Gadget

Dirilis Hari Ini, Huawei Buka-bukaan Jeroan Kamera P40 Series

Huawei membedah jeroan pada kamera ponsel terbarunya, Huawei P40 Series.

Dinar Surya Oktarini

Bongkar Huawei P40 Series. (Huawei)
Bongkar Huawei P40 Series. (Huawei)

Hitekno.com - Sebelum dirilis nanti malam secara global, Huawei bongkar jeroan pada kamera smartphone terbarunya, Huawei P40 Series

Country Head Huawei Consumer Business Group Indonesia Fisher Jiang mengklaim, kemampuan kamera Huawei P40 Series bisa bersaing dengan kamera DSLR.

"Terlebih lagi, pengguna sekarang mengharapkan lebih dari sekadar komponen optik dari sebuah kamera, dengan post-processing dan perhitungan imaging algorithms. Di sinilah ponsel memiliki kelebihan tersendiri, dibandingkan dengan DSLR yang tidak memiliki perangkat lunak yang menyertainya. Huawei P40 Series nantinya akan memiliki berbagai fitur unggulan dari komponen optik hingga fotografi AI,” terang Fisher melalui keterangan resminya, Kamis (26/3/2020).

Harus diakui, kamera DSLR memiliki kelebihan perangkat keras yang sulit ditiru oleh ponsel. Misalnya, sensor full-frame atau bahkan medium-frame, kualitas gambar yang luar biasa, dan lensa yang dapat ditukar untuk zoom lebih besar dan efek bokeh yang lebih baik.

Tapi di sisi lain, ponsel mencoba mereplikasi semua fitur tersebut dengan tetap mempertahankan kualitas sebagai ponsel. Selain itu, pengaturan kamera harus compact dan cukup ringan agar sesuai dengan desain ponsel yang ramping. Fisher menyebut, Huawei P40 Series dikembangkan melalui jalur teknologi ini.

Mengulik lebih jauh lagi, Big Sensor dan High-resolution Imaging telah menjadi tren utama di industri ponsel, bahkan kini mencapai mencapai rekor 1 / 1,33 inci dan 100 MP. Namun, Huawei melebihi itu karena telah menyebarkan sensor 1 / 1,7-inci ke dalam jajaran produk kelas menengahnya yaitu pada seri Huawei nova 6.

Jeroan kamera Huawei P40 Series. [Huawei]
Jeroan kamera Huawei P40 Series. [Huawei]

Sebagai pelopor dalam teknologi sensor Quad Bayer, ada spekulasi bahwa seri Huawei P40 akan menghadirkan sensor yang lebih besar dan resolusi yang lebih tinggi.

Bentuk ramping smartphone juga membatasi ukuran sensornya, tidak seperti desain DSLR yang lebih besar. Artinya, untuk meningkatkan sensitivitas foto kamera, rahasianya adalah dengan meningkatkan sensitivitas setiap piksel.

Oleh karena itu, piksel kuning telah diperkenalkan ke seri Huawei P untuk mengubah array RGGB ke array RYYB. Dengan melakukan ini, sensitivitas melonjak dari ISO102400 ke ISO409600, secara signifikan lebih tinggi dari pada DSLR biasa.

Jeroan kamera Huawei P40 Series. [Huawei]
Jeroan kamera Huawei P40 Series. [Huawei]

Solusi eksklusif ini dipelopori oleh Huawei yang menimbulkan pertanyaan, bagaimana P40 akan terus mengembangkan sensitivitas foto ke tingkat yang lebih tinggi?

Huawei P Series terbaru menjawabnya melalui pengaturan kamera yang membawa sensor Ultra-Wide angle, Wide-Angle, Telephoto Lens dan kamera ToF yang bisa menciptakan full focal range yang hanya dapat dicapai dengan mengubah lensa secara fisik pada DSLR.

“Apakah mungkin bagi Huawei untuk menambahkan lensa lain ke seri Huawei P40 untuk melakukan hal-hal yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh DSLR? Kita akan mengetahuinya sebentar lagi,” tutup Fisher.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait