Kolaborasi Exabytes dan Google: 7 Solusi Hemat Terlengkap untuk Bisnis UMKM

Exabytes menyediakan layanan Google Workspace yang memiliki banyak solusi untuk bisnis UMKM.

Agung Pratnyawan
Rabu, 13 Juli 2022 | 11:47 WIB
Google Workspace. (Google)

Google Workspace. (Google)

Hitekno.com - Exabytes Indonesia menjalin kerja sama dengan Google dalam memberikan dukungan pada pemilik bisnis dan UMKM. Yakni dengan menyediakaan layanan Google Workspace sebagai solusi hemat namun lengkap bagi bisnis UMKM.

Berdasarkan data pelanggan Exabytes Indonesia, bahwa dari 47% total pelanggan yang merupakan pemilik bisnis atau UMKM, 38% di antaranya sudah mentransformasi bisnis mereka dari offline ke online.

Strategi digitalisasi ini diyakini dapat membantu meraih pertumbuhan yang positif pasca masa pandemi.

Baca Juga: Dukung Kemenkop RI Ciptakan UMKM Kekinian Mantap Digital, Youtap Hadikar Layanan Lengkap

Dibutuhkan alat terintegrasi yang membantu pelaku bisnis berkreasi, berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah dan aman, kapanpun dan dimanapun; pemilik usaha dapat lebih fokus dalam berinovasi, melayani pelanggan lebih baik dan tampil lebih profesional.

Menjawab hal tersebut, Exabytes Group kini menyediakan Google Workspace yang memiliki banyak solusi untuk bisnis UMKM.

Ada 7 solusi yang ditawarkan untuk membantu UMKM mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital dan cloud secara efektif sehingga dapat mengurangi biaya, mengoptimalkan proses, dan menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.

Baca Juga: Maksimalkan Dilayani Tokopedia, UMKM Lokal Tembus Pasar Nasional

Google Workspace. (Exabytes)
Google Workspace. (Exabytes)

1. Aplikasi Google Workspace Tersedia Di Mana Saja

Penting bagi para pelaku usaha UMKM atau pebisnis untuk lebih efektif lagi dalam menjalankan bisnisnya seperti memanfaatkan platform lengkap dan dapat diakses dari mana saja.

Semua aplikasi Google Workspace berbasis web, yang berarti tersedia di perangkat apa pun dengan browser web. File yang dikerjakan juga tersedia dalam jenis file populer yang dapat diiformat dan dibagikan kepada orang lain yang tidak menggunakan Google Workspace.

Baca Juga: Kebakaran Gedung Cyber 1, Exabytes Indonesia Pastikan Data Pelanggan Aman

2. Kebutuhan Email Akan Terpenuhi

Gmail telah menjadi standar industri selama bertahun-tahun, berkat fitur-fitur canggihnya serta perlindungan dan keamanan spam terbaik di kelasnya.

Akun Google Workspace memberikan pebisnis semua fitur terbaik Gmail. Label dengan mudah menjadi salah satu fitur Gmail paling berguna untuk bisnis.

Baca Juga: Industri Website Asia Tenggara Tumbuh Pesat, Exabytes Gelar WebFest.Asia

Gmail dapat menandai beberapa label untuk setiap pesan tanpa harus membuat folder baru. Ini memberikan banyak fleksibilitas dalam mengatur komunikasi dengan kolega bisnis untuk kelancaran usaha.

3. Proses Kolaborasi Menjadi Mudah

Google Docs, Google Sheets dan Google Slides (solusi presentasi) adalah aplikasi produktivitas yang mudah digunakan yang menawarkan banyak fungsi penting yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.

Lebih baik lagi, mereka menyediakan jalan mudah untuk kolaborasi karena pengerjaan ketiga aplikasi tersebut dapat dilakukan bersamaan.

Selain itu, Google Meet dan Google Chat menawarkan konferensi video dan pengiriman pesan sederhana yang dapat diikuti dengan sekali klik dan terintegrasi langsung beralih ke panggilan video dari Chat atau meningkatkan kolaborasi dokumen dengan terhubung melalui video – semuanya saling terkait sehingga dapat selalu terhubung dan berkolaborasi dalam konteks.

4. Simpan dan Berbagi File dengan Keamanan Kelas Bisnis

Google Workspace menyediakan fitur Google Drive sebagai pilihan penyimpanan fleksibel dan ruang yang cukup untuk menyimpan semua file yang akan akan dengan mudah dikelola.

File juga terjaga keamanannya karena dapat diatur dalam pemberian akses untuk pengguna lain mengunduh, memperbaharui atau bahkan membagikannya lagi ke pihak lain.

5. Perencanaan Bisnis Lebih Terorganisir

Bisnis yang terencana dan memiliki strategi yang matang sangat penting agar pemilik usaha dapat lebih fokus dan terarah. Dengan begitu, tujuan pengembangan bisnis akan dapat mencapai target yang telah ditentukan.

Fitur Google Calendar memberikan waktu lebih banyak bagi pebisnis untuk menjalankan perencanaan dengan kalender bersama yang terintergrasi dengan lancar dengan Gmail, Google Meet, Google Drive dan fitur lainnya.

Jadwal rapat dengan rekan bisnis atau brainstorming dengan tim menjadi lebih cepat diatur dalam satu tampilan dan dibagikan.

6. Dukungan Teknis 24/7

Dengan adanya kerjasama antara Exabytes Group dengan Google Cloud, maka tim teknologi lokal Exabytes selalu hadir 24/7 bagi para pengusaha atau pelaku bisnis yang memiliki kendala saat pengoperasian Google Workspace atau ingin memaksimalkan fitur-fitur bagi kelancaran bisnis.

7. Tersedianya Paket Ekonomis

Penting bagi para UMKM untuk memangkas biaya operasional atau memaksimalkan alat yang ada menjadi lebih efektif dan lengkap.

Exabytes Indonesia menyediakan tiga (3) paket Google Workspace mulai dari Rp 59.000/akun/bulan sudah termasuk gratis domain, 50 GB penyimpanan cadangan dengan aman, email bisnis kustom, 100 partisipan video meeting, keamanan kelas bisnis dan manajemen kontrol.

Berita Terkait
TERKINI
Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....
internet | 17:48 WIB
Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...
internet | 18:15 WIB
Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...
internet | 17:14 WIB
Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...
internet | 09:56 WIB
Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...
internet | 11:44 WIB
Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...
internet | 08:56 WIB
Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...
internet | 08:46 WIB
Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....
internet | 12:06 WIB
Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...
internet | 07:24 WIB
Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...
internet | 07:25 WIB
Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....
internet | 09:45 WIB
Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....
internet | 08:53 WIB
Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....
internet | 14:44 WIB
Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....
internet | 15:57 WIB
Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....
internet | 22:01 WIB
Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....
internet | 22:43 WIB
Indonesia Privacy and Security Summit 2023 ini,Grab Indonesia menghadirkanpelaku industri dan lembaga pemerintahan yang ...
internet | 08:39 WIB
Berikut ini agar semakin paham cara menjaga keamanan dokumen digital....
internet | 10:08 WIB
Tampilkan lebih banyak