Gadget

Pakai watchOS 5, Apple Watch Series 4 Makin Cerdas dan Pengertian

Makin cerdas, Apple Watch bisa bedakan jatuh terpeleset dengan terjengkang.

Agung Pratnyawan

Apple Watch Series 4. (Apple)
Apple Watch Series 4. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah mengumumkan 4 produk barunya dalam event yang berlangsung pada 12 September 2018 (13 September 2018 dini hari WIB). Salah satu yang diperkenalkan adalah Apple Watch Series 4.

Apple Watch Series 4 ini diciptakan dengan beragam fitur baru. Namun yang paling mencolok adalah dukungannya pada monitoring detak jantung pengguna.

Fitur-fitur baru ini kebanyakan untuk menunjang pemantauan kesehatan pengguna. Bahkan Apple menyebutnya sebagai ''intelligent guardian for your health''

Apple Watch Series 4 sendiri hadir dalam dua ukuran yaitu 40 mm dan 44 mm. Tidak hanya ukuran yang berubah, namun juga luasan layar yang meningkat hingga 30 persen.

Apple Watch Series 4. (Apple)
Apple Watch Series 4. (Apple)

 

Selain itu, Apple menyematkan watchOS 5 yang bisa memberikan lebih banyak informasi. Termasuk user interface baru yang lebih detail dalam menampilkan informasi.

Perubahan lain adalah penggunaan chipset S4 yang berisi prosesor dual core 64 bit. Apple menglaim performanya meningkat dua kali lipat dari model sebelumnya.

Update lainnya adalah sensor, yaitu accelerometer dan gyroscope. Sensor ini bisa mendeteksi jika penggunanya terjatuh lalu melakukan panggilan darurat.

Sensor-sensor ini juga bisa membedakan tiga macam kondisi terjatuh dari penggunanya. Bisa membedakan mana jatuh terpeleset mana yang terjengkang.

Apple Watch Series 4 juga bisa melakukan panggilan darurat jika detak jantung pengguna terlalu lemah. Dari menghubungi orang terdekat hingga meminta bantuan tenaga medis.

Apple Watch Series 4. (Apple)
Apple Watch Series 4. (Apple)

 

Fitur baru yang ditambahkan adalah sensor electrocardiogram atau ECG. Yaitu sensor elektronik yang mendeteksi detak jantung lebih akurat.

Caranya, pengguna tinggal membuka aplikasi lalu menaruh ujung jarinya ke digital crown. Karena lokasi sensor ECG ini berada di digital crown tersebut.

Sensor ini akan mendeteksi kondisi detak jantung dengan mengkombinasikan data dari sensor detak jantung yang terletak di bawah Apple Watch Series 4.

Semua data ini bisa di analisa apakah terlalu rendah atau berlebihan. Dan semua datanya tersimpan dengan baik dan dapat dibagikan kepada dokter untuk diagnosa kesehatan.

Apple menjanjikan kalau data kesehatan ini baik di perangkat Apple Watch Series 4 maupun di cloud akan di-enkripsi untuk menjaga kerahasiaannya.

Soal daya tahan baterai, Apple Watch Series 4 ini kurang lebih sama dengan seri sebelumnya. Dapat bertahan sekitar 18 jam sehari untuk yang rutin melakukan latihan.

Apple Watch Series 4 hadir dalam dua varian, versi GPS dihargai 399 dolar AS atau sekitar Rp 5,9 jutaan dan versi seluler (GPS+LTE) dihargai 499 dolar AS atau sekitar Rp 7,4 jutaan.

Untuk warna, tersedia tiga pilihan: Silver, Gold dan Space Grey. Apple Watch Series 4 juga masih mendukung sistem strap dari seri-seri sebelumnya.

Pre-order Apple Watch Series 4 sudah mulai dibuka pada 14 September 2018 dan mulai tersedia barangnya pada 21 September 2018. Dan watchOS 5 sudah tersedia pada 21 September 2018. Tapi ini di Amerika Serikat sana.

Berita Terkait