Manfaat Digital Marketing dalam Memulai Bisnis Jasa

Bagaimana memanfaatkan digital marketing dalam memulai bisnis jasa.

Agung Pratnyawan
Minggu, 14 Mei 2023 | 16:46 WIB
Ilustrasi digital marketing. (Niagahoster)

Ilustrasi digital marketing. (Niagahoster)

Hitekno.com - Niagahoster menyampaikan kalau digital marketing tidak hanya bermanfaat dalam memulai bisnis produk saja. Namun juga dalam bisnis jasa yang bisa memanfaatkan digital marketing.

Berakhirnya darurat pandemi Covid-19 pada 5 Mei 2023 seperti yang diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), semakin membangkitkan geliat kegiatan di Indonesia. Termasuk geliat bisnis yang semakin membara.

Bisnis-bisnis baru semakin banyak bermunculan dan bisnis lama pun semakin berkembang di tahun 2023 dengan memadukan pemasaran online dan offline yang berhasil bagi beberapa bisnis untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Niagahoster: UMKM Harus Mengasah Kemampuan Digital Marketing

Melihat hal tersebut, menggerakkan beberapa orang ingin mencoba peruntungan membangun bisnis mereka sendiri.

"Pebisnis harus pintar-pintar melihat peluang bisnis untuk tahun 2023 yang menekankan pada modal yang rendah namun memiliki peluang untuk mengantongi untung besar," ujar Cemara Disa Winanda, Creative Campaign Manager Niagahoster.

Salah satu pilihan bisnis yang patut dicoba adalah membuka bisnis jasa. Terutama jika pebisnis memiliki keahlian khusus namun terkendala modal yang terbatas.

Baca Juga: WordPress Insight Niagahoster, WooCommerce Permudah Buat Toko Online

Dikutip dari blog Niagahoster, bisnis jasa memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan. Tentunya, pebisnis pun harus pintar dalam memilih jenis bisnis jasa yang tepat.

Ilustrasi digital marketing. (Niagahoster)
Ilustrasi digital marketing. (Niagahoster)

Membangun Bisnis Jasa dengan Modal Minim

Bisnis jasa menjual sebuah layanan. Sehingga berbeda dengan bisnis yang menjual barang fisik, usaha jasa tidak melibatkan adanya pembelian barang dan tidak memerlukan lokasi penyimpanan stok barang. Nilai yang ditawarkan bisnis jasa tidak dapat dilihat, namun dapat dirasakan.

Baca Juga: Niagahoster: Pentingnya Memperhatikan Keamanan Digital

Beberapa bisnis jasa dapat dilakukan dengan modal yang minim, bahkan tanpa modal sama sekali. Hal tersebut tergantung pada keahlian atau jenis bisnis yang dipilih, serta skala bisnis jasa yang akan dibangun.

Jika sudah menentukan jenis dan skala bisnis jasa yang akan dibangun sesuai dengan kemampuan, pebisnis dapat menambah skill dengan mengikuti kursus selagi membangun bisnis dari nol atau bahkan sebelum memulai.

Banyak pihak yang menyediakan kursus secara gratis, salah satunya adalah perusahaan web hosting Niagahoster yang mengadakan event-event dan development program dengan topik mengenai website dan digital marketing yang tidak dipungut biaya. Tentunya, sertifikat kursus akan semakin membuat pelanggan percaya pada bisnis jasanya.

Baca Juga: Niagahoster x KiriminAja Dorong Pebisnis Memaksimalkan Digital Marketing

Bisnis Jasa Memanfaatkan Kebutuhan Digital Marketing

Dengan digital marketing yang amat dibutuhkan di kalangan pebisnis saat ini, bisnis jasa pun dapat mengambil kesempatan sesuai kebutuhan digital marketing yang sedang besar.

Beberapa peluangnya antara lain adalah bisnis jasa pembuatan website, jasa SEO, jasa riset pemasaran, jasa penulisan artikel, hingga jasa edit foto.

Bisnis jasa pembuatan website, misalnya, yang dinilai menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan. Pasalnya, Indonesia memiliki 204,7 juta pengguna aktif internet dan akan terus bertumbuh hingga diperkirakan menyentuh angka 239 juta pengguna pada tahun 2026. Jasa pembuatan website pun membantu pebisnis untuk mengembangkan usaha mereka ke jangkauan pasar yang lebih luas.

"Bisnis jasa pembuatan website itu memiliki tanggung jawab. Bukan sekadar memanfaatkan peluang untuk mencapai profit besar, tapi yang paling penting justru adalah misi untuk mengedukasi sektor bisnis di Indonesia agar dapat memanfaatkan platform digital, salah satunya website, dengan lebih maksimal," ujar Bijak Fajar Putranto, Head of Niagaweb.

Jasa SEO juga memiliki pangsa market yang semakin luas. Dilansir dari blog Niagahoster, nilai pasar agensi atau jasa SEO secara global terus meningkat hingga menembus lebih dari USD 40 miliar pada tahun lalu.

Kebutuhan akan layanan ini muncul karena persaingan antar website untuk bisa masuk ke halaman pencarian Google yang semakin ketat.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak