Gadget

Sebelum Beli Smartphone Android Baru, Perhatikan 5 Hal Ini

Jangan buru-buru ke toko, baca ini dulu.

Agung Pratnyawan

Smartphone Android dengan aplikasi Google. (HiTekno.com)
Smartphone Android dengan aplikasi Google. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Smartphone kamu sudah mulai lelet? Sudah mulai boros baterai, atau memang pengen ganti baru? Buat kamu yang mencari smartphone Android baru, inilah waktu yang tepat.

Pasti kamu sudah mendabakan smartphone seri terbaru, yang paling powefull. Atau mendambakan yang paling keren untuk foto selfie.

Namun sebelum buru-buru beli ke toko atau buka online shop, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone Android baru.

Dilansir dari Android Pit, berikut lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone Android baru:

1. Jenis smartphone apa yang dibutuhkan

Redmi 8A. (Mi.com)
Redmi 8A. (Mi.com)

 

Sebelum memilih, pengguna harus menemukan prioritas dalam penggunaan smartphone Android.

Jika pengguna hanya menggunakan smartphone untuk mengirim pesan dan mengunggah foto atau video ke jejaring sosial, pengguna tidak perlu beli smartphone seharga puluhan juta rupiah.

Sementara jika pengguna adalah seorang gamer, pengguna sebaiknya mencari smartphone yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 5,5 juta ke atas demi mendapatkan pengalaman bermain game yang lancar.

2. Desain dan fungsionalitas

Vivo S1 Pro. (Vivo Indonesia)
Vivo S1 Pro. (Vivo Indonesia)

 

Dalam memilih smartphone baru, selera pribadi adalah titik keputusan utama, baik dari segi perangkat lunak dan penampilan luar.

Beberapa pengguna mungkin lebih suka desain perangkat yang bulat, sedangkan lainnya menyukai tampilan yang lebih kuat dengan tepi logam.

Tapi, Anda juga harus memperhatikan fungsionalitas. Meski menampilkan desain keren, tapi beberapa perangkat saat ini tidak mendukung kartu microSD atau jack headphone.

Sehingga sebelum membeli, periksa fungsionalitas perangkat untuk memastikan pengguna akan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

3. Prosesor, RAM, dan penyimpanan

Redmi Note 8 Pro. (Xiaomi)
Redmi Note 8 Pro. (Xiaomi)

 

Prosesor disebut sebagai otak perangkat secara keseluruhan. Ada banyak produsen prosesor saat ini, baik pemasok seperrti Qualcomm atau vendor smartphone yang membuat prosesornya sendiri seperti Samsung dan Huawei.

Di sisi lain, pengguna juga harus mempertimbangkan kapasitas RAM yang digunakan. Jika Anda adalah seorang gamer, mungkin akan membutuhkan RAM yang lebih besar untuk menampung pembaruan game yang tersedia.

Namun, jika hanya menggunakan jejaring media sosial, RAM sebesar 3 GB atau 4 GB akan lebih dari cukup.

Kapasitas penyimpanan internal perangkat juga sangat penting, terlebih jika slot SIM card digabung dengan kartu microSD. Beberapa perangkat kekinian telah menawarkan penyimpanan hingga 256 GB.

4. Daya tahan baterai

Samsung Galaxy M30s. (Samsung)
Samsung Galaxy M30s. (Samsung)

 

Daya tahan baterai adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum beli smartphone baru.

Perlu diingat bahwa jumlah mAh yang lebih tinggi bukan berarti semakin lama daya tahan atau siklus hidup baterai.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai. Sebagai contoh adalah layar dengan resolusi tinggi akan menggunakan lebih banyak daya, sementara prosesor terbaru akan mengoptimalkan masa pakai baterai.

Untuk membandingkannya, pengguna dapat melihat hasil benchmark.

5. Kualitas kamera

Huawei P30 Pro. (Huawei)
Huawei P30 Pro. (Huawei)

 

Para produsen smartphone tampaknya kini mulai lebih memperhatikan kualitas dan fitur kamera.

Mulai dari jumlah MP, fokus otomatis hibrida, stabilisasi optik, mode manual, fitur selfie khusus, hingga efek khusus membuat smartphone hampir mirip seperti kamera digital.

Besaran MP tidak menjamin kualitas gambar. Yang terpenting adalah pengguna harus mempertimbangkan jenis sensor terintegrasi, kualitas dan bukaan lensa, serta ukuran piksel.

Itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan sebelum beli smartphone Android baru. Semoga berguna! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait