Gadget

Duel Smartphone Cakep Rp 4 Jutaan, Realme X vs Oppo F11 Pro

Dua smartphone baru RP 4 jutaan yang banyak diburu. Pilih mana antara Realme X vs Oppo F11 Pro ini?

Agung Pratnyawan

Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Cari smartphone di harga Rp 4 jutaan yang terbaik? Kamera jagoan, performa ngebut, main game lancar. Pasti bingung antara Realme X vs Oppo F11 Pro yang sama-sama menarik.

Di antara Realme X vs Oppo F11 Pro ini, mana yang paling menarik? Atau smartphone baru RP 4 jutaan mana yang paling sesuai untuk kamu?

Oppo F11 Pro hadir lebih dulu ke Tanah Air pada Maret 2019. Disusul sub-brand Oppo ini meluncurkan Realme X pada akhir Juli 2019 di Indonesia.

Sebagai smartphone baru Rp 4 jutaan, sudah pasti punya performa bisa diandalkan di berbagai keperluan. Dari main game berat, multitasking, hingga pekerjaan berat.

Soal kamera, juga seharusnya bisa diandalkan dalam setiap situasi. Bukan cuma resolusi besar, juga harus menghasilkan foto dengan kualitas tinggi.

Baterai besar dan fast charging juga wajib untuk smartphone baru di harga segini. Pasti membutuhkan daya yang besar untuk dipakai seharian.

Sebagai smartphone baru dengan harga Rp 4 jutaan, juga harus dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan paling kekinian untuk saat ini.

Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)

 

Menariknya, antara Realme X vs Oppo F11 Pro memang sama-sama menarik. Namun smartphone baru mana yang lebih sesuai untuk kamu?

Berikut ini tim HiTekno.com bandingkan spesifikasi smartphone Rp 4 jutaan antara Realme X vs Oppo F11 Pro yang sama-sama cakep.

1. Performa

Qualcomm Snapdragon 710 vs MediaTek Helio P70. (HiTekno.com)
Qualcomm Snapdragon 710 vs MediaTek Helio P70. (HiTekno.com)

 

Oppo F11 Pro hadir dengan chipset MediaTek P70. Bukan chipset yang bisa dianggap remeh, selain punya performa tinggi juga lancar main game seperti PUBG Mobile.

Sedangkan Realme X mengandalkan Qualcomm Snapdragon 710, chipset kelas menengah dengan GPU kencang yang siap melibas semua game kelas berat.

Soal performa, Realme X menghasilkan skor AnTuTu Benchmark 164.301. Sedangkan Oppo F11 Pro harus puas dengan nilai 156.000.

Soal multitasking, RAM 8 GB Realme X jelas lebih luas dari Oppo F11 Pro yang cuma 6 GB. Realme X juga menyediakan RAM 4 GB untuk harga lebih murah.

2. Kamera

Realme X. (Realme Indonesia)
Realme X. (Realme Indonesia)

 

Kedua smartphone baru Rp 4 jutaan ini sama-sama memakai kamera 48 MP dan kamera selfie pop-up. Apakah keduanya memakai kamera yang sama?

Realme X hadir dengan kamera 48 MP f/1.7 + 5 MP f/2.4 depth sensor. Sedangkan Oppo F11 Pro memakai kamera 48 MP f/1.79 + 5 MP f/2.4 depth sensor.

Nampak mirip, bahkan ukuran sensornya juga sama. Termasuk kamera selfie 16 MP f/2.0 yang memakai mekanisme pop-up di tengah.

Keduanya juga ditunjang teknologi AI untuk mengoptimalkan settingan kamera. Juga menunjang untuk mengambil foto di tempat kurang cahaya.

3. Body dan desain

Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)

 

Keduanya memakai dimensi mirip, dari lebar panjang dan ketebalan. Kamera selfie pop-up juga membuat tampilan layar jadi luas dan menarik.

Body belakang keduanya juga sama-sama terbuat dari plastik dengan gradasi warna. Namun Realme X punya pilihan warna lebih banyak.

Bagian belakang Realme X juga terlihat lebih bersih karena tidak ada sensor fingerprint. Sedangkan Oppo F11 Pro masih memakai sensor fingerprint sejajar dengan kamera.

4. Layar

Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)

 

Oppo F11 Pro memakai layar LTPS IPS 6,53 inci 397 ppi beresolusi fullHD+. Realme X lebih unggul dengan layar AMOLED 6,53 inci 394 ppi resolusi fullHD+.

Keduanya bisa memakai layar tanpa poni karena memakai kamera selfie pop-up. Soal kualitas warna dan kecerahan warna, AMOLED memang berbeda dengan IPS.

5. Baterai dan charger

Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)

 

Soal baterai Oppo F11 Pro unggul dengan 4.000 mAh, sedangkan Realme X harus puas dengan 3.765 mAh. Meski begitu, keduanya cukup bertahan dalam seharian pemakaian.

Keduanya memakai fast charging VOOC 3.0 20 watt yang bisa mengisi 55 persen dalam 30 menit. Bedanya Realme X telah memakai USB type-C sedangkan Oppo F11 Pro masih microUSB.

6. Fitur unik

Realme X. (HiTekno.com)
Realme X. (HiTekno.com)

 

Keduanya membawa fitur kamera selfie pop-up yang membuat layar penuh tanpa terpotong poni. Realme X sudah memakai Bluetooth 5.0, Oppo F11 Pro masih 4.2.

Namun Realme X unggul dengan in-display fingerprint sensor, atau sensor fingerprint di balik layar. Oppo F11 Pro masih memakai sensor fingerprint di belakang.

Oppo F11 Pro masih dilengkapi slot microSD yang mendukung hingga 256 GB. Meski begitu, Realme X punya memori internal lebih besar yang cukup untuk menyimpan foto selfie kamu.

Meski smartphone baru ini berharga Rp 4 jutaan, sayangnya keduanya belum dilengkapi NFC. Padahal fitur ini makin banyak dibutuhkan pengguna saat ini.

7. Harga

Ilustrasi menghitung uang. (Pakutaso).
Ilustrasi menghitung uang. (Pakutaso).

 

Realme X RAM 8 GB + 128 GB hadir dengan harga 4.199.000. Jika terlalu mahal, ada versi RAM 4 GB + 128 GB dengan harga Rp 3.799.000.

Sedangkan Oppo F11 Pro RAM 6 GB + 64 GB awalnya dikenalkan dengan harga Rp. 499.000. Namun kinin sudah berharga Rp 4.599.000 saja.

Kesimpulan

Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Oppo F11 Pro. (HiTekno.com)

 

Dilihat dari spesifikasi, fitur, dan performa nampak Realme X lebih unggul dari Oppo F11 Pro. Namun ketersediaan slot memori eksternal dan baterai jadi unggulan Oppo F11 Pro.

Jika kamu mencari smartphone baru dengan performa ngebut, lancar main game, kamera bisa diandalkan di berbagai acara, Realme X jadi pilihan tepat.

Sedangkan mencari smartphone baru Rp 4 jutaan dengan kamera bisa diandalkan, performa cukup, baterai cukup, Oppo F11 Pro bisa jadi pilihan kamu.

Itulah perbandingan spesifikasi smartphone baru Rp 4 jutaan antara Realme X vs Oppo F11 Pro yang sama-sama menarik. Mana yang jadi pilihan kamu?

Berita Terkait