Gadget

Duel Smartphone Kamera Canggih, Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9

Performa, material, kamera, hingga rasa flagship yang kental.

Agung Pratnyawan

Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)
Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Jika punya budget lebih, namun belum cukup beli flagship pasti bakal mempertimbangkan dua smartphone ini. Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9.

Kehadiran Samsung Galaxy A9 membuat kaget banyak orang. Terutama pada empat kamera utama yang digunakannya. Belum ada smartphone yang cukup gila mengusung konsep ini.

Membuat Samsung Galaxy A9 sebagai smartphone pertama dengan empat kamera utama. Namun kelebihan smartphone Samsung ini bukan cuma di kameranya.

Di waktu berdekatan, muncul juga Oppo R17 Pro. Smartphone Oppo yang dihadirkan dengan teknologi kamera utama canggih.

Kamera utama Oppo R17 Pro memang cuma tiga, tapi kamera ketiga ini punya keunggulan lain. Kamera TOF 3D stereo ini untuk membantu untuk augmented reality.

Keunggulan smartphone Oppo ini bukan cuma di kamera utamanya juga. Masih banyak hal menarik dari Oppo R17 Pro yang punya penampilan cantik ini.

Mari kita bandingkan duel smartphone cantik yang punya kamera canggih ini. Antara Oppo R17 Pro vs Galaxy A9 mana yang lebih layak dipinang?

Dapur Pacu

Chipset Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)
Chipset Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)

 

Oppo R17 Pro mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 710, sedangkan Samsung Galaxy A9 memakai Snapdragon 660. Dari chipset yang dipakainya ini sudah jelas mana pemenangnya.

Untuk urusan performa, Oppo R17 Pro bakal lebih garang. Mengingat chipset yang diusungnya beda kelas. Dan Snapdragon 710 sudah memakai fabrikasi 10 nm.

Begitu juga untuk bermain game-game berat. GPU Adreno 616 di Oppo R17 Pro jelas lebih ngebut dari Adreno 512 di Samsung Galaxy A9.

Memori

ColorOS 5.2. (Oppo)
ColorOS 5.2. (Oppo)

 

Keua smartphone ini tersedia dalam pilihan RAM 6 GB dan 8 GB. Tinggal pilih sesuai kebutuhan kamu memakai aplikasi. Versi RAM 6 GB mungkin saat ini sudah cukup.

Untuk memori internal, Oppo R17 Pro hanya tersedia versi 128 GB saja. Samsung Galaxy A9 tersedia pilihan 64 Gb dan 128 GB, namun lebih direkomendasikan 128 GB.

Keduanya masih mendukung slot micro SD, namun pada Oppo R17 Pro bersifat hybrid yang memakai slot SIM 2. Sedangkan Samsung Galaxy A9 sudah dedicated.

Sehingga pengguna Samsung A9 tetap bisa memakai dua kartu SIM, dan tetap memakai micro SD. Lebih kerennya, slot ini mendukung hingga 512 GB.

Layar

Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)
Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)

 

Smartphone Oppo R17 Pro memakai AMOLED 6,4 inci dengan kerapatan piksel 402 ppi. Layar ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6.

Sedangkan smartphone Samsung Galaxy A9 memakai layar Super AMOLED 6,3 inci dengan kerapatan piksel 393 ppi. Tidak diketahui, perlindungan layarnya memakai apa.

Yang cukup berbeda jelas di penampilannya, Samsung Galaxy A9 tidak memakai poni. Sedangkan Oppo R17 Pro berisikan poni mungil model teardrop.

Karena model poni ini, membuat resolusi layarnya sedikit berbeda. Oppo R17 Pro memiliki resolusi 1080 x 2340 dengan rasio 19,5:9.

Sedangkan Samsung Galaxy A9 tanpa poni memiliki resolusi 1080 x 2220 piksel dengan rasio 18,5:9. Poni membuat Oppo R17 Pro nampak lebih memanjang.

Dengan layar yang penuh atas bawah, nampak Oppo R17 Pro lebih cantik. Sedangkan Samsung Galaxy A9 nampak lebih kokoh dengan bentuk kotaknya.

Kamera Utama

Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)
Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)

 

Kamera utama Samsung Galaxy A9 yang berjumlah banyak ini memang jadi jualan utamanya. Empat kamera ini juga punya fungsinya masing-masing.

24 MP f/1.7 dengan lensa wide, 8 MP f/2.4 dengan lensa ultrawide, 10 MP f/2.4 dengan lensa telepohot, dan 5 MP f/2.2 sebagai depth sensor.

Apakah banyak kamera ini membuat hasil fotonya lebih bagus? Ternyata tidak. Banyaknya kamera memberikan opsi lebih pada varian jangkauan foto.

Kamera utama Samsung Galaxy A9. (Samsung)
Kamera utama Samsung Galaxy A9. (Samsung)

 

Sehingga pengguna Samsung Galaxy A9 lebih punya bayak pilihan ketika mengambil foto. Mau lebih luas, tak harus mundur. Mau lebih dekat tak harus maju.

Berbeda dengan Oppo R7 Pro yang memakai tiga kamera, 12 MP f/1.5 - 2.4, 20 MP f/2.6, dan TOF 3D stereo camera yang sangat membantu.

Untuk kamera 12 MP dengan lensa wide ini memiliki bukaan aperture yang f/1.5 dan f/2.4. Oppo akan secara otomatis memilihkan bukaan mana yang paling tepat untuk foto.

Kamera utama Oppo R17 Pro. (Oppo)
Kamera utama Oppo R17 Pro. (Oppo)

 

Oppo mengklaim keunggulan kamera miliknya ini adalah di kondisi kurang cahaya. Kamera Oppo R17 Pro masih bisa menghasilkan foto terang dengan noise rendah.

Tak hanya itu, Oppo nampaknya kerja keras untuk mewujudkan kamera yang memiliki fokus cepat dan akurat di Oppo R17 Pro ini.

Sedangkan kamera ketiga TOF 3D stereo ini dipakai untuk dukungan augmented reality. Sayangnya belum ada dukungan lebih lanjut mengenai pemakainan kamera ini.

Selain itu, Oppo R17 Pro juga memiliki Optical Image Strabilizer (OIS), fitur yang tidak ditemukan pada Samsung Galaxy A9.

Kamera Selfie

Kamera Selfie Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)
Kamera Selfie Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)

 

Soal urusan kamera selfie, Oppo adalah ahlinya. Kamera 25 MP f/2.0 dengan dukungan AI Beauty. Membuat kamu lebih cantik dan tampan dari aslinya.

Memang Samsung bukan produsen smartphone yan dikenal dengan fitur selfirnya. Namun untuk Samsung Galaxy A9 ini, disematkan kamera selfie 24 MP f/2.0.

Secara teknis, Samsung Galaxy A9 dan Oppo R17 Pro seimbang untuk kamera selfie. Namun dukungan AI Beauty milik Oppo sudah terkenal sejak dulu.

Kedua smartphone mendukung face unlock memakai kamera selfie di depan. Namun tetap menyediakan sensor sidik jari.

Baterai

Teknologi fast charging Super VOOC di Oppo R17 Pro. (Oppo)
Teknologi fast charging Super VOOC di Oppo R17 Pro. (Oppo)

 

Untuk urusan kapasitas baterai, keduanya memang mirip. Oppo R17 Pro berkapasitas 3.700 mAh, sedangkan Samsung Galaxy A9 memakai 3.800 mAh.

Yang membedakan adalah teknologi fast charging yang dipakai. Oppo R17 Pro memakai Super VOOC flash charger 10V/5A 50 watt yang sudah bawaan di paket penjualan.

Smartphone Oppo R17 pro ini juga memakai port USB type-c 3.1. Selain mendukung fast charging yang kencang, juga transfer data yang lebih baik.

Sedangkan Samsung A9 memang sudah memakai USB type-C, namun masih versi 2.0. Fast charging yang diusungnya pun terkesan biasa saja, kurang wah dibandingkan Oppo.

Ditambah, chipset Snapdragon 710 milik Oppo R17 sudah memakai fabrikasi 10 nm yang lebih hemat daya dari Snapdragon 660 14nm yang dipakai Samsung Galaxy A9.

Fitur Unik

In-Display Fingerprint di Oppo R17 Pro. (Oppo)
In-Display Fingerprint di Oppo R17 Pro. (Oppo)

 

Oppo R17 pro memiliki fitur sensor sidik jari di balik layarnya. Membuat body smartphone Oppo ini cukup bersih tanpa sensor sidik jadi di belakang.

Smartphone Oppo R17 Pro ini juga menawarkan warna gradasi yang mencolok dan tampil cantik. Senada dengan desain melengkung tanpa sudutnya.

Sedangkan smartphone Samsung Galaxy A9 menyediakan tiga pilihan warna, hitam, gradasi Bubblegum Pink, dan Lemonade Blue.

Sayangnya warna dari smartphone ini masih kalah mencolok dibandingkan Oppo R17 Pro. Samsung juga tidak banyak memberikan fitur unik lainnya di smartphone ini.

Harga

Harga Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (Erafon)
Harga Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (Erafone)

 

Di Indonesia, smartphone Oppo R17 Pro dijual seharga Rp 8.999.999 di berbagai marketplace online. Sedangakan Samsung Galaxy A9 dihargai Rp 7.999.999 saja.

Kedua harga ini untuk varian RAM 6 GB dan internal memori 128 GB. Lantas selisih satu juta Rupiah ini membuat Samsung Galaxy A9 lebih menarik?

Tentu tidak, Oppo R17 Pro menawarkan kelebihan di sisi lain yang tidak didapatkan Samsung Galaxy A9. Ya pasti karena punya harga lebih mahal.

Charging yang lebih kencang, desain yang lebih cantik, performa yang lebih tinggi membuat Oppo R17 Pro tak kalah menarik dari Samsung Galaxy A9.

Kesimpulan

Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)
Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9. (HiTekno.com)

 

Samsung Galaxy A9 memiliki keunggulan dalam fleksibilitas untuk mengambil foto berkat 4 kameranya. Dan memiliki harga yang lebih murah.

Oppo R17 Pro punya performa lebih tinggi dengan kamera yang dapat diandalkan segala kondisi. Walau lebih mahal, namun dibayar dengan dukungan fast charging ngebut.

Smartphone Samsung A9 lebih cocok untuk kamu yang pingin smartphone handal di harga segini, namun tidak mau ribet soal garansi dan flash sale.

Oppo R17 Pro. (Oppo)
Oppo R17 Pro. (Oppo)

 

Sedangkan smartphone Oppo R17 Pro cocok untuk yang menginginkan flagship, namun duit kurang. Performa, material, dan desain Oppo R17 Pro ini sudah cukup flagship.

Itulah tadi perbandingan smartphone Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9 dari berbagai sisinya. Mana yang jadi pilihanmu?

Berita Terkait