Ruang Belajar GoSend Resmi Diluncurkan, Pelatihan Pelaku UMKM Online

Turut hadir Sandiaga Uno dan Raditya Dika dalam peluncuran Ruang Belajar GoSend ini.

Agung Pratnyawan
Kamis, 16 Maret 2023 | 15:49 WIB
Peluncuran Ruang Belajar GoSend. (GoTo)

Peluncuran Ruang Belajar GoSend. (GoTo)

Hitekno.com - Ruang Belajar GoSend resmi dihadirkan sebagai program peningkatan kapasitas untuk para pegiat UMKM online yang tergabung dalam Komunitas Best Seller GoSend.

Program pelatihan UMKM dari bagian bisnis dari Gojek dan Grup GoTo ini resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Ruang Belajar GoSend edisi pertama ini dirancang untuk membantu pelaku UMKM, khususnya social seller dalam mempelajari tren penjualan dan perilaku konsumen di bulan Ramadan dan momen Lebaran, serta bagaimana menangkap peluang penjualan melalui strategi pemasaran digital dan pembuatan konten kreatif.

Baca Juga: Kolaborasi Lazada dan Kemenkop UKM dalam Mendorong Transformasi Digital UMKM

Dalam kesempatan ini, Content Creator, Raditya Dika turut hadir sebagai pemateri. Tak hanya itu, Gojek secara resmi juga memperkenalkan solusi logistik terbaru GoCorp Send dan fitur Jadwalin Pengiriman GoBox.

Layanan logistik telah menjadi bagian integral dari on-demand services Gojek yang mampu tumbuh dan tetap relevan menjawab kebutuhan masyarakat dan pengguna sepanjang 2022.

Survei INDEF 2022 menyatakan GoSend dianggap paling meningkatkan produktivitas para seller karena pelayanannya yang efisien, paling aman, dan mudah digunakan.

Baca Juga: Kolaborasi KoinWorks dan Wahyoo, Hadirkan PayLater untuk UMKM Kuliner

Komunitas Best Seller GoSend sendiri sejak diluncurkan satu tahun lalu telah mencapai 22.000 anggota per Maret 2023. Hadirnya serangkaian program dukungan para seller, Ruang Belajar GoSend sebagai program unggulan komunitas dan solusi bisnis GoCorp Send dan Jadwalin Pengiriman GoBox merupakan bagian dari fokus bisnis Gojek dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan pada tahun 2023.

Presiden Unit Bisnis On Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo dalam sambutannya saat membuka Ruang Belajar GoSend perdana, menyatakan "Sebagai layanan on demand, Gojek berkomitmen untuk dapat mendukung berbagai sektor UMKM agar dapat bertumbuh. Hari ini, bersamaan dengan momentum menyambut Ramadan, Gojek membekali para UMKM yaitu mitra social seller dengan program pelatihan perdana melalui Ruang Belajar GoSend. Tidak hanya itu, kami juga memperkenalkan ragam solusi baru untuk mengakomodir lonjakan permintaan untuk mempermudah kegiatan bisnis mitra seller selama bulan Ramadan dan momen jelang Lebaran."

Ramadan dan lebaran adalah momen penting bagi para penjual di Indonesia seiring tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat.

Baca Juga: Mitme Resmi Rilis, Platform Publikasi UMKM dari Penakita

Survei The Trade Desk dan YouGov menunjukkan bahwa sebanyak 88% masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja online pada Ramadan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan ibadah mereka.

Kegiatan Ruang Belajar GoSend diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota mengenai tren belanja online.

Pelatihan ini akan dilakukan setiap kuartalnya, dan pada acara perdananya, Ruang Belajar GoSend dihadiri oleh ratusan anggota Komunitas Best Seller GoSend secara hybrid.

Baca Juga: Youtap BOS Tawarkan Solusi All-in-One untuk Digitalisasi UMKM

Head of Revenue Transportation & Logistic Gojek Steven Halim menambahkan "Momen Ramadan dan Lebaran merupakan peluang besar bagi bisnis para anggota komunitas ‘Best Seller’ GoSend. Maka pelatihan Ruang Belajar GoSend kali mengangkat bagaimana para seller bisa mempersiapkan diri menyambut bulan spesial ini. Riset Meta melansir, 65 persen konsumen akan menghabiskan waktu menonton video selama bulan Ramadan dan lebaran. Untuk itulah kami bekerjasama dengan Raditya Dika, mengingat konten dengan storytelling yang kuat dapat mendorong tingkat brand awareness maupun consideration seseorang untuk membeli sebuah produk atau brand. Kami juga turut mendukung produktivitas para social seller dengan memperkenalkan GoCorp Send, perluasan layanan GoCorp solusi bisnis untuk layanan mobilitas yang kini mengikutsertakan layanan logistik. Dengan GoCorp Send, para pelaku usaha online dapat dapat mencatat administrasi biaya logistik dengan baik serta mendapatkan opsi invoicing bulanan. Selain itu, pengiriman barang besar dan banyak akan lebih mudah dengan fitur penjadwalan GoBox."

Sebagai salah satu solusi bisnis untuk kebutuhan logistik, antusias penggunaan GoCorp Send cukup tinggi. Setelah diluncurkan pada akhir 2022, hampir sebesar 34% pengguna GoCorp telah menggunakan layanan GoCorp Send, dan transaksi meningkat hampir 5x dalam 3 bulan pertama.

Di bulan April, GoCorp Send akan segera ditunjang dengan kemudahan registrasi melalui kartu kredit. Tanpa adanya minimum spending tiap bulannya, GoCorp Send sangat ramah digunakan untuk para pelaku UMKM, dimana 69% top klien GoCorp Send adalah UMKM. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Sandiaga Uno, menjelaskan "Bulan Ramadan ini adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi UMKM untuk naik kelas. Riset Mandiri institute menunjukkan bahwa puncak belanja pada periode Ramadan pada 2022 lebih tinggi 31% dibanding puncak belanja di Ramadan tahun sebelumnya. Saya optimis pada tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya, karena telah dicabutnya PPKM, dan mobilitas masyarakat untuk Idul fitri yang lebih mudah. Ruang Belajar GoSend menjadi kegiatan yang tepat bagi para pelaku UMKM untuk menggali strategi bisnis yang dilakukan ketika menyambut bulan Ramadan. Kita bisa menyesuaikan produk, konten, sosmed, sampai dengan jasa online delivery service yang dapat membantu peningkatan penjualan. Saya harap kegiatan Ruang Belajar GoSend dapat jadi wadah edukasi bagi ribuan UMKM di indonesia, sehingga menciptakan UMKM yang naik kelas."

Pelaku UMKM hanya perlu bergabung dalam Komunitas Best Seller GoSend untuk mendapatkan informasi mengenai produk terbaru maupun keuntungan lainnya.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak