Aman dari Virus dan Bakteri, Begini Cara Membersihkan Case HP

Di tengah wabah virus corona, pastikan untuk selalu membersihkan case HP ya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Senin, 27 April 2020 | 20:15 WIB
Ilustrasi Case HP. (unsplash/David Švihovec)

Ilustrasi Case HP. (unsplash/David Švihovec)

Hitekno.com - Seringnya digunakan dan ditempatkan di mana saja membuat HP menjadi sarang virus dan bakteri yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Agar lebih aman, bagaimana cara membersihkan case HP dengan baik?

HP kekinian saat ini didukung dengan case yang berguna untuk menjaga bodi HP tetap mulus dan anti baret alih-alih jatuh dari genggaman.

Namun, tanpa disadari, sepaket dengan HP, case HP juga mampu menyimpan banyak virus dan bakteri yang tentu saja begitu berbahaya dan tidak bisa disepelekan.

Baca Juga: Huawei Rilis Buku Putih Teknologi Lawan COVID-19 dan 5G

Case HP pada dasarnya memiliki banyak jenis bahan seperti plastik, silikon, atau kulit. Membersihkan case HP juga tidak bisa sembarang. Jika salah, case HP kamu yang bagus malah rusak.

Mengutip Mashable.com, berikut cara membersihkan case HP sesuai jenis bahannya masing-masing. Di tengah wabah virus corona, pastikan untuk selalu membersihkan case HP ya.

1. Bahan plastik

Baca Juga: HP Samsung Murah RAM 4 GB Terbaik April 2020, Mulai dari Rp 2 Jutaan

Ilustrasi Case HP bahan plastik. (pixabay/Peggy Marco)
Ilustrasi Case HP bahan plastik. (pixabay/Peggy Marco)

Untuk membersihkan case HP yang terbuat dari plastik, kamu perlu menggunakan cairan pemutih, air, spons/kain/sikat gigi, serta sarung tangan. Karena pemutih dapat berbahaya bagi paru-paru dan kulit, gunakan sarung tangan untuk membersihkan case HP plastik ya.

Campurkan satu sendok makan pemutih ke wadah air, selanjutnya rendam case HP selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, gunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran di sisi yang sulit dijangkau dan spons untuk keseluruhan bagian.

Step terakhir, bilas case HP tersebut lalu keringkan dengan kain dan biarkan selama beberapa jam sebelum kembali digunakan.

Baca Juga: Samsung Galaxy A21s Akan Pakai Baterai Jumbo dan NFC, Ini Bocorannya

2. Bahan silikon

Ilustrasi Case HP bahan silikon. (unsplash/Caleb George)
Ilustrasi Case HP bahan silikon. (unsplash/Caleb George)

Memiliki tekstur yang lebih lembut dari plastik, kamu dapat membersihkan case HP berbahan silikon dengan sabun cuci piring, air panas, spons/kain/sikat gigi, atau jika butuh bisa menggunakan soda kue.

Step pertama adalah dengan mencampurkan sabun cuci piring ke dalam wadang yang berisi air panas. Kemudian, rendam spons ke dalam larutan tersebut sebelum kemudian digunakan untuk membasuh case HP kamu.

Baca Juga: 4 Berita Terkini: Aplikasi Pengganti Google Maps untuk Pengguna Huawei

Gunakan sikat gigi untuk sisi yang sulit dijangkau ya. Jika case HP kamu memiliki noda, gunakan soda kue untuk membersihkannya.

Step terakhir adalah dengan membilas case HP tersebut, kemudian keringkan dengan menggunakan kain dan tunggu hingga beberapa jam sebelum kemudian digunakan.

3. Bahan kayu

Ilustrasi Case HP bahan kayu. (unsplash/Alexandre St-Louis)
Ilustrasi Case HP bahan kayu. (unsplash/Alexandre St-Louis)

Membersihkan case HP berbahan kayu memang tidak bisa sembarangan. Pasalnya, bahan ini mudah rusak jika menggunakan bahan-bahan pembersih tertentu atau bahkan saat terkena air.

Untuk membersihkan case HP berbahan kayu, siapkan air, cuka, sabun cuci piring jika diperlukan, botol semprotan, dan kain ya. Langkah pertama adalah dengan mengisi botol semprotan dengan dua bagian air dan satu bagian cuka lalu kocok agar tercampur.

Selanjutnya, semprotkan cairan tersebut ke case HP lalu usap dengan menggunakan kain yang sedikit dibasahi. Perlu diingat, jangan menyemprot terlalu banyak cairan cuka ini ya.

Langkah terakhir adalah dengan mengeringkan case HP dengan menggunakan kain lalu tunggu selama beberapa saat sebelum kemudian digunakan lagi.

4. Bahan kulit

Ilustrasi Case HP bahan kulit. (unsplash/Goran Ivos)
Ilustrasi Case HP bahan kulit. (unsplash/Goran Ivos)

Case HP dengan bahan kulit menjadi bahan yang paling sensitif, karena itu perlu super hati-hati membersihkan case berbahan ini ya. Sebelum nekat membersihkan case HP berbahan kulit, perlu diingat bahwa cara ini bisa saja mempengaruhi warna case.

Bahan-bahan yang bisa disiapkan adalah air hangat, sabun cuci tangan serta kain. Langkah pertama, campurkan air hangat dan sabun cuci tangan dalam wadah. Selanjutnya, celupkan kain ke campuran tersebut hingga dalam kondisi sedikit basah atau lembab.

Kemudian, usapkan kain tersebut ke case HP hingga bersih, kemudian keringkan menggunakan kain bersih atau tisu sebelum kemudian digunakan kembali.

Itu tadi beberapa cara membersihkan case HP agar terhindar dari virus dan bakteri. Agar kamu terhindar dari penyakit, taruh sedikit perhatian untuk membersihkan case HP ya.

Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak