CEK FAKTA: Viral Surya Paloh Merapat ke PDIP dan Dukung Ganjar Pranowo, Benarkah?

CEK FAKTA terkait kabar viral Surya Paloh dan Nasdem merapat ke PDIP.

Rezza Dwi Rachmanta
Selasa, 02 Mei 2023 | 16:19 WIB
Foto Ganjar Pranowo saat jadi gubernur. (TikTok/ @ganjarpranowofc)

Foto Ganjar Pranowo saat jadi gubernur. (TikTok/ @ganjarpranowofc)

Hitekno.com - Terdapat kabar viral di media sosial terkait Surya Paloh dan Nasdem yang mendukung Ganjar Pranowo untuk memenangkan Pilpres 2024. Terdapat narasi mengenai "Nasdem Resmi Merapat ke PDIP" sehingga menghebohkan publik.

Postingan video viral tersebut lantas dikomentari oleh ribuan netizen. Akun TikTok Media Firal mengungkap serta mengklaim bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh secara resmi mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Terdapat potongan video disertai teks 'Nasdem Resmi Merapat ke PDIP' dan teks lain tertulis 'Partai Nasdem Resmi Dukung Ganjar Pranowo'.

Baca Juga: Dukung Multi Perangkat, Satu Akun WhatsApp Kini Bisa untuk Beberapa HP Sekaligus

Selain itu pada keterangan tertulisnya, akun Media Firal juga menuliskan 'Partai Nasdem resmi dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024'.

Video itu pun telah mendapat 14.6 ribu suka dan dikomentari lebih dari 4.5 ribu pengguna TikTok secara beragam.

Kolase Ganjar Pranowo dan Surya Paloh (YouTube PDI Perjuangan/ TikTok @media_firal01)
Kolase Ganjar Pranowo dan Surya Paloh (YouTube PDI Perjuangan/ TikTok @media_firal01)

Lantas benarkah Surya Paloh tinggalkan Anies Baswedan begitu saja dan mulai beri dukungan pada Ganjar Pranowo?

Baca Juga: Daftar Kode Cheat DOOM Eternal Terbaru, Lengkap cara Pakainya

CEK FAKTA

Dikutip dari Suara.com, setelah isi video berdurasi 46 detik itu diputar, terlihat potongan video saat Surya Paloh menyampaikan rekomendasi nama calon presiden Republik Indonesia.

Dalam video, saat Surya Paloh akan menyebutkan nama tokoh, terjadi potongan video di detik 33 dan sambungan kembali saat penyebutan nama Ganjar Pranowo di detik 34.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ibu Ida Dayak Dapat Hadiah Rumah Sakit dari Raja Arab, Benarkah?

"Membuka rekomendasi yang ditujukan kepada saya dengan hal mana Rakernas ini memutuskan, menetapkan rekomendasi nama calon presiden Republik Indonesia yang akan diusung oleh Partai NasDem pada Pemilu 2024 yang akan datang," kata Surya Paloh seperti dikutip pada akun @media_firal01 pada Selasa (2/5/2023).

"Ganjar Pranowo," sambung Surya Paloh dalam video.

Penjelasan

Baca Juga: CEK FAKTA: Pedangdut Nassar Diisukan Meninggal Dunia Usai Jatuh di Kamar Mandi, Benarkah?

Setelah ditelusuri lebih lanjut, sumber rekaman Surya Paloh itu diambil saat Rakernas NasDem di JCC Senayan Jakarta pada Juni 2022 lalu.

Saat itu Surya Paloh sedang mengumumkan hasil rekomendasi 3 nama bakal calon Presiden Republik Indonesia, yaitu Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo.

"Penetapan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024, pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, ketiga Ganjar Pranowo," isi ucapan Surya Paloh dari sumber asli.

Sementara itu fakta sebenarnya hingga saat ini (02 Mei 2023) Partai NasDem masih mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden Republik Indonesia di Pilpres 2024, sejak diumumkan pada 3 Oktober 2022 lalu.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka unggahan akun TikTok @media_firal01 mengabarkan Surya Paloh mendukung Ganjar Pranowo merupakan berita tidak benar.

Pemilik akun mengunggah video dengan teks dan judul yang tidak sesuai dengan kebenaran fakta di lapangan, termasuk dengan cara memotong dan menyambung video secara tidak tepat.

Karena itu informasi terkait Surya Paloh dan NasDem mendekat ke PDIP guna mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 merupakan berita yang menyesatkan dan dapat disebut sebagai berita Hoax/Bohong. (Suara.com/ Rizky Gura S)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak