. (Pakutaso)

 

Sebagaimana dikutip dari iSunshare pada Selasa (5/5/2020), berikut adalah cara untuk mengatasi lupa password laptop:

  1. Aktifkan Safe Mode
    Hal pertama yang harus dilakukan ketika lupa password laptop atau komputer adalah dengan mengaktifkan safe mode. Ketika sedang proses booting, tekan tombol F8.
    Selanjutnya, layar Advanced Boot Options akan muncul. Anda tinggal pilih "Safe Mode" dan tekan "Enter". Setelah itu, komputer akan kembali menyala dengan "Safe Mode" dan pilih "Administrator". Kemudian klik "Start" dan masuk ke "Control Panel". Klik "User Accounts" dan "Manage Another Accounts".
  2. Ubah Password
    Agar bisa kembali mengakses laptop, Anda diwajibkan memulihkan password dengan mengubahnya menjadi kata sandi yang baru.
    Setelah memasukkan password baru sebanyak dua kali, akhiri dengan mengklik “change password”. Restart laptop Anda, dan laptop sudah dapat digunakan seperti biasa.
  3. Repair Your Computer
    Setelah selesai merestart laptop, Anda harus kembali masuk ke "Safe Mode" dengan menekan F8 saat windows booting. Kemudian pilihlah "Repair Your Computer".
    Setelah tampilan tersebut terbuka, klik "Open Command Prompt", kemudian ketik "net user administrator /active:yes". Setelah itu akan muncul pesan "the command active successfully".
    Lalu ketik "net user administrator password" pada jendela Command Prompt. Setelah itu Anda dapat mengganti password kalian dan jangan lupa untuk mentutup kembali jendela Command Prompt Anda. Tahap akhir, restart kembali laptop Anda.

Nah, itu dia 3 langkah cara atasi lupa password laptop. Yang penting jangan panik. Selamat mencoba! (Suara.com/Tivan Rahmat).

Berita Terkait