Gadget

Fitur Penting Google Pixel 4 Ini Bakal Hadir ke Ponsel Android Lainnya!

Fitur ini sangat berguna bagi smartphone Android dengan RAM 3 GB ke bawah.

Agung Pratnyawan

Tampilan depan dan belakang Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL. (GSM Arena)
Tampilan depan dan belakang Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL. (GSM Arena)

Hitekno.com - Google Pixel bukan sekadar smartphone Android biasa, apalagi Google Pixel 4. Karena Google sendiri yang terjun menggarapnya, dan memberikan berbagai fitur eksklusif.

Kabar gembiranya, fitur-fitur ini perlahan akan diturunkan ke smartphone Android lainnya. 

Seperti diketahui, pengembangan sistem operasi Android di bawah kendali Google. Namun Google tidak serta-merta membawa fitur Pixel ke Android.

Salah satunya adalah sistem manajemen RAM Google Pixel 4 yang dapat mengompresi aplikasi dalam cache untuk mengurangi jejak yang ditinggalkan.

Kabar baiknya, dalam wawancara dengan The Verge, perwakilan Google menyebut kalau sistem manajemen RAM ini "harus" digunakan smartphone Android lainnya.

Tapi kapan dibagikan ke smartphone Android di luar Google Pixel? Disebutkan kalau fitur ini akan hadir ke Android versi selanjutnya, Android 11.

Dikutip dari Android Authority, Google Pixel membutuhkan sistem manajemen RAM semacam ini karena keluhan pengguna pada aplikasi background.

Google Pixel 4. (Google)
Google Pixel 4. (Google)

 

Terutama pada Google Pixel 3, banyak pengguna mengeluhkan sistem terlalu cepat mematikan aplikasi background karena kurangnya RAM.

Beruntung pada Google Pixel 4 sudah menawarkan kapasitas RAM yang lebih besar. Namun tetap membutuhkan sistem manajemen RAM semacam ini.

Fitur menarik Google Pixel 4 ini bakal berguna untuk smartphone Android lainnya. Terutama untuk smartphone RAM 3 GB ke bawah.

Dengan memakai sistem manajemen RAM ini, smartphone Android murah bisa memiliki performa yang lebih lancar.

Berita Terkait