Gadget

Tak Terkalahkan, Ini Rahasia Smartphone Gaming Paling Kencang Saat Ini

Smartphone gaming terkencang ini punya rahasia yang tak dimiliki pesaingnya, apa itu?

Agung Pratnyawan

Nubia Red Magic 3. (RedMagic)
Nubia Red Magic 3. (RedMagic)

Hitekno.com - Nubia Red Magic 3 didaulat sebagai smartphone paling kencang versi AnTuTu Benchmark Juni 2019. Smartphone gaming ini sukses mengungguli performa pesaingnya.

Di jaran smartphone gaming, banyak produk-produk baru berdatangan. Dan masih ada pula nama-nama lama yang masih tertengger di atas.

Namun Nubia kembali menelurkan smartphone gaming terkencang. Kali ini Nubia Red Magic 3 yang berhasil merajai chart AnTuTu Benchmark.

Apa rahasia smartphone gaming dari sub-brand ZTE ini? Kenapa bisa menyingkirkan smartphone flagship dan smartphone gaming lainnya di sisi performa?

Nubia sendiri sudah punya pengalaman panjang dalam menggarap smartphone gaming. Juga lama bersaing melawan Xiaomi Black Shark dan Razer phone di pasar ini.

Hanya menyematkan chipset terbaru dan terkencang saja tidak cukup untuk melawan dua smartphone gaming tersebut. Harus memberikan teknologi lain yang bisa mendongkrak performanya.

Berbekal pengalaman tersebut, Nubia mampu meracik smartphone satu ini. Nubia menyematkan sistem pendingin terbaik miliknya untuk menjaga suhu chipset Qualcomm Snapdragon 855.

Nubia Red Magic 3. (RedMagic)
Nubia Red Magic 3. (RedMagic)

 

Chipset Qualcomm Snapdragon 855 sendiri saat ini didaulat sebagai chipset paling kencang di pasarang. Secara performa, susah untuk dilawan Huawei Kirin maupun Samsung Exynos.

Nubia menyematkan sistem pendingin Active Liquid Cooling. Yaitu sistem pendingin yang memanfaat kan heatpipe berisi cairan khusus.

Cara ini sudah banyak dipakai smartphone gaming, bahkan smartphone flagship lainnya. Bedanya, Nubia Red Magic 3 memakai kipas internal untuk membantu pendinginannya.

Smartphone gaming ini diklaim sebagai yang pertama memakai active cooling alias pendingin kipas aktif. Hal ini dilakukannya untuk menjaga suhu dari dapur pacunya.

Dengan menjaga suhu tetap dingin, Nubia Red Magic 3 ini bisa mempertahankan CPU dan GPU berjalan konstan di performa tertingginya.

Nubia Red Magic 3. (RedMagic)
Nubia Red Magic 3. (RedMagic)

 

Mengutip dari spesifikasi Nubia Red Magic 3 di GSM Arena, chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang digunakannya memiliki clock sedikit lebih tinggi dibandingkan standar.

Clock yang lebih tinggi, pastinya membuat performa lebih tinggi namun menghasilkan panas. Karena itu, dibutuhkan sistem pendinginan mumpuni.

Karena itu, tak heran smartphone ini berhasil mendapatkan nilai AnTuTu Benchmark tertinggi untuk Juni 2019. Dan dinobatkan sebagai smartphone paling kencang saat ini.

Nubia Red Magic 3. (RedMagic)
Nubia Red Magic 3. (RedMagic)

 

Tak cukup itu, Nubia Red Magic 3 juga memberikan pilihan RAM dari 6 GB hingga 12 GB. Versi RAM 12 GB bakal menunjang performa kencang CPU dan GPU.

Terkusus untuk bermain game, Nubia memberikan layar 90 Hz yang membuatnya lebih nyaman. Juga tombol fisik yang bisa di-mapping sesuai game yang dimainkan.

Nubia juga menghadirkan software bawaan yang menunjang pengalaman bermain game lebih menyenangkan. Dari memblokir notifikasi hingga menjadikan game sebagai prioritas.

Hal ini membuat Nubia Redmi Magic 3 punya paket lengkap sebagai smartphone gaming. Dari performa hingga fitur yang dioptimalkan untuk bermain game.

Berita Terkait