Gadget

Duel Saudara Kembar Oppo K3 vs Realme X, Apa Bedanya?

Oppo K3 vs Realme X, keduanya mirip banget. Emang ada bedanya?

Agung Pratnyawan

Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)
Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Oppo K3 vs Realme X banyak disebut-sebut sebagai saudara kembar. Tapi seberapa miripkah duo smartphone baru yang masih satu keluarga ini.

Seperti diketahui, Realme adalah anak perusahaan Oppo. Dua merek smartphone ini juga sama-sama punya smartphone baru yang belum lama ini resmi masuk ke Indonesia.

Smartphone baru Realme X lebih dulu hadir ke Indonesia sebulan sebelum Oppo K3 masuk. Namun kini keduanya sudah resmi dikenalkan di Tanah Air.

Mengusung desain, fitur, dapur pacu, dan masih banyak kemiripan di antara dua smartphone baru ini. Sama-sama memakai ColorOS 6 berbasis Android 9 Pie.

Namun harga yang ditawarkan keduanya cukup berbeda. Kenapa banyak kesamaan tapi antara Oppo K3 vs Realme X bisa beda harganya ya?

Berikut ini tim HiTekno.com buatkan perbandingan spesifikasi antara smartphone baru saudara kembar, Oppo K3 vs Realme X untuk memudahkan kamu memilih.

1. Dapur Pacu

Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)

 

Dua smartphone baru ini mengusung chipset yang sama, Qualcomm Snapdragon 710. Untuk performa, keduanya seimbang dengan nilai AnTuTu Benchmark hingga 164.000.

Bedanya, Realme X hadir dengan dua pilihan memori. Antara RAM 4 GB + 128 GB dan RAM 8 GB + 128 GB. Sedangkan Oppo K3 hanya hadir dalam varian RAM 6 GB + 64 GB.

2. Layar

Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)
Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)

 

Soal layar juga sama, panel AMOLED 6,5 inci beresolusi fullHD+ 394 ppi. Layar ini juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Layar smartphone baru ini juga tidak memiliki poni maupun punch-hole berkat kamera selfie pop-up. Ini membuat layar smartphone jadi terasa lega.

Di layar ini juga terdapat in-display fingerprint sensor alias sensor sidik jadi di balik layar tersebut. Soal warna, AMOLED memang tak pernah bohong.

3. Desain dan Body

Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)
Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)

 

Desain body antara Oppo K3 vs Realme X memang sama. Yang beda di frame kamera yang berbeda, Oppo masing-masing kameranya terpisah. Satunya tergabung dalam satu frame.

Selain itu, soal warna dan corak gradasi kedua smartphone baru ini juga berbeda. Perbedaan ini membuat karakter keduanya jadi berbeda.

Realme X hadir dengan pilihan warna Space Blue dan Polar White. Coraknya berbentuk lengkungan S di bagian belakang hingga membuatnya nampak dinamis.

Sedangkan Oppo K3 memberikan pilihan warna Pearl White, Aurora Blue, dan Jade Black. Coraknya lebih ke gradasi simple nan elegan.

4. Baterai dan Charger

VOOC Flash Charger. (Oppo)
VOOC Flash Charger. (Oppo)

 

lagi-lagi soal baterai Oppo K3 vs Realme X memakai kapasitas yang sama. Yaitu 3.765 mAh dengan dukungan fast charging 20 watt VOOC 3.0 yang sudah memakai USB type-C.

Soal baterai dan charger, dua smartphone baru ini memang sama. Baterai cukup sehari, dan charger ngebut dapat mengisi 55 persen dalam 30 menit saja.

5. Kamera

Oppo K3 diluncurkan di Jakarta, Rabu (7/8/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]
Oppo K3 diluncurkan di Jakarta, Rabu (7/8/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

 

Di sinilah perbedaan antara dua smartphone baru ini. Kamera belakang Realme X dilengkapi sensor 48 MP f/1.7 + 5 MP f/2.4 depth sensor. Dan kamera selfie 16 MP f/2.0 pop-up.

Sedangkan Oppo K3 memakai kamera belakang ganda dengan konfigurasi 16 MP f/1.7 + 2 MP f/2.4 depth sensor. Ditunjang kamera selfie 16 MP f/2.0.

Nampak kamera 48 MP Realme X lebih unggul, namun ingat ini resolusi interpolasi dari sensor 12 MP. Sehingga kamera Oppo K3 tidak kalah kerennya.

6. Harga

Realme X. (Suara.com/ Tivan Rahmat)
Realme X. (Suara.com/ Tivan Rahmat)

 

Oppo K3 versi RAM 6 GB + 64 GB dijual seharga Rp 3.599.000 selama flash sale. Namun harga normal smartphone ini sebesar Rp 3.999.000 saja.

Sedangkan harga Realme X RAM 4 GB + 128 GB sebesar Rp R.799.000. Lalu Realme X versi RAM 8 GB + 128 GB dibanderol dengan Rp 4.199.000.

7. Kesimpulan

Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)
Oppo K3 vs Realme X. (HiTekno.com)

 

Perbandingan spesifikasi antara Oppo K3 vs Realme X ini memang unik. Smartphone baru kembar yang banyak kemiripan namunharga berbeda.

Bukannya saling bersaing, dua smartphone ini malah hadir saling melengkapi pasar. Realme X hadir di RAM 4 GB dan RAM 8 GB, sedangkan Oppo K3 berada di tengah dengan RAM 6 GB.

Tinggal sesuaikan saja kebutuhan RAM kamu, mau yang 4 GB atau 6 GB. Jika masih kurang ada yang RAM 8 GB. Karena kamu tak akan salah memilih salah satu di antara keduanya.

Itulah perbandingan spesifikasi smartphone baru saudara kembar Oppo K3 vs Realme X. Smartphone mana yang jadi pilihan kamu?

Berita Terkait