Kelebihan dan Kekurangan Realme X, Smartphone Rp 3 Jutaan Ngebut

Baca dulu sebelum membeli Realme X.

Agung Pratnyawan

Posted: Selasa, 27 Agustus 2019 | 20:00 WIB
Realme X. (HiTekno.com)

Realme X. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Mencari smartphone Rp 3 jutaan terbaik, Realme X jadi salah satu kandindatnya. Apa kelebihan dan kekurangan Realme X sehingga membuatnya menarik?

Sub-brand Oppo ini, tengah gencar menghadirkan smartphone baru ke Indonesia. Realme X sebagai salah satu smartphone unggulannya.

Bahkan smartphone Rp 3 jutaan ini jadi kelas tertinggi dari Realme. Tentu saja, banyak kelebihan Realme X yang membuatnya jadi menarik dibanding pesainggnya.

Baca Juga: Duel Smartphone Rp 3 Jutaan, Oppo K3 vs Oppo F11

Namun tetap ada kelemahan Realme X yang harus kamu perhatikan sebelum menjatuhkan pilihan pada smartphone baru satu ini.

Daripada bingung, berikut ini tim HiTekno.com ulas kelebihan dan kekurangan Realme X sebagai salah satu smartphone Rp 3 jutaan terbaik.

Kelebihan Realme X

Baca Juga: Duel Saudara Kembar Oppo K3 vs Realme X, Apa Bedanya?

1. Performa dapur pacu

Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)

Mengandalkan Qualcomm Snapdragon 710, Realme X menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark 164.301. Angka yang cukup tinggi untuk smartphone Rp 3 jutaan.

Realme X juga memiliki pilihan RAM 4 GB + 128 GB dan RAM 8 GB + 128 GB. Buat main game berat seperti PUBG Mobile dipastikan lancar.

Baca Juga: Realme X vs Realme 3 Pro, Duel Smartphone Kekinian Paling Dicari

Apalagi GPU di Snapdragon 710 ini juga cukup kuat untuk bermain game. Tak heran chipset ini sering dipakai untuk smartphone gaming.

2. Layar

Realme X. (Realme China)
Realme X. (Realme China)

Realme X memakai layar AMOLED 6,53 inci beresolusi 1080x2340 piksel atau FullHD+. Layar cantik ini dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Baca Juga: Akhirnya Rilis di Indonesia, Ini Harga Realme X

Menariknya, layar ini terasa lapang tanpa terpotong poni di bagian atas karena kamera selfie pindah sudah memakai mekanisme pop-up.

3. Fast charging

VOOC Flash Charger. (Oppo)
VOOC Flash Charger. (Oppo)

Mengandalkan fast charging dari Oppo, VOOC 3.0 yang dapat mengisi daya 20 watt. Pengisian baterai ngebut ini salah satu andalan dari Oppo yang dibawa ke Realme.

Ditambah, smartphone Rp 3 jutaan ini telah memakai port USB type-C. Selain jadi port kekinian, USB type-C juga menawarkan transfer data lebih kencang.

4. Fitur unik

Realme X. (Realme Indonesia)
Realme X. (Realme Indonesia)

Sebagai smartphone Rp 3 jutaan, Realme X mendapatkan banyak fitur unik dan menarik. Dari kamera sefie pop-up yang membuat tampilan layar lapang.

Lalu layar AMOLED yang memungkinkan memasang in-display fingerprint sensor, lalu Bluetooth 5.0 yang tidak hanya kencang tapi punya latensi rendah.

5. Kamera

Realme X. (Realme Indonesia)
Realme X. (Realme Indonesia)

Beda dengan saudara kembarnya, Oppo K3 memakai kamera utama 16 MP. Realme X mengandalkan dual kamera 48 MP f/1.7 + 2 MP f/2.4 depth sensor. Ditambah kamera selfie 16 MP f/2.0.

Sensor 48 MP di smartphone ini memakai Sony IMX586 yang terkenal kualitasnya. Kamera ini dilengkapi fitu Super Nightscape, Chroma Boost, dan 960fps slow-motion.

6. Desain

Realme X. (Realme)
Realme X. (Realme)

Soal warna, sub-brand Oppo ini tak perlu diragukan lagi. Tersedia pilihan Space Blue dan Polar White, dengan gradasi berdesain lengkungan S.

Kamera selfie pop-up membuat wajah Realme X tampil lebih luas tanpa terpotong poni. Ditambah tidak ada sensor fingerprint di belakang membuatnya lebih bersih.

7. Harga

Uang Receh. (unsplash/@f7photo)
Uang Receh. (unsplash/@f7photo)

Harga Realme X RAM 4 GB + 128 GB Rp 3.799.000, jika ingin yang lebih ada versi lebih tinggi. Realme X RAM 8 GB + 128 GB dengan harga Rp 4.199.000.

Di harga kisaran ini sangat sulit mendapatkan smartphone dengan kelengkapan seperti Realme X. Perpaduan performa, fitur, dan harga jadi keunggulan Realme X.

Kelemahan Realme X

1. Kapasitas baterai

Ilustrasi Baterai. (GSM Arena)
Ilustrasi Baterai. (GSM Arena)

Kelemahan Realme X paling pertama adalah kapasitas baterai yang hanya 3.765 mAh. Di harga ini, sudah lumrah mendapatkan baterai berkapasitaas 4.000 mAh.

Meski kapasitas baterai tergolong kecil, Realme X ditopang fast charging ngebut 20 watt yang bisa mengisi dari 0 ke 55 persen dalam 30 menit saja.

2. Slot memori eksternal

Kartu microSD 512 GB Samsung. (Samsung)
Kartu microSD 512 GB Samsung. (Samsung)

Memang sangat disayangkan Realme X tidak memberikan slot memori eksternal. Sehingga tidak bisa menambah media penyimpanan.

Namun tenang saja, Realme X yang resmi masuk ke Indonesia versi memori internal 128 GB. Cukup untuk menyimpan foto selfie kamu.

3. NFC

Ilustrasi NFC. (Pixabay/kalhh)
Ilustrasi NFC. (Pixabay/kalhh)

Smartphone Rp 3 jutaan bukan lagi tegolong murah. Namun sayangnya Realme masih belum memberikan fitur NFC pada Realme X ini.

Itulah kelebihan dan kelemahan Realme X yang hadir sebagai smartphone Rp 3 jutaan. Apakah kamu berminat dengan smartphone Realme X ini?

Berita Terkait
Berita Terkini

Dell PowerStore membantu pengelolaan tuntutan beban kerja yang terus meningkat dengan storage quad-level cell (QLC) ....

gadget | 09:02 WIB

Cek berapa harga Sennheiser HD 620S resmi di Indonesia....

gadget | 09:52 WIB

Samsung Galaxy Watch7 dan Samsung Galaxy Buds3 Pro telah dibekali Galaxy AI, untuk apa?...

gadget | 09:35 WIB

Laris manis, POCO F6 terjual 30 ribu unit dalam seminggu....

gadget | 08:24 WIB

Cek berapa harga ADVAN TBOOK x Transformers....

gadget | 08:02 WIB