Gadget

Samsung dan Apple Turun, Huawei dan Xiaomi Terus Menanjak

Tiga merek siap gusur Samsung dan Apple sebagai penguasa pasar smartphone dunia.

Agung Pratnyawan

Para penguasa pasar smartphone dunia. (HiTekno.com)
Para penguasa pasar smartphone dunia. (HiTekno.com)

Hitekno.com - International Data Corporation (IDC) telah merilis data pengkapalan dan market share smartphone selama 2018. Terungkap Samsung dan Apple mengalami penurunan, tapi Huawei dan Xiaomi terus menanjak.

IDC mendata pengkapalan smartphone, dan terungkap di kuartal 4 2018 mengalami penurunan. Bahkan penurunan ini terjadi sekala global.

Berdasarkan data IDC, total smartphone yang dikapalkan mencapai 375,4 juta unit selama kuartal 4 2018. Angka ini mengalami penurunan 4,9 persen dibanding tahun sebelumnya.

Di 2018 sendiri, total pengkapalan smartphone mencapai 1,4 miliar unit sepanjang tahun. Angka ini juga mengalami penurunan 4,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dugaan besar karena penurunan permintaan smartphone di pasar China. Seperti diketahui, China menjadi pasar terbesar sekitar 30 persen dari distribusi smartphone seluruh dunia.

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/ Geralt)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/ Geralt)

 

Dikutip dari Gizchina, pada 2018 pasar China mengalami penurunan sebesar 10 persen dibanding 2017. Karena permintaan di sana yang menurun.

Walau demikian, 5 brand penguasa pasar smartphone tidak bergeser. Samsung tetap di peringkat teratas, disusul Apple pada peringkat kedua.

Dan disusul tiga produsen smartphone asal China: Huawei, Xiaomi dan Oppo. Mereka masih menjadi penguasa pasar smartphone dunia saat ini.

Berdasarkan data IDC, Samsung mengalami penurunan 5,5 persen pada kuartal 4 2018. Sedangkan Apple lebih parah, terjadi penurunan hingga 11,5 persen.

Di lain sisi, Huawei mengalami peningkatan 43,9 persen. Sedangakan Oppo peningkatan 6,8 persen dan Xiaomi dengan 1,4 persen.

Data IDC pengkapalan smartphone kuartal 4 2018. (IDC/Gizchina)
Data IDC pengkapalan smartphone kuartal 4 2018. (IDC/Gizchina)

 

Sedangkan data pengkapalan smartphone selama 2018, Samsung dan Apple tetap mengalami penurunan. Samsung turun 8 persen, sedangkan Apple turun 3,2 persen.

Menariknya, tiga produsen smartphone asal China mengalami peningkatan drastis. Data IDC ini mengungkap peningkatan drastis dialami Huawei dan Xiaomi.

Pengkapalan smarthone Huawei melejit di 2018 sebesar 33,6 persen. Disusul Xiaomi mengalami peningkatan hingga 32,2 persen di 2018.

Menyusul Oppo juga mengalami peningkatan sebesar 1,3 persen. Sayangnya data IDC ini tidak mengungkap berapa yang didapatkan Vivo.

Walau demikian, Samsung masih menguasai pasar smartphone dunia hingga 20,8 persen. Disusul Apple dengan 14,9 persen.

Data IDC pengkapalan smartphone 2018. (IDC/Gizchina)
Data IDC pengkapalan smartphone 2018. (IDC/Gizchina)

 

Peringkat ketiga, Huawei hampir saja menyusul Apple dengan pangsa pasar 14,7 persen. Lalu Xiaomi menguasai 8,7 persen pasar smartphone dunia.

Oppo tidak mau ketinggalan, dengan menguasai pasar hingga 8,1 persen. Vivo harus bergabung dengan smartphone lainnya yang tidak dimuat dalam daftar ini.

Data IDC ini memang bukan penjualan, melainkan pengkapalan smartphone. Alias pengiriman smartphone dari pabrik ke berbagai negara.

Namun data IDC ini bisa untuk memetakan pasar smartphone dunia saat ini. Samsung dan Apple memang menguasai, namun mengalami penurunan. Sedangkan Huawei dan Xiaomi siap mengambil alih posisi puncak.

Berita Terkait