Internet

Mengenal Pentingya SEO untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah trik atau teknik untuk menaikkan website ranking di mesin pencari, khususnya Google.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

Hitekno.com - Semua pebisnis pasti punya keinginan untuk maju, termasuk bisnis online yang dimudahkan dari sisi marketingnya. Karena itu, mereka selalu memanfaatkan platform apapun di internet untuk mengiklankan produk mereka. Media sosial, blog, website adalah salah satu platform yang saat ini sering dipakai mereka. 

Tapi tahukah Anda bahwa go online saja belum cukup untuk membantu Anda menjual produk-produk Anda. Banyak orang yang sudah menggunakan website tapi kecewa karena tidak menaikkan penjualan. 

Di sinilah Anda perlu mengenal teknik SEO. Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah trik atau teknik untuk menaikkan website ranking di mesin pencari, khususnya Google. Ketika website bisnis Anda berada di halaman pertama teratas mesin pencari google maka pengunjung toko online Anda semakin banyak. Dan ketika website Anda banyak dikunjungi oleh orang maka kemungkinan penjualan produkpun besar. 

Teknik SEO sangat membantu khususnya para pebisnis pemula. Ketika Anda ingin mengoptimasi website agar muncul di halaman 1 google maka Anda harus memiliki kemampuan SEO. Nah berikut ini adalah panduan sederhana untuk belajar SEO yang perlu Anda kenal.

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)

 

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Riset kata kunci sangat penting dan menentukan. Dengan riset kata kunci Anda akan tahu bagaimana dan di mana pasar dari bisnis Anda. Untuk pemula biasanya mencari kata kunci yang rendah persaingan. Atau, Anda bisa menargetkan kata kunci tiap kota karena produk Anda bisa dikirim ke manapun. 

2. On Page

On page adalah struktur konten di website Anda sendiri. Ibaratnya, on page ini adalah kerangka. Di dalam on page, Anda harus pandai memilah dan milih kata kunci. Anda harus menentukan mana yang akan menjadi kategori, subkategori, produk, blog dan lain-lain. Termasuk dalam menulis konten juga harus berkualitas agar on page Anda kuat. Ketika onpage Anda sudah matang, Anda bisa menuju proses selanjutnya yaitu link building. 

3. Off Page/Link Building

Link building atau biasa disebut backlink adalah salah satu syarat penting dalam SEO. Backlink adalah link suatu website menuju website lain. Fungsinya adalah untuk merekomendasi. Namun website yang merekomendasi harus memiliki otoritas yang besar agar meyakinkan. Mudahnya begini, ketika Anda mendengar penjelasan tentang cuaca Anda lebih percaya pendapat para ahli klimatologi atau pendapat orang awam? Tentu pendapat klimatogoli, bukan? Sama halnya backlink. Jika backlink Anda tidak berkualitas maka tidak akan membantu optimasi.

Nah, Anda harus membuat backlink yang senatural mungkin. Dan yang paling penting adalah TERSTRUKTUR. Itulah link building. Maksudnya, backlink Anda dibangun dengan sistematis. 

Anda bisa menggunakan backlink secara gratis melalui blog gratisan seperti wordpress, blogspot, weebly, LinkedIn. Tapi saat ini jika Anda malas untuk membangun link building, ada perusahaan yang siap untuk membantu. Anda tinggal minta bantuan mereka. 

Kesimpulan

Banyak sekali manfaat SEO untuk bisnis. Tidak ada alasan untuk tidak memakai SEO untuk website Anda karena di luar sana kompetitor Anda telah menggunakan teknik ini. 

Namun untuk bisa mulai mempraktikkan SEO Anda harus memiliki website lebih dulu. Itu pasti. Kalau tidak punya website lalu apa yang akan dioptimasi? Saat ini banyak sekali perusahaan web hosting yang menawarkan pilihan domain dan hosting murah. Salah satunya adalah niagahoster. Niagahoster adalah salah satu perusahaan yang bisa membantu Anda untuk mempermudah optimasi. Sebab, perusahaan ini mendukung website Anda agar tampil secara cepat dengan menggunakan fitur LiteSpeed dan WordPress Accelerator.

Berita Terkait