Internet

Rilis 3D Globe Mode, Google Maps Bukan Lagi Pendukung Bumi Datar

Google Maps yakinkan Bumi Bulat, bukan datar.

Agung Pratnyawan

Google Maps 3D Globe Mode. (Google Maps).
Google Maps 3D Globe Mode. (Google Maps).

Hitekno.com - Google Maps baru saja memberikan update tentang dukungan 3D Globe Mode. Mode ini, bisa menampilkan bumi bulat. Bukan cuma bumi datar seperti selama ini.

Update baru ini berupa pembaruan antarmuka. Jika biasanya peta ditampilkan dalam bentuk dua dimensi (2D), kini bisa ditampilkan dalam tiga dimensi (3D).

Google mengungkap 3D Globe Mode memberikan perspektif yang lebih akurat soal bumi dalam bentuk bulat. Skala wilayah pun lebih presisi dalam 3D dibanding 2D.

Contohnya seperti Greenland yang tampak sebesar Afrika jika dalam 2D. Padahal ukuran keduanya sangatlah berbeda.

Update 3D Globe Mode ini diumumkan Google melalui akun Twitter resmi @googlemaps.

Dalam postingan di Teitter tersebut, Google Maps mendemonstrasikan bagaimana ukuran sebenarnya Greendland dibanding Afrika.

Perubahan fitur ini memang tidaklah signifikan dibanding update sebelum-sebelumnya. Namun dengan update ini, Google Maps tidak bisa dibilang sebagai pendukung Bumi Datar.

Sebelum ini memang peta Google Maps yang 2D sering dikaitkan dengan dukungan pada kelompok Bumi Datar. Namun kini tidak lagi, sudah ada mode 3D Globe Mode.

Untuk sementara Google Maps 3D Globe Mode baru tersedia untuk akses desktop bagi beberapa pengguna. Nantinya akan diperluas lagi.

Yang pasti, nantinya pilihan mode Bumi bulat dan Bumi datar ini juga hadir ke versi aplikasi mobile.

Berita Terkait