RSCM Ungkap Kondisi Terkini Fajri, Pasien Obesitas 300 Kg

Muhammad Fajri, pasien obesitas dengat berat badan 300 kg yang sedang dalam penanganan dokter RSCM.

Agung Pratnyawan
Rabu, 14 Juni 2023 | 14:31 WIB
Muhammad Fajri pria obesitas yang memiliki bobot tubuh 300 kilogram dievakuasi menggunakan forklift. (Ist)

Muhammad Fajri pria obesitas yang memiliki bobot tubuh 300 kilogram dievakuasi menggunakan forklift. (Ist)

Hitekno.com - Muhammad Fajri sosok pria 26 tahun yang mengalami obesitas dengan berat badan hingga 300 kg kini sedang dalam penangan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Diwartakan Suara.com, kini pasien obesitas dengan berat badan 300 kg tersebut telah lima hari dirawat di ruang ICU RSCM.

Dirut RSCM dr. Lies Dina Liastuti, Sp.JP(K)., mengungkapkan kalau kondisi terkini Muhammad Fajri yang mulai stabil kembali.

Baca Juga: Gunakan Kalkulator BMI Online, Ketahui Berat Badan Ideal Kamu

Sejak awal dirujuk ke RSCM oleh Dinas Kesehatan Tangerang pada 9 Juni lalu, dokter Lies mengatakan kalau kondisi Fajri memang sudah memerlukan penanganan lebih lanjut.

"Kondisi pasien masih memerlukan banyak sekali pemeriksaan dan juga penanganan dari tim multidisplin kami," ungkapnya saat konferensi pers di RSCM, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Lantaran bobot Fajri yang sangat besar, pihak rumah sakit tidak bisa memakai ruang perawatan yang biasa. Sehingga dibuatkan ruangan khusus yang hanya diisi oleh pasien tersebut. Alat-alat medis yang digunakan juga harus disesuaikan dengan bentuk tubuhnya.

Baca Juga: 4 Situs Kalkulator Berat Badan Ideal, Tersedia untuk Pria dan Wanita

Dokter Lies mengungkapkan kalau berat badan Fajri tidak bisa dihitung secara akurat. Karena tidak ada timbangan yang bisa digunakan.

"Yang kita terima dengan berat estimasi, pertama kita terima estimasi 260 kilogram. Kita memang harus ukur secara aktual, tapi timbangan untuk itu gak ada, ada timbangan maksimal beratnya adalah 150 kilo," tambah dokter Lies.

"Kalau bisa dibayangkan pasien itu tidur telentang dari ujung ke ujung lebarnya 1,7 meter. Jadi memang besat sekali," tambahnya.

Baca Juga: Cara Baru, Menurunkan Berat Badan Bisa dengan Main Game

Selama di ICU, Fajri ditangani oleh belasan dokter dari berbagai spesialis. Di antaranya anestesiologi dan perawatan intensif, respirologi, endokrin-metabolik, gastro-enterologi, kardiologi, ilmu penyakit dalam, bedah digestif, bedah vaskuler, urologi, neurologi, psikiatri, dermatologi vermatologi, rehabilitasi medik, gizi klinik, hingga perawat.

Berikut sederat kondisi pasien obesitas Fajri saat ini yang diungkap tim medis RSCM:

1. Sesak napas

Baca Juga: Main Pokemon Go Selama Satu Tahun, Pria Ini Kehilangan Berat Badan 63 Kg

Dokter Lies mengungkapkan kalau Fajri jadi pasien obesitas luar biasa yang ditangani oleh RSCM. Kondisinya lebih parah dari pasien sebelumnya. Sejak awal kedatangan, pasien sudah dalam kondisi sesak napas akibat gangguan fu gsi jantung dan paru-paru akibat kelebihan berat badan.

2. Tidak bisa tidur telentang

Fajri sempat alami penurunan kondisi saat dirawat di ruang ICU RSCM. Dokter ICU RSCM Dr. Sidharta Kusuma Manggala, Sp.An-KIC., menjelaskan kalau kondisi pasien sidah cukup berat akibat sistem imun menurun dan terjadi beberapa infeksi.

Selain itu, pasien juga tidak bisa tidur telentang. Dokter Arta menjelaskan kalau kondisi tersebut menandakan ada masalah di patu dan jantung pasien.

Setelah dirawat dengan sejumlah alat bantu, kondisi pasien kini perlahan stabil. Fokus dokter saat ini bagaimana menjaga kestabilan pasien juga mencari penyebab kegemukan yang dialaminya.

3. Makan lewat selang

Kondisinya yang sempat menurun juga membuat pasien terkadang kehilangan kesadaran akibat mengantuk. Dokter pun memutuskan untuk memberinya makan lewat selang infus.

4. Alami infeksi kulit

Pasien sempat alami infeksi kulit yang sampai mengeluarkan nanah pada benerapa area tubuhnya. Dalam tiga hari terakhir, kondisi kulitnya telah membaik. tp 3 hari terakhir sudah perbaikan.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Eliza Miranda, Sp.KK., mengungkapkan kalau pasien kebanyakan alami luka di kulit bagian paha dan bokong.

"Mungkin karena posisi tidur dalam posisi lama. Juga kaki kanan membesar akibat dari sumbatan, penyebabnya sedang kita cari," ujarnya.

5. Gangguan hormon

Pemeriksaan sementara ditemukan kalau Fajri alami gangguan hormon tiroid yang sangat rendah. Namun dokter RSCM belum bisa memastikan apakah kondisi tersebut yang membuatnya jadi sangat obesitas.

Itulah kondisi terkini Muhammad Fajri, pasien obesitas dengat berat badan 300 kg yang sedang dalam penanganan dokter RSCM. (Suara.com/ Lilis Varwati)

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak