Gadget

MediaTek Siapkan Chipset Khusus Smartphone Gaming, Tapi Murah!

MediaTek hadirkan chipset baru untuk smartphone gaming murah!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi chipset MediaTek Helio. (MediaTek)
Ilustrasi chipset MediaTek Helio. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek memang kalah populer dari Qualcomm dengan Snapdragon miliknya. Namun hal ini malah membuat MediaTek tertantang kembangkan chipset khusus smartphone gaming.

Sebelumnya, Qualcomm menghadirkan Snapdragon 855 Plus sebagai versi lebih powerfull dari Snapdragon 855. Chipset ini digunakan oleh smartphone gaming Asus ROG Phone 2.

Sedangkan chipset Qualcomm Snapdragon 855 sebelumnya sudah laris manis dipakai oleh smartphone gaming dan smartphone flagship ternama.

Kini, segera hadir MediaTek Helio G90 sebagai chipset smartphone gaming. Rencananya, chipset ini akan diluncurkan pada 30 Juli 2019.

Chipset MediaTek Helio G90 sendiri sudah diperkenalkan dalam sebuah event di Shanghai, yang disebutkan sebagai penerus model chipset yang sudah ada.

Bedanya dengan Qualcomm, MediaTek menghadirkan chipset ini ke pasar yang lebih terjangkau. Bukan untuk smartphone kelas atas yang mahal.

Melihat namanya, diduga Helio G90 adalah pengembangan dari Helio P90 yang lebih dulu dihadirkan MediaTek. Chipset ini sebenarnya cukup bertenaga, namun tak banyak digunakan.

Ilustrasi chipset MediaTek Helio. (MediaTek)
Ilustrasi chipset MediaTek Helio. (MediaTek)

 

MediaTek Helio P90 sendiri masih diproduksi dengan fabrikasi 12 nm. Sedangkan untuk Helio G90 sendiri belum diketahui akan diproduksi dengan fabrikasi 12 nm atau 7 nm.

Sebagai chipset smartphone gaming, pasti harus dilengkapi dengan GPU yang bertenaga. Seperti Qualcomm mengandalkan Adreno miliknya.

MediaTek Helio G90 sendiri umumnya menggunakan GPU dari PowerVR atau Mali. Kemungkinan untuk chipset ini akan memakai Mali-G76 atau Power-VR GM9446.

Belum ada konfirmasi resmi MediaTek Helio G90 akan memakai GPU apa. Juga belum diketahui smartphone gaming mana yang pertama memakai chipset ini. Kita tunggu saja!

Berita Terkait