Bawa Teknologi Machine Learning ke Smartphone, MediaTek Gandeng Google

Helio P90 memungkinkan pengembang smartphone dengan mudah menerapkan teknik machine learning ke dalam aplikasi.

Dinar Surya Oktarini
Kamis, 28 Februari 2019 | 13:30 WIB
MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan Google. (MediaTek)

MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan Google. (MediaTek)

Hitekno.com - Kamis (28/02/2019), MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan Google, Helio P90 akan mendukung Google ML kit (machine learning) pada pengembang smartphone dari berbagai tingkat keahlian.

Helio P90 milik MediaTek sebagai pembangkit tenaga pemrosesan kecerdasan buatan alias AI (artificial intelligence) dengan kemampuan kamera yang canggih, akan memberikan dukungan perangkat lunak untuk membantu menjadikan AI sebagai bagian penting dari toolkit para pengembang. Bersamaan dengan ini MediaTek yang baru-baru ini menyelesaikan pengujian dan pemberdayaan ARCore dan Google Lens pada chipset Helio P90.

''MediaTek terus membangun hubungan kerja yang kuat dengan Google untuk mengembangkan teknologi yang lebih dioptimalkan untuk perangkat seluler," kata TL Lee, General Manager unit bisnis Komunikasi Nirkabel MediaTek.

Baca Juga: Bawa Smartphone dengan Banyak Kamera, Sony dan Xiaomi Gandeng Light

“Dengan ML Kit milik Google, kami menyediakan alat yang tepat untuk pengguna ponsel cerdas dari semua tingkatan untuk menerapkan machine learning terhadap aplikasi sehari-hari demi mendapatkan hasil yang maksimal dari ponsel cerdas dan terus membawa fitur premium terbaru ke pasar yang lebih luas." tambahnya.

MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan Google. (MediaTek)
MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan Google. (MediaTek)

Google ML Kit merupakan alat pengembangan perangkat lunak (Software Development Kit) seluler yang menghadirkan keahlian machine learning milik Google ke aplikasi Android dan iOS.

Dengan kapabilitas yang mumpuni untuk berbagai tingkat pengalaman, fungsionalitas ML Kit dapat diimplementasikan hanya dalam beberapa baris kode, atau melalui API standar bagi pengembang yang lebih berpengalaman.

Baca Juga: Ini Alasan Go-Jek Gunakan Nama GET di Thailand

Untuk memastikan bahwa ML Kit didukung dengan benar, MediaTek mengadaptasi model ML Kit termasuk deteksi wajah untuk memastikan bahwa mereka dapat dipercepat pada APU 2.0. Dengan dukungan perangkat lunak dari chipset Helio P90, ML Kit milik Google telah melihat hasil yang positif di antaranya termasuk akselerasi 9 kali bila dibandingkan dengan pengimplementasian CPU.

Perangkat keras MediaTek bekerja secara lancar bersama Android Neural Networks API (NNAPI) dengan 80% operasi, termasuk semua operasi intensif komputasi, yang didukung oleh akselerator kecerdasan buatan (AI).

NNAPI menyediakan antarmuka pengembang yang konsisten untuk memungkinkan lebih banyak inovasi di seluruh ekosistem kecerdasan buatan (AI) seluler. Selain itu, ML Kit memberikan solusi siap pakai untuk kasus penggunaan utama tanpa mengharuskan pengembang memiliki pengetahuan tentang machine learning.

Baca Juga: Pakai Nama GET, Go-Jek Resmi Mengaspal di Thailand

MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan Google. (MediaTek)
MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan Google. (MediaTek)

Dipamerkan melalui ML Kit milik Google, Helio P90 mendukung pengalaman AI yang lebih cepat, kompleks dan lebih dinamis, di samping Google Lens, pembelajaran mendalam (deep-learning) pada deteksi wajah, beautification waktu nyata, identifikasi objek dan pemandangan, realitas buatan (augmented reality) dan akselerasi realitas campuran (mixed reality), ditambah peningkatan waktu nyata lainnya untuk foto dan video.

MediaTek bekerja erat dengan tim Google dan berbagai persyaratan ML Kit untuk memastikan bahwa aplikasi pada smartphone dapat menjadi lebih menarik, terpersonalisasi, bermanfaat, dan memberikan solusi yang optimal untuk berjalan di perangkat dengan model jaringan referensi ML Kit.

''Machine learning semakin banyak digunakan oleh pengembang pada umumnya untuk memberikan nilai tambah kepada para penggunanya dan ML Kit menjadi bagian penting dari toolkit pengembang seluler," kata Brahim Elbouchikhi, Manajer Produk Grup Google untuk AI dan Produk Kamera Google.

Baca Juga: Dijual di Bawah Rp 2 Juta, Ini Spesifikasi Lengkap Honor 8A

“Kami senang berkolaborasi dengan MediaTek untuk membantu para pengembang memanfaatkan chipset terbaru, Helio P90 dengan kemampuan APU 2.0. Kami menantikan bagaimana hal ini dapat membantu para pengembang untuk mendorong batas-batas yang dapat dilakukan smartphone."

ML Kit milik Google menawarkan teknologi yang telah lama memperkuat pengalaman Google di perangkat seluler, dan terus mengembangkan API Base baru yang memanfaatkan keahlian machine learning dari Google. Rencananya MediaTek akan mendukung ML Kit dari Google pada Helio P90 di kuartal 1 2019 ini.

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak