Ilmuwan Temukan Dua Virus yang Bergabung Jadi Jenis Hybrid, Bisa dengan Mudah Lolos dari Sistem Kekebalan

Ilmuwan untuk pertama kalinya menemukan bahwa virus dapat menyatu bersama di dalam sel manusia.

Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:54 WIB
Ilustrasi virus. (Pixabay)

Hitekno.com - Sebuah studi baru yang dilakukan oleh MRC-University of Glasgow Center for Virus Research untuk pertama kalinya menemukan bahwa virus dapat menyatu bersama di dalam sel manusia untuk menciptakan jenis patogen baru yang dapat menghindari sistem kekebalan tubuh manusia.

Para peneliti, mengungkap bahwa jenis virus ini bisa menginfeksi sel paru-paru manusia bersama dengan virus influenza A (IAV) dan virus syncytial pernapasan (RSV) dan menemukan bahwa alih-alih bersaing, mereka menyatu menjadi virus hibrida berbentukseperti pohon palem baru.

Baca Juga: - Dibekali Extended RAM, Cek Berapa Harga Vivo Y22 di Indonesia - Ubah Regional Pricing, Harga Game Steam di Indonesia Naik? - Cara Menambahkan Komentar di Microsoft Word, Mudah dan Cepat - ONIC Juara MPL Season 10, Fadil Jaidi Akui Puas - Melongo Lihat Cewek Lewat Jalan Ekstrem Ini, Netizen: Belok Kanan Beda Alam

Dilansir dari Russia Today, hibrida baru ini kemudian mampu menginfeksi sel-sel tetangga, meskipun ada antibodi terhadap influenza yang dimaksudkan untuk memblokir infeksi.

Para peneliti mengatakan bahwa antibodi masih menempel pada protein influenza di permukaan virus hibrida, tetapi virus hanya menggunakan protein RSV untuk menginfeksi sel paru-paru sebagai gantinya, mirip dengan 'kuda Troya'.

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Para peneliti sekarang mencoba mencari tahu apakah virus hibrida yang baru ditemukan ini berperan dalam memicu penyakit paru-paru yang sulit diobati dan berpotensi fatal yang dikenal sebagai pneumonia virus, yang biasanya diyakini disebabkan oleh influenza, RSV, dan virus corona.

Profesor Pablo Murcia, yang mengawasi penelitian, mengatakan bahwa apa yang diamati tim belum pernah dijelaskan sebelumnya.

"Kita berbicara tentang virus dari dua keluarga yang sama sekali berbeda yang bergabung bersama dengan genom protein eksternal dari kedua virus. Ini adalah patogen virus jenis baru," katanya.

Meskipun infeksi bersama pada manusia diyakini cukup umum, para peneliti mengatakan bahwa sebelum sekarang, ada sedikit atau tidak ada data tentang bagaimana virus bereaksi ketika mereka menemukan diri mereka di dalam sel yang sama.

Karena penelitian ini dilakukan menggunakan lapisan sel yang dikultur, para ilmuwan sekarang mencari untuk mempelajari apakah virus hibrida dapat terbentuk pada pasien yang sebenarnya dengan infeksi bersama.

"Kita perlu tahu apakah ini hanya terjadi dengan influenza dan RSV, atau apakah itu meluas ke kombinasi virus lain juga?" Murcia mengatakan.

Ia juga menambahkan bahwa dia percaya itu terjadi dan bahkan dapat meluas ke virus hewan juga.

"Ini hanyalah awal dari apa yang saya pikir akan menjadi perjalanan panjang, mudah-mudahan penemuan yang sangat menarik."