Gadget

Kalah dari iPhone X, Ini Skor Benchmark Galaxy Note 9

Fans Apple bakal ketawa lihat hasil tesnya.

Galih Priatmojo | Rezza Dwi Rachmanta

Galaxy Note 9. (Techills.Net)
Galaxy Note 9. (Techills.Net)

Hitekno.com - Samsung Galaxy Note 9 sudah diluncurkan pada 9 Agustus lalu di New York. Seperti biasa, Samsung berencana meluncurkan flagship anyarnya untuk mengungguli flagship dari Apple dan produsen besar lainnya.

Spesifikasi paling tinggi smartphone Samsung Galaxy Note mempunyai RAM 8 GB dengan memori internal 512 GB. Namun nampaknya Samsung harus menelan kekecewaan. Hanya beberapa hari setelah peluncurannya, Galaxy Note 9 langsung diuji dengan beberapa flagship smartphone lainnya.

LG G7 ThinQ, iPhone X, OnePlus 6, dan Pixel 2 XL menjadi lawan Galaxy Note 9 dalam sebuah tes benchmark terbaru.

Dikutip dari Tom's Guide sebuah tes benchmark dengan menggunakan Geekbech 4 menampilkan hasil yang mengejutkan.

Benchmark Galaxy Note 9. (Toms Guide)
Benchmark Galaxy Note 9. (Toms Guide)

 

Dibekali dengan Snapdragon 845 yang merupakan prosesor terbaru dari Qualcomm, Galaxy Note 9 diprediksi mampu mengungguli smartphone kelas atas lainnya.

Namun prediksi sebelumnya ternyata meleset. Dari hasil uji, Galaxy Note 9 ternyata hanya mampu bertengger pada urutan ketiga, di bawah iPhone X dan OnePlus 6.

OnePlus 6 berhasil mencetak skor 9088 sedangkan Galaxy Note 9 mencatat skor 8876. Namun hasil tes tersebut masih dengan catatan. Perangkat Galaxy Note 9 yang diujikan adalah varian RAM 6 GB sedangkan OnePlus 6 sudah menggunakan RAM 8GB.

Apple dengan iPhone X berhasil mengungguli Galaxy Note 9 dengan skor 10.357. Prosesor bionik A11 milik iPhone X ternyata mampu mendongkrak performa secara signifikan.

Benchmark Grafis Galaxy Note 9. (Toms Guide)
Benchmark Grafis Galaxy Note 9. (Toms Guide)

 

Menggunakan 3D Mark Slingshot Extreme untuk mengetahui performa grafis, lagi-lagi Galaxy Note 9 menempati urutan ketiga. Meski memetik skor cukup baik yakni 4.639, namun skor itu masih kalah dari OnePlus yang memeroleh skor 5.124 dan iPhone X dengan 4.994.

Meski kalah dari benchmark keseluruhan dan benchmark grafis, Galaxy Note 9 berhasil unggul di sektor layar.

Benchmark Brightness Galaxy Note 9. (Toms Guide)
Benchmark Brightness Galaxy Note 9. (Toms Guide)

 

Kecerahan tampilan (nits) dan warna gamut milik Galaxy Note 9 berhasil mencetak hasil yang memukau. Dengan menggunakan layar Super AMOLED 6,4 inci, Galaxy Note 9 berhasil mencetak 604 nits dan warna gamut 224 persen.

Meski masih di bawah LG G7 ThinQ dan Galaxy S9+ di sektor kecerahan layar, hasil itu membuktikan bahwa Samsung Galaxy Note 9 mempunyai kualitas layar yang cukup baik.

Berita Terkait