Gadget

Ini 10 Smartphone Terlaris di Dunia 2018, Xiaomi Redmi 5A Salah Satunya

Urutan pertama sukses ditempati oleh Apple dengan iPhone X.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Smartphone Xiaomi Redmi 5A. (Mi.com)
Smartphone Xiaomi Redmi 5A. (Mi.com)

Hitekno.com - Counterpoint Research telah meluncurkan daftar 10 smartphone terlaris di dunia selama 2018. Data diperolerh dari smartphone terbanyak dikapalkan oleh masing-masing pabrikan.

Dari daftar, iPhone X sukses menempati urutan pertama sebagai smartphone terlaris versi Counterpoint Research. Lalu, bagaimana dengan urutan selanjutnya?

Terungkapnya iPhone X sebagai smartphone terlaris di dunia tahun 2018 ini muncul dari laporan Counterpoint Research yang berjudul '2018 Global Smartphone Top 10 Model Sales Market Share'.

Smartphone Apple Inc yang rilis Oktober 2017 lalu ini memantapkan diri sebagai smartphone terlaris sepanjang tahun 2018.

Wajar jika iPhone X mengantongi gelar tersebut. Pasalnya, penikmat Apple Inc benar-benar dimanjakan dengan spesifikasi garang dari vendor smartphone ternama ini.

Datang dengan membawa dua kamera utama di bagian belakang, siapa saja sulit menghindari menawannya iPhone X dengan berbagai fitur menariknya.

Dilansir dari GSM Arena, tepat di bawah iPhone X, iPhone 8 dari Apple Inc menempati urutan kedua, disusul oleh keluarganya yang lain seperti iPhone 8 Plus dan iPhone 7.

Smartphone terlaris di dunia tahun 2018. (Counterpoint)
Smartphone terlaris di dunia tahun 2018. (Counterpoint)

Keunggulan keluarga Apple Inc dalam daftar 10 smartphone terlaris di dunia tahun 2018 ini sepertinya menekankan vendor smartphone ini sebagai raja dalam dunia teknologi gadget.

Tepat di urutan kelima, dari vendor smartphone China, Xiaomi Redmi 5A sukses mengalahkan Samsung Galaxy S9 yang duduk di urutan keenam.

Urutan berikutnya lalu di tempati oleh iPhone XS max, iPhone XS, Samsung Galaxy S9 Plus, dan yang terakhir duduk Samsung Galaxy J6.

Tidak menjelaskan secara detail mengenai total pengkapalan dari deretan smartphone ini.

Namun, pengkapalan ketiga iPhone yang duduk di urutan pertama hingga ketiga dikapalkan dengan total 100 juta. iPhone XS Max dan iPhone XR bahkan dikapalkan lebih dari 16 juta.

Data dari Counterpoint Research secara dunia memang berbeda jauh dengan data dari pengkapalan di China. Untuk pengkapalan di China, Oppo R15 sukses menempati urutan pertama, baru di urutan kedua di tempati oleh iPhone X.

Smartphone terlaris di China tahun 2018. (Counterpoint)
Smartphone terlaris di China tahun 2018. (Counterpoint)

Rata-rata, smartphone China merajai pasar China dengan berbagai smartphone besutannya. Selain Oppo R15, smartphone lainnya yang laris di pasar China antara lain, Oppo A5, Oppo A83, Vivo X21, iPhone 8 Plus, Vivo Y85, hingga Oppo R11s.

Hal menarik dari daftar panjang yang dibuat Counterpoint Research ini adalah tidak ada nama Huawei. Padahal Huawei diketahui sempat menggeser Apple sebagai vendor smartphone terbesar kedua di dunia.

Huawei dianggap sebagai saingan berat Apple, mengingat vendor smartphone ini baru saja merilis berbagai smartphone karyanya dengan spesifikasi dan kamera yang tidak bisa dianggap remeh.

Kita nantikan daftar smartphone terlaris di dunia untuk tahun 2019 dari Counterpoint Research. Siapa tahu ada nama Huawei dalam daftar tersebut.

Berita Terkait