Dukungan Huawei pada Percepatan Pengembangan Smart City di Indonesia

CEO Huawei Indonesia mengatakan membangun kota yang cerdas dapat membangun landasan yang kokoh bagismart societymenuju perwujudan penting dari daya saing inti sebuah kota.

Agung Pratnyawan
Rabu, 31 Mei 2023 | 07:44 WIB
Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia (kiri) bersama Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara. (Huawei)

Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia (kiri) bersama Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara. (Huawei)

Hitekno.com - Huawei mengambil langkah proaktif dalam memberikan dukungan pada pengembangan Smart City di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam gelaran Indonesia-China Smart City ology and Investment Expo 2023.

Gelaran Indonesia-China Smart City ology and Investment Expo 2023 diselenggarakan dalam rangka memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-China.

Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut diresmikan oleh Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi /Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Gelaran ini bertujuan untuk mendukung pemerintah Indonesia menuju "Gerakan 100 Smart Cities " dan pembangunan ibu kota baru Nusantara (IKN) dan Kota Hutan Lestari.

Baca Juga: Mulai Dipasarkan, Segini Harga Huawei Watch 4 dan Watch 4 Pro

Dalam sambutannya pada hari kedua acara, Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara menyambut baik kerja sama erat antara perusahaan Indonesia dan Tiongkok di masa depan untuk mengatasi tantangan perkotaan utama, terutama dalam menyediakan energi terbarukan, memastikan pasokan makanan, dan meningkatkan kesehatan masyarakat, untuk penduduk Indonesia yang diperkirakan akan mencapai lebih dari 300 juta pada tahun 2030.

"Oleh karena itu, pembangunan Ibu Kota Baru dan smart cities bagi Indonesia merupakan suatu keharusan untuk mengatasi permasalahan perkotaan yang mungkin timbul. Kita harus mencari solusi yang dapat membantu kita mengatasi tantangan utama seputar masalah energi, pangan, dan kesehatan. Dalam kaitan itu, kami tentu menyambut baik kerja sama yang saling menguntungkan dengan sektor swasta dan mitra internasional," kata Erick.

Sementara itu, Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia mengapresiasi komitmen pemerintah Indonesia untuk membangun kota pintar di seluruh nusantara.

Baca Juga: Deretan Fitur Huawei MatePad 11 2023 untuk Pekerja Dan Pelajar

Guo Hailong mengatakan bahwa membangun kota yang cerdas dapat membangun landasan yang kokoh bagi smart society menuju perwujudan penting dari daya saing inti sebuah kota. Saat ini, pengembangan smart city menjadi langkah penting dalam peningkatan kualitas kota.

Semakin banyak kalangan pemerintahan berharap untuk mencapai tata kelola kota yang efisien di satu sisi dan mendorong pengembangan industri digital di kota-kota, memberikan dorongan baru untuk peningkatan industri tradisional melalui pembangunan kota pintar.

Sembari berbagi keahlian dan pengalaman Huawei dalam mendukung pengembangan kota-kota berteknologi tinggi di seluruh dunia, termasuk di Shenzhen, China, Guo Hailong juga menyampaikan beberapa faktor utama untuk memastikan percepatan pembangunan kota cerdas.

Baca Juga: Smartwatch Terjangkau, Cek Apa Kelebihan Huawei Band 8

Ia menggarisbawahi peran utama pemerintah untuk memimpin transformasi masyarakat agar lebih adaptif terhadap perubahan dan siap berderap dalam membangun smart city.

Ia juga mencontohkan, pembangunan smart city juga harus berbasis ekonomi sehingga dapat meningkatkan vitalitas ekonomi kota dengan model yang sesuai untuk masing-masing kota. Selain itu, perumusan rencana yang sistematis dan pembangunan sistem kapabilitas kota pintar yang lengkap di berbagai tingkatan juga menjadi kebutuhan.

"Secara keseluruhan, kolaborasi multisektoral perlu dibangun untuk mencapai pembangunan kota pintar yang berkelanjutan," tegas Guo Hailong.

Baca Juga: Resmi Masuk ke Indonesia, Harga Huawei Band 8 Dibanderol Rp 500 Ribuan

"Huawei Indonesia telah lama berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam inovasi dan pengembangan di Indonesia, pendukung Digital Indonesia, kontributor ekosistem industri, dan praktisi tanggung jawab sosial. Kami bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk mencapai tujuan tata kelola yang baik, bermanfaat bagi masyarakat, dan mengembangkan industri, serta bekerja sama dengan pemerintah, industri, dan ekologi untuk menggambar lingkaran konsentris pengembangan smart city," tambahnya.

Di acara tersebut, Huawei juga menggelar pameran teknologi terbarunya di paviliun Huawei, termasuk Smart City Ecosystem, Smart Transportation, dan Smart Home.

Komitmen perusahaan untuk pengembangan Smart Cities di Indonesia merupakan bagian dari rencana kerja sama dalam kerangka Global Maritime Fulcrum dan Belt and Road Initiative untuk memperluas dan memperdalam kerja sama bilateral lebih lanjut di bidang ekonomi digital, pendidikan, pertanian, pembiayaan infrastruktur, di antara lain yang lain.

Kontribusi Huawei terhadap pengembangan Smart City di Indonesia tidak diragukan lagi akan membantu Indonesia mencapai tujuannya untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan sejahtera.

Selama lebih dari 23 tahun, Huawei konsisten dengan komitmen berkelanjutannya, 'Huawei I DO', salah satunya adalah terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa.

Sebagai bagian dari komitmen "I Do" Collaborate untuk bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan guna memperkuat ekosistem digital di Indonesia, Huawei berbagi pengalaman dan keahliannya dalam berbagai teknologi TIK mutakhir dengan lebih banyak orang untuk memastikan Indonesia terus berjalan di jalur yang aman dalam percepatan digitalisasi yang saat ini sedang berlangsung di berbagai aspek kehidupan.

Penguatan ekosistem digital terutama dilakukan oleh Huawei melalui program penyiapan 100 ribu talenta digital Indonesia dalam waktu 5 tahun dan kini telah menjangkau lebih dari 80 ribu penerima manfaat.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak