Gadget

Apple Gunakan Image Stabilization Ini ke iPhone Baru Nanti, Apa Itu?

iPhone baru disebut-sebut bakal pakai image stabilization ala kamera profesional.

Agung Pratnyawan

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Hitekno.com - Analyst ternama, Ming Chi-Kuo belum lama ini memberikan bocoran bagaimana iPhone baru yang telah disiapkan Apple untuk diluncurkan tak lama lagi.

Ming Chi-Kuo sendiri terkenal sebagai sumber bocoran dari perangkat-perangkat baru Apple. Dan akurasi bocorannya banyak yang tepat.

Menurutnya, iPhone baru ini akan mendapatkan peningkatan lagi di sisi kameranya. Yakni pemakaian sistem image stabilization baru.

Disebutkannya, Apple akan menyematkan five-axis sensor-shift image stabilization ke kamera utama iPhone baru mendatang.

Teknologi ini memungkinkan terjadinya pergerakan sensor untuk tetap stabil ketika terjadi getaran saat mengambil foto maupun video.

iPhone 11 Pro. (Apple)
iPhone 11 Pro. (Apple)

 

Sistem image stabilization serupa telah banyak digunakan pada kamera mirrorless profesional, salah satunya Sony yang memakainya.

Disebutkan kalau sistem ini akan menggantikan optical image stabilization yang selama ini digunakan Apple untuk sederet smartphone mereka.

Pemakainan teknologi five-axis sensor shift ini juga diduga sebagai solusi untuk membuat modul kamera yang lebih tipis namun tetap memiliki image stabilization.

five-axis sensor shift Image Stabilization pada kamera profesional. (Sony)
five-axis sensor shift Image Stabilization pada kamera profesional. (Sony)

 

Dikutip HiTekno.com dari GSM Arena, Apple juga akan melakukan perubahan dengan memberikan sensor yang lebih besar pula. Yakni 1/1.9" dipadukan 7P elemen pada lensa.

Disebutkan pula Apple juga akan menyematkan sensor serupa 3D ToF pada iPhone baru. Sensor ini akan membantu meningkatkan portrait mode dan AR.

Akankah Apple akan menyematkan sesur serupa seperti yang telah mereka pasangkan ke iPad Pro baru kemarin? Tidak menutup kemungkinan dilakukan pada iPhone baru.

Kamera belakang iPad Pro baru. (Apple)
Kamera belakang iPad Pro baru. (Apple)

 

Selain itu, Apple juga disebut-sebut akan memasangkan layar 120 Hz ProMotion OLED dan dukungan mmWave 5G pada iPhone baru ini nantik.

Tak hanya itu, diprediksi akan memakai chip baru yakni A14 Bionic dengan RAM 6 GB. Seperti apa iPhone baru dari Apple nanti? Apakah seperti bocoran di atas?

Berita Terkait