Gadget

Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt, Isi Baterai Penuh dalam 17 Menit

Peperangan fast charging Oppo vs Xiaomi makin memanas!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Hitekno.com - Persaingan fast charging masuk ke babak baru dengan hadirnya Xiaomi Super Charge Turbo 100 watt yang memiliki kecepatan tinggi.

Xiaomi mengklaim teknologi fast charging mereka ini mampu mengisi baterai 4.000 mAh sampai penuh hanya dalam 17 menit saja.

Jelas saja teknologi fast charging Xiaomi ini jadi tantangan bagi Oppo Super VOOC 50 watt yang punya kecepatan tinggi.

Hal ini terungkap dalam sebuah video yang beredar di Weibo. Nampak Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt ditangingkan dengan Oppo Super VOOC 50 watt.

Fast charging Xiaomi telah berhasil mengisi penuh baterai 4.000 mAh dalam 17 menit. Sedangkan Oppo baru mengisi 65 persen pada baterai 3.700 mAh.

Vice President Xiaomi, Lu Weibing mempostingkan video tersebut di Weibo sebagai pertanda peperangan fast charging dengan Oppo.

Tak cukup itu, Lu Weibing juga membagikan sejumlah detail mengenai teknologi Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt yang mengagumkan ini.

Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt. (YouTube/ Venkatesh Gorantla)
Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt. (YouTube/ Venkatesh Gorantla)

 

Dikutip dari GSM Arena, berikut beberapa detail akan teknologi fast charging Xiaomi yang sangat kencang ini.

  • Battery Capacity Loss: baterai tidak menyukai panas, yang menjadi alasan kenapa cell fast charging lebih cepat kehilangan kapasitas seiring waktu. Dan dengan 100 watt, kita melihat 20 persen lebih banyak kehilangan kapasitas baterai dibandingkan 30 watt Power delivery (PD).
  • Implementasi Teknis: Lu Weibing tidak secara detail mengenai implementasi Super Charge Turbo 100 wat ini, tapi mengatakan kalau membutuhkan solusi pengisian tegangan ultra tinggi.
  • Performance: Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt akan dikembangkan secara berkelanjutan bukan cuma menerapkan sumber daya yang ada sekarang.
  • Keselamatan: Xiaomi masih perlu mengerjakan beberapa metode perlindungan bagi komponen, termasuk motherboard, baterai, dan charger untuk teknologi pengisian yang lebih aman.
  • Beberapa skenario pengisian daya: Sementara Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt adalah teknologi pengisian lewat kabel, namun dipertimbangkan untuk menjadi wireless.

 

Teknologi fast charging Xiaomi Super Charge Turbo 100 Watt ini memang masih jauh dari sempurna untuk dipasarkan. Namun bisa membuat Oppo harus siap-siap.

Berita Terkait