Gadget

Dengan iOS 12, Kini Google Maps Bisa Dipakai di Apple CarPlay

Setelah Google Maps bakal nyusul Waze, yang sama-sama punya Google.

Agung Pratnyawan

Apple CarPlay. (Apple)
Apple CarPlay. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah merilis iOS 12 secar resmi, dari update ini mendukung peta digital sistem navigasi pihak ketiga seperti Google Maps.

Dengan hadirnya Google Maps di iOS 12 ini juga membuka peluang ke Apple CarPlay, sistem yang memungkinkan perangkat Apple terhubung dengan sistem di mobil.

Untuk dapat menggunakan Google Maps di Apple CarPlay, yang dibutuhkan adalah iPhone yang sudah memakai iOS 12. Aplikasi Google Maps sudah bisa didapatkan di Apple App Store.

Google Maps di Apple CarPlay. (GSM Arena)
Google Maps di Apple CarPlay. (GSM Arena)

 

Barulah menghubungkan iPhone ber-OS iOS 12 ini dengan Apple CarPlay di mobil. Barulah mobil bisa mendapatkan sistem navigasi Google Maps.

Kehadiran Google Maps ke Apple CarPlay ini bukan cuma memberikan pilihan peta digital yang lebih baik dari Apple Maps.

Karena selama ini pengguna Apple CarPlay terkungkung oleh Apple Maps yang dianggap kalah saing dari Google Maps.

Apple Maps di Apple CarPlay. (techcrunch)
Apple Maps di Apple CarPlay. (techcrunch)

 

Padahal pengguna Android Auto (pesaing Apple CarPlay), punya kebebasan memakai sistem navigasi dan peta digital. Tidak terbatas hanya Google Maps saja.

Namun sayangnya Google Maps di Apple CarPlay belum bisa terhubung dengan SIRI. Namun setidaknya sudah memiliki sitem voice search sendiri.

Ke depannya, Waze juga akan menyusul ke iOS 12. Ini akan membuat Apple CarPlay punya lebih banyak pilihan peta digital dan sistem navigasi.

Berita Terkait