Sinergi Exabytes Indonesia dan EasyStore Targetkan 5.000 UMKM

Cek seperti apa kerja sama Exabytes Indonesia dan EasyStore untuk para UMKM ini.

Agung Pratnyawan
Rabu, 16 Agustus 2023 | 18:05 WIB
Kerja sama Exabytes Indonesia dan EasyStore. (Exabytes Indonesia)

Kerja sama Exabytes Indonesia dan EasyStore. (Exabytes Indonesia)

Hitekno.com - Exabytes Indonesia dan EasyStore telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengadakan program kemitraan dalam rangka mendukung pertumbuhan digital UMKM Indonesia.

Kolaborasi ini disepakati dalam sela-sela acara SME Digitalfest 2023 yang secara resmi dibuka oleh Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama antara Exabytes Indonesia dan EasyStore.

Baca Juga: Sejalan Program pemerintah, Exabytes Indonesia Aktif Siapkan Talenta Digital

Alan Kok, Chief Commercial Officer EasyStore, dan Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia, menandatangani MoU tersebut.

Disaksikan oleh Bapak Rulli Nuryanto, S.E, M.Si, Staf Ahli Menteri Ekonomi Makro Republik Indonesia, kerjasama ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengelola penjualan online dan offline melalui platform terpadu.

Bersama-sama, Exabytes Indonesia dan EasyStore berkomitmen untuk memperkuat lebih dari 5.000 UMKM Indonesia supaya tangguh secara digital dengan menawarkan solusi perdagangan terpadu all-in-one.

Baca Juga: Exabytes Indonesia Gelar Event UMKM Pesat Digital di Malang

Pendekatan inovatif ini memungkinkan UMKM untuk menjual di berbagai saluran secara bersamaan, termasuk situs ecommerce, marketplace, media sosial, dan POS (point-of-sale) untuk toko fisik, bazaar, dan lainnya.

Sebagai teknologi paling efisien dan ekonomis untuk meminimalkan kebutuhan perangkat lunak dan tenaga kerja manual, solusi ini disesuaikan dengan kebutuhan era digital kontemporer.

Inisiatif mereka juga termasuk menyelenggarakan serangkaian klinik pembinaan untuk mendidik dan membekali UMKM dengan teknologi, pengetahuan, dan keterampilan yang penting.

Baca Juga: Kolaborasi Exabytes dan Google: 7 Solusi Hemat Terlengkap untuk Bisnis UMKM

Dalam analisis data terbaru dari EasyStore, terjadi tren pertumbuhan yang menjanjikan untuk website dan saluran Point-of-Sale (POS) merchant dari EasyStore dan mencerminkan peningkatan Nilai Barang Dagangan Kotor (GMV) yang stabil dan sehat mulai awal tahun 2023.

Pertumbuhan yang konsisten ini menggarisbawahi kepercayaan masyarakat terhadap industri ritel secara digital dan menekankan peran penting EasyStore dalam menjembatani penjualan online dan offline. Di sisi lain, GMV di berbagai saluran e-niaga lainnya menunjukkan lebih banyak ketidakpastian, yang mencerminkan sifat dinamis pasar online. Tren ini menonjolkan pentingnya platform terpadu EasyStore dalam membantu UMKM menavigasi kompleksitas penjualan multi-saluran, dan menggarisbawahi ketepatan waktu dan relevansi kolaborasi dengan Exabytes Indonesia.

"Bentuk komitmen Exabytes Indonesia untuk mencapai target 5,000 UMKM lebih tangguh secara digital juga dengan meningkatkan kualitas produk dan layanannya bekerjasama dengan EasyStore. Dengan sinergi kemitraan antara Exabytes Indonesia dan EasyStore ini, kami berharap semakin memudahkan UMKM karena dapat mengelola penjualan dan pesanan toko online dari marketplace dan website hanya dalam satu platform saja," kata Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia.

"Kami juga berharap dapat mendukung 5.000 UMKM Indonesia, membimbing dan mengarahkan bisnis mereka menjadi lebih sukses dengan solusi digital yang ditawarkan dari EasyStore," tambah Yienyee Soh, Chief Relationship Officer EasyStore.

Acara "SME DigitalFest 2023" telah diselenggarakan pada tanggal 11 & 12 Agustus 2023 di Jakarta dengan tema "Building Resilient SMEs in the Digital Age", dengan peserta terlibat dengan 15 pembicara berkualitas dan dapat menikmati pengalaman berbelanja di 15 stand UMKM.

Acara juga diisi dengan sambutan dari Ir. Dini Hanggandari, M.Si - Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Ditjen Industri Kecil dan Menengah dan Aneka.

Kemeriahan selama dua hari tersebut diwarnai dengan hiburan yang meriah dan bincang-bincang yang berwawasan dari tokoh bisnis terkemuka seperti Nino Fernandez dan Jehian Panangian Sijabat.

Pertemuan sukses ini mencerminkan upaya bersama Exabytes Indonesia dan EasyStore untuk memajukan ekonomi digital Indonesia.

Berita Terkait
TERKINI

Apa saja yang baru dalam update WhatsApp ini?...

internet | 10:10 WIB

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB
Tampilkan lebih banyak