Gadget

Kenalkan Chipset Baru, Ini Fitur Menarik MediaTek Helio P65

Tak hanya 2x lebih ngebut, MediaTek Helio P65 punya kelebihan lain.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo MediaTek. (MediaTek)
Ilustrasi logo MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - Desainer chip MediaTek akhirnya mengenalkan chipset baru mereka untuk smartphone. Adalah MediaTek Helio P65 yang hadir sebagai penerus Helio P60.

Sebagai chipset baru, MediaTek Helio P65 pasti ada berbagai update dari Helio P60. Chipset baru ini juga hadir untuk kelas menengah.

Apa sih keunggulan dari chipset MediaTek Helio P65 ini? Pastinya dari sisi performa pasti mendapatkan upgrade di banding Helio P60.

Kini MediaTek Helio P65 mengandalkan CPU octa-core yang berisi dua Cortex-A75 dan enam Cortex-A55. Pemakaian Cortex-A75 menjadi lonjakan paling signifikan.

ARM sendiri menghadirkan core Cortex-A75 sebagai kelanjutan core Cortex-A73 yang dipakai Helio P60 dan P70. Yang memberikan dongkrakan performa tinggi.

Tidak hanya sisi CPU, chipset baru MediaTek Helio P65 ini juga mendapatkan update di GPU. MediaTek Helio P65 memakai GPU Mali-G52.

Konfigurasi CPU dan GPU MediaTek Helio P65 ini sangatlah mirip dengan chipset baru Huwei, Kirin 810. Chipset yang sama-sama mengejar untuk kelas menengah.

Chipset baru MediaTek Helio P65. (MediaTek
Chipset baru MediaTek Helio P65. (MediaTek

 

Yang disayangkan, dukungan kamera untuk MediaTek Helio P65 dirasa kurang. Chipset baru ini hanya mendukung kamera sual 16 MP atau satu 48 MP.

Mengingat kini sudah banyak smartphone dengan sensor 48 MP yang dipadukan konfigurasi triple kamera. Apalagi makin banyak smartphone sensor 48 MP yang bermunculan.

Meski begitu, MediaTek Helio P65 mendapatkan peningkatan dalam sisi GPS, dual 4G VoLTE, Bluetooth 5, dan Cat-7 downlink/Cat-13 uplink.

Chipset baru ini juga mendukung layar dengan resolusi hingga 2520 x 1080 pxel. Juga mendukung RAM 8 GB, face unlock, fast charging yang lebih ngebut.

MediaTek Helio P65. (MediaTek)
MediaTek Helio P65. (MediaTek)

 

Karena MediaTek Helio P65 ini mengincar kelas menengah ke bawah, jangan harapkan chipset ini mendapatkan dukungan Wi-Fi 6, UFS storage, hingga resolusi 4K.

Mengutip dari Android Authority, sangat disayangkan kalau MediaTek Helio P65 tidak ada kejelasan mengenai dukungan AI processing unit.

Kita nantikan saja, smartphone apa yang akan menggunakan MediaTek Helio P65 ini. Jika Helio P60 sukses, nampaknya chipset baru ini juga bakal menarik.

Berita Terkait