Gadget

Selain Harga, Ini Alasan Tak Beli Laptop Gaming RTX Sekarang

Dunia masih belum siap menyambut laptop gaming RTX, ini penjelasannya.

Agung Pratnyawan

Laptop Gaming RTX. (Nvidia)
Laptop Gaming RTX. (Nvidia)

Hitekno.com - Bebeberapa produsen telah menghadirkan laptop gaming dengan GPU Nvidia GeForce RTX. Menarik, namun sekarang bukan waktu yang tepat untuk beli laptop gaming RTX.

Kartu grafis Nvidia GeForce RTX dihadirkan dengan teknologi Ray Tracing yang mampu melakukan pemprosesan cahaya yang mendekati dunia nyata.

Dan produsen laptop seperti Asus dan Lenovo telah memasangkan kartu grafis RTX ke laptop gaming seri atas mereka.

Nampaknya sangat menarik sebuah laptop gaming dengan kartu grafis paling kekinian. Berniat untuk beli laptop gaming RTX saat ini?

Tech influencer, Dave Lee tidak merekomendasikan untuk membeli laptop gamin RTX saat ini. Ia mengungkapkannya saat diwawancarai Lewis Hilsenteger di channel YouTube Unbox Therapy.

Laptop Gaming RTX. (Nvidia)
Laptop Gaming RTX. (Nvidia)

 

''Bagusnya, kamu mendapatkan power yang begitu besar. Buruknya, 50 persen lebih mahal dibanding (laptop gaming) tahun 2018,'' kata Dave Lee.

Dave Lee menyebutkan kalau tahun 2018 banyak laptop bagus dengan GeForce seri 10 seperti 1060, 1070, dan 1080. Ditambah lagi dengan layar 144 hertz, CPU 6 core.

Pada dasarnya, spesifikasi seperti ini yang diinginkan bayak orang untuk sebuah laptop gaming. Apalagi harganya cukup sesuai.

Tak hanya soal harga, pemilik channel YouTube Dave2D ini juga menyoroti layar laptop yang kebanyakan hanya memakai resolusi 1080p atau Full HD.

''Yang jadi persoalan, chip RTX ini menyasar untuk resolusi tinggi (4K),'' lanjutnya.

Dengan besarnya tenaga dari kartu grafis Nvidia GeForce RTX di laptop gaming, nampaknya masih sia-sia. Kartu grafis yang lebih optimal untuk resolusi 4K hanya dipakai untuk 1080p.

Ditambah lagi, jika dapat laptop gaming RTX dengan laray 4K pada umumnya mentok di 60 fps. Sedangkan jika dengan GTX 1080 di 1080p, bisa jaduh lebih tinggi dari sekadar 60 fps.

Meme RTX 2080. (Twitter/ EKWaterBlocks)
Meme RTX 2080. (Twitter/ EKWaterBlocks)

 

Dave Lee juga menyoroti soal dukungan game yang sudah bisa memanfaatkan teknologi Ray Tracing dari kartu di laptop gaming RTX ini.

''Masalah besarnya, susah untuk merekomendasikan produk ini (laptop gaming RTX) ke konsumen. Tidak ada alasan untuk membelinya sekarang,'' ucap Dave Lee.

Pria ini menyarankan untuk menunggu dulu sebelum mengambil keputusan membeli sebuah laptop gaming RTX.

''Sekarang laptop gaming RTX sedang hype, banyak orang yang melihatnya. Namun kamu pikir orang harus melihat produk lama dibanding yang ini?'' tanya Lewis Hilsenteger.

''Jika kamu tidak masalah dengan uang dan ingin membeli yang terbaik dari terbaik, silakan (beli laptop gaming RTX),'' kata Dave Lee.

''Namun jika kamu punya budget terbatas, coba lihat laptop gaming kemarin (2018),'' lanjutnya.

Pria ini mengungkapkan kalau produsen laptop gaming ini sangat pintar. Mereka membuat produk yang jika kamu membelinya tidak terasa overprice.

Hal ini bisa karena mereka membuat laptop gaming yang tak bisa dibuat oleh produsen laptop murah.

Dave Lee menyarankan untuk menunggu developer game mendukung Ray Tracing. Saat ini baru Battlefield V dan Anthem yang mendukung Ray Tracing.

Menurutnya, nantinya akan banyak game yang mendukung teknologi Ray Tracing ini. Namun itu semua membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Saat nantinya banyak game dengan dukungan teknologi Ray Tracing bermunculan, harga laptop gaming RTX tidak akan semahal seperti saat ini.

Dari pembicaraan Dave Lee di video Unbox Therapy berjudul ''Dave2D Says Don't Buy These Laptops'' kita bisa tahu alasan apa saja untuk tidak beli laptop gaming dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX sekarang.

Selain karena harga, alasan dukungan software dan gaming jadi alasan utamanya. Namun sekali lagi, jika uang tidak masalah ya silakan saja beli laptop gaming RTX tersebut.

Berita Terkait