Gadget

Kalah Saing, 4 Merek Smartphone Ini Pilih Cabut dari Indonesia

Sedikit mengingat masa kejayaan deretan smartphone tersebut, berikut tim HiTekno.com rangkum 4 merek smartphone yang gulung tikar dari Indonesia.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Logo Sony. (Shutterstock)
Logo Sony. (Shutterstock)

Hitekno.com - Seiring berjalannya waktu, merek smartphone memang dipastikan akan kehilangan popularitasnya jika tidak mampu memberikan hal menarik bagi peminatnya. Tidak mampu mempertahankan popularitas, 4 merek smartphone ini hengkang dari Indonesia.

Melihat pola dan tingkat popularitasnya, smartphone asal China sedang begitu diminati pasar Indonesia. Sebut saja seperti Xiaomi, Oppo, hingga Vivo. Smartphone asal Amerika, Apple dirasa masih bisa mempertahankan populartiasnya di Indonesia.

Berbeda dari Apple yang mampu bertahan, beberapa merek smartphone ini malah hengkang dan hengkang dari pasar smartphone tanah air. Alasannya beragam dan sulit dipahami.

Sedikit mengingat masa kejayaan deretan smartphone tersebut, berikut tim HiTekno.com rangkum 4 merek smartphone yang hengkang dari Indonesia.

1. Lenovo

Penampakan bodi bagian belakang dan depan Lenovo Z6. (Lenovo China)
Lenovo Z6. (Lenovo China)

 

Merek smartphone Lenovo pernah mendapat sorotan saat smartphone asal China lainnya belum datang dan menguasai pasar Indonesia.

Tidak sepenuhnya menghilang dari pasar Indonesia, Lenovo mengalihkan produksi ke pihak ketiga yaitu InOne Technology yang bertugas untuk mendesain, membuat, dan menjual produk Lenovo.

Melepas Lenovo pada InOne Technology, Lenovo resmi hengkang dari Indonesia sejak tahun 2018 lalu.

2. LG

LG V50 ThinQ. (LG)
LG V50 ThinQ. (LG)

 

Secara global, LG memang diketahui cukup aktif memasarkan berbagai produknya. Sayangnya, untuk pasar Indonesia, LG memutuskan hengkang pada tahun 2018 lalu.

Sebagai smartphone yang sudah berkarya sejak 1990 di Indonesia, LG disebut-sebut tidak mampu bersaing dengan berbagai smartphone China di Indonesia.

3. Blackberry

BlackBerry Bold. (Wikipedia/Evan-Amos)
BlackBerry Bold. (Wikipedia/Evan-Amos)

 

Merek smartphone selanjutnya yang memutuskan hengkang dari Indonesia adalah Blackberry. Sempat begitu sangat populer, Blackberry terpaksa harus cabut dari ketatnya persaingan pasar Indonesia.

Produk terakhir yang dirilis oleh Blackberry adalah Blackberry Key2 LE yang rilis pada tahun 2018 lalu. Hingga hari ini, masih belum ada lagi produk Blackberry yang rilis ke Indonesia.

4. Sony

Varian warna Sony Xperia Ace. (Sony Mobile)
Sony Xperia Ace. (Sony Mobile)

 

Sudah hengkang sejak tahun 2016 lalu, merek smartphone asal Jepang, Sony menyerah dari ketatnya persaingan pasar smartphone Indonesia. Cukup populer pada zamannya, Sony rupanya menyerah dan menyempitkan pasarnya.

Perusahaan ini kabarnya mulai kehilangan pamor di Asia, khususnya Jepang. Sony saat ini hanya dijual di beberapa negara di Eropa yang masih meminati perangkat ini.

Itu tadi deretan merek smartphone yang sudah hengkang alias hengkang dari Indonesia. Ada yang kangen dengan beberapa smartphone di atas?

Berita Terkait