Bagaimana Meningkatkan Skill SEO Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis

Skill SEO menjadi salah satu skill yang dibutuhkan di era digital seperti disampaikan Niagahoster.

Agung Pratnyawan
Rabu, 21 Juni 2023 | 19:55 WIB
Ilustrasi Strategi SEO Niagahoster. (Niagahoster)

Ilustrasi Strategi SEO Niagahoster. (Niagahoster)

Hitekno.com - Niagahoster dalam event Break Talk Niagahoster membagikan bagaimana pentingnya kemampuan analisis dan praktik website langsung dalam meningkatkan skill SEO atau search engine optimization.

Skill SEO menjadi salah satu skill yang dibutuhkan di era digital, tidak hanya bagi pebisnis namun bagi siapa pun yang membutuhkan online presence di internet. Bagi pemilik website terutama, pasti menginginkan websitenya berada di paling atas pencarian Google.

Mempelajari SEO bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan. Algoritma Google yang menjadi parameter SEO terus berubah, sehingga menuntut skill SEO untuk terus diperbarui seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Niagahoster Berikan Pembelajaran SEO dalam WordPress Insight

Algoritma Google di tahun 2010 masih mengizinkan website dengan domain blogspot.com dan wordpress.com merajai pencarian teratas mesin pencari, namun tentu hal tersebut sudah berbeda di tahun 2023 yang mengutamakan website dengan top level domain dan konten bermanfaat.

"Mendalami SEO berarti juga harus mau mengasah kemampuan analisis, karena kita perlu bisa menganalisa SEO dari website dan dari luar website, atau yang disebut on-page dan off-page. Cari tahu mengenai algoritma Google, apa yang berubah, bagaimana suatu website bisa naik atau turun, dan riset keyword," ujar Muhammad Ariffudin, Senior SEO Content Writer Niagahoster, dalam event Break Talk Niagahoster bertajuk "Level Up Your Skill with SEO Expert Insights", Selasa (20/6/2023).

Skill SEO juga penting dilengkapi dengan skill komunikasi untuk kebutuhan SEO off-page. SEO off-page berarti bekerjasama dengan website lain untuk mencantumkan backlink yang mengarah pada website yang dimiliki.

Baca Juga: Devcussion 12 Niagahoster: Pentingnya SEO untuk Web Developer

"SEO tidak hanya bisa dilakukan di website sendiri, atau on-page, tapi juga off-page, sehingga jangkauan website bisa lebih luas," lanjut pria yang akrab disapa Arif tersebut.

Pentingnya Praktik SEO dengan Website

Mempelajari dan mendalami SEO tidak akan cukup hanya dengan membaca artikel atau mengikuti kursus, dan tidak melakukan praktik langsung. Apalagi dengan SEO dan algoritma Google yang terus berkembang, skill SEO akan stagnan jika tanpa praktik.

Baca Juga: Pelajari Strategi SEO Terbaik untuk Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

"Medianya SEO adalah website, sehingga penting untuk praktik langsung SEO menggunakan website. Website itu bisa dilengkapi dengan konten sehingga bisa dipakai untuk mempelajari dasar-dasar dan cara kerja SEO dan algoritma Google, serta bagaimana agar website itu bisa terindex di Google," lanjut Arif.

Arif juga menceritakan awalnya terjun ke dunia SEO yang dimulai dari nol. "Memang harus praktik langsung dengan website. Sambil praktik juga membaca referensi dari internet, salah satu yang menyediakan banyak artikel mengenai SEO adalah blog Niagahoster. Jadi sebelum bergabung di Niagahoster, saya sudah mempelajari SEO dari blog Niagahoster," katanya.

Dari yang awalnya tidak mengerti apa-apa mengenai SEO, dengan praktik terus-menerus dan rajin membaca referensi tentang SEO, skillnya pun perlahan-lahan meningkat. Skill tersebut juga terus ia perbarui dan ia asah karena dunia SEO yang terus berkembang.

Baca Juga: Mengenal Pentingya SEO untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

Mengenali Website dan Diri Sendiri

Untuk bisa menempati pencarian teratas di Google, pemilik website harus memahami websitenya agar bisa menerapkan SEO yang paling tepat. Jika diperlukan, skill analisis juga dapat digunakan untuk menganalisa website kompetitor.

"Algoritma Google saat ini suka dengan konten-konten yang helpful dan membawa manfaat. Dari situ, analisa website sendiri dan tentukan konten seperti apa yang harus dicantumkan di sana. Ada banyak tahap SEO yang harus dilakukan, jadi lakukan satu demi satu. Pahami pelan-pelan, sedikit demi sedikit. Karena SEO itu bukan pekerjaan yang bisa selesai dalam satu hari, melainkan terus-menerus tanpa henti," jelas Arif.

SEO, lanjutnya, juga bukan merupakan ilmu eksak yang pasti. Jika satu metode tidak berhasil, maka masih banyak cara lain yang bisa dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan website. Lengkapi dengan membaca banyak referensi dan mengikuti webinar atau kursus seperti yang diadakan oleh Niagahoster.

"Selain itu, kita juga harus mengenali diri kita sendiri. Apa yang mampu kita lakukan. Misal bisanya nulis, maka terapkan SEO on-page dengan sebaik mungkin. SEO sangat luas, jadi kenali diri sendiri maunya belajar SEO yang sebelah mana," tutupnya.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak