Gadget

Pakai Aplikasi Ini Saat Mudik, Situasi Darurat Cepat Teratasi

Puncak arus mudik diperkiran tinggal 2 hari lagi. Dengan menggunakan aplikasi ini, situasi darurat yang dialami pemudik seperti kecelakaan atau laporan kriminal bisa cepat diatasi.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

sumber: poldasumbar.info
sumber: poldasumbar.info

Hitekno.com - Kementrian perhubungan (kemenhub) telah melakukan survei terkait dengan prediksi puncak arus mudik angkutan lebaran tahun 2018. Puncak arus mudik akan terjadi pada akhir pekan ini yakni 8-9 Juni 2018.

Dilansir dari suara.com, kecelakaan pada musim lebaran tahun 2016 sebanyak 4550 kejadian. Sedangkan pada tahun 2017 terjadi sebanyak 3168. Sebagai persiapan mudik, kita harus menyiapkan segala sesuatu terutama untuk menantisipasi keadaan darurat.

Banyak para pemudik ketika singgah di suatu daerah ketika dalam perjalanan mudik, tidak tahu apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi kecelakaan atau ada tindakan kriminal di depan pemudik.

Bagi pengguna android, pemudik dapat menginstal aplikasi Polisiku yang ada di Play Store. Aplikasi ini telah di install lebih dari 100 ribu pengguna. Ukurannya relatif kecil hanya 11 MB saja.

sumber: aplikasi polisiku

Sumber foto: aplikasi Polisiku

Fitur utama dan pendukung yang ada di aplikasi ini dapat membantu pemudik atau masyarakat yang sedang menghadapi situasi darurat. Fitur yang ada dalam aplikasi ini mencakup:

Tombol darurat untuk menghubungi polisi terdekat, informasi 10 alamat dan nomor telepon pos polisi terdekat, pelayanan SIM, laporan kehilangan, UGD hingga Pemadam Kebakaran.

sumber: aplikasi polisiku

Sumber foto: aplikasi polisiku

Ketika pemudik mengalami kecelakaan, maka pemudik tinggal menekan tombol bantuan darurat, sehingga nanti akan muncul 10 lokasi terdekat.

Apabila ingin menghungi polisi, tekan salah satu menu bar di kantor polisi terdekat.

Dengan menggunakan teknologi GPS polisi segera tahu keberadaan pengguna yang sedang menghubungi.

sumber: aplikasi polisiku

sumber: aplikasi Polisiku

Bagi yang membutuhkan ambulance, di aplikasi ini juga menyediakan 10 lokasi rumah sakit terdekat lho.

Kamu bisa pilih posisi alamat yang paling atas di menu UGD.

Setelah di telepon, maka ambulance di posisi paling dekat dengan pengguna bisa dengan cepat sampai di lokasi.

Yuk install aplikasi ini untuk memudahkan dan aman kamu saat mudik!

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

Berita Terkait