Gadget

Bukan Cuma Smartphone, Ini Sasaran Oppo Berikutnya pada 2020

Inovasi teknologi Oppo akan menarik pada 2020.

Agung Pratnyawan

Logo Oppo. [Shutterstock]
Logo Oppo. [Shutterstock]

Hitekno.com - Oppo memang salah satu pemain besar dalam persaingan pasar smartphone dunia. Namun inovasi teknologi Oppo bukan cuma bermain di smartphone saja.

Perusahaan yang telah berjalan 11 tahun di industri smartphone ini menawarkan beragam inovasi teknologi terbaru ke dalam perangkatnya.

Sejak tahun 2013, Oppo telah dikenal dengan smartphone Oppo N1 yang menghadirkan inovasi desain kamera putar.

Sekarang, perusahaan telah berekspansi ke beberapa bisnis yang berbeda dengan lebih dari setengahnya terkait IoT, komputasi awan, dan AI.

Sama seperti perusahaan teknologi lainnya, Oppo melihat masa depan dalam layanan berbasis internet.

Oppo memiliki visi yang disebut dengan "3-Circle" Experience. Tiga circle atau lingkaran tersebut mencakup lingkaran pribadi yang berisi perangkat paling dekat dengan pengguna, seperti smartphone, jam tangan pintar, dan earphone.

Oppo melihat smartphone sebagai platform super dengan akses ke sebagian besar daya komputasi di perangkat serta cloud.

Logo Oppo. (Oppo)
Logo Oppo. (Oppo)

 

Sementara jam tangan pintar yang memahami data fisik penggunanya dan menyediakan interaksi memungkinkan percakapan dengan prioritas lebih tinggi.

Sedangkan earphone memungkinkan interaksi suara dan akses bagi AI berbasis suara untuk melakukan terjemahan serta navigasi secara real time. Dengan ketiga teknologi tersebut, Oppo ingin menawarkan pengalaman yang lebih besar bagi pengguna.

Lingkaran kedua disebut lingkaran vertikal yang mencakup 5G CPE (Customer Premises Equipment). Oppo berencana untuk merilis 5G CPE Hub pada kuartal pertama tahun 2020.

5G Hub ini akan hadir dengan konektivitas Bluetooth, ZigBee, dan Zwave untuk integrasi rumah pintar yang memungkinkan pengguna menghubungkan hingga 1.000 perangkat di waktu yang sama.

Sementara lingkaran ketiga dalam visi Oppo adalah integrasi virtual dan nyata yang berbentuk kacamata AR/AI. Sebelumnya, Oppo telah memperkenalkan kacamata pintar Oppo berbasis AR yang beroperasi pada OS Glass Oppo.

Oppo A8. (Oppo China)
Oppo A8. (Oppo China)

 

Kacamata pintar tersebut diperkenalkan di Oppo Inno Day dan memiliki fitur dua kamera FishEye untuk bidang pandang yang luas, kamera HD, dan kamera ToF untuk rekonstruksi 3D.

Kacamata AR juga menyertakan dukungan untuk suara surround 3D untuk menawarkan pengguna pengalaman AR yang mendalam.

Dilansir dari XDA Developers, tahun 2020 mendatang diprediksi akan menjadi tahun yang signifikan bagi kemajuan Oppo sebagai perusahaan yang memberikan pengalaman di luar smartphone.

Kita nantikan saja perkembangan produk-produk dan inovasi teknologi Oppo di luar pasar smartphone pada 2020 mendatang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait