Jumlah Korban Robot Rading Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Capai 25 Ribu Orang

Korban kasus penipuan robot trading Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo tidak hanya di Indonesia.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 10 Maret 2023 | 08:51 WIB
Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo. (Instagram/ wahyukenzo88)

Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo. (Instagram/ wahyukenzo88)

Hitekno.com - Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo telah ditangkap oleh kepolisian atas kasus penipuan robot trading. Dilaporkan juga kalau ada 25 ribu orang yang menjadi korban.

Pria bernama asli Dinar Wahyu Saptian Dyfrig ini telah ditahan kepolisan dan ditetapkan sebagai tersangkan kasus penipuan robot trading, Rabu (8/3/2023)/

Wahyu Kenzo yang sering disebut sebagai Crazy Rich Surabaya ini dilaporkan telah melakukan penipuan robot trading kepada banyak orang. Bahkan sampai 25 ribu orang jadi korbannya.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Keamanan Digital dari GoPay, Jangan Jadi Korban Penipuan Online

Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Jadi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto menjelaskan dalam konferensi pers, jumlah korban investasi bodong ini mencapai 25 ribu orang.

Dengan jumlah korban sebanyak itu, total kerugian para korban diperkirakan menyentuh angka Rp 9 triliun.

Baca Juga: Google Promosikan Situs Penipuan, Konsumen Dirugikan

Tak hanya dari warga Indonesia, korban penipuan juga berasal dari luar negeri.

"Semua masih kita tracing, karena korban tidak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri antara lain Prancis, Rusia, dan Amerika," tutur Toni.

Kasus Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Extraordinary Crime

Baca Juga: Profil dan Kekayaan Reza Paten, Crazy Rich Tersangka Kasus Robot Trading Net89

Penipuan yang dilakukan oleh Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo ini menurut kepolisian tergolong dalam sebuah kasus extraordinary crime.

Dilansir dari suara.com, extraordinary crime merupakan pelanggaran hak asasi manusia berat yang berdampak bagi masyarakat luas, baik tingkat nasional maupun internasional.

Umumnya, kejahatan luar biasa ini mengakibatkan kerugian secara materiil atau non-materiil yang diiringi dengan perasaan khawatir serta tidak aman.

Baca Juga: Daftar 9 Aplikasi Kripto dan Robot Trading yang Ditutup OJK

Banyaknya korban dan kerugian yang dilakukan oleh Wahyu Kenzo, membuat dirinya termasuk ke dalam kategori kejahatan luar biasa ini.

Selain itu, Kapolres Malang Kota Kombes Pol. Budi Hemanto, menjelaskan bahwa kasus ini bermula ketika salah satu anggota robot trading berinisial MY melaporkan Wahyu Kenzo ke Polresta Malang beberapa bulan lalu.

Aksi Wahyu Kenzo dengan Robot Trading

Wahyu Kenzo diketahui sebagai founder atau penemu robot trading Auto Trade Gold (ATG) PT Pansaky Berdikari Bersama.

Diceritakan, bahwa ia meminta orang berinisial RE datang menemui korban untuk mempresentasikan soal robot trading dengan bendera Auto Trade Gold (ATG) pada Juli 2021.

Oleh karena MY menerima keuntungan seperti dijanjikan Wahyu Kenzo, pada Januari 2022, dirinya mentransfer kembali sebesar lebih dari Rp4 miliar.

MY lalu bergabung pada November tahun 2022 dengan membeli robot trading sebesar lebih dari Rp 42 juta dan deposit lebih dari Rp1 miliar.

Korban mulai curiga ketika hendak melakukan penarikan sebesar 25.000 dolar AS tetapi gagal. Ditarik 2.000 dolar AS pun juga gagal. Bahkan, penarikan lebih kecil dari itu pun juga masih pending. Hingga kemudian MY melapor ke polisi.

Budi melanjutkan, bahwa pihaknya melakukan tindakan penyelidikan usai mendapatkan laporan dari korban. Wahyu Kenzo dipanggil dua kali dalam statusnya sebagai saksi tapi mengabaikan.

Wahyu pun dijemput paksa oleh polisi pada Sabtu (4/3/23) dan ditetapkan sebagai tersangka satu hari kemudian (5/3/23).

Kasus Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo ini ramai diperbincangkan oleh warganet dan tak sedikit yang mendukung kepolisian untuk segera menuntaskan kasus-kasus serupa.

Apa Itu Robot Trading

Menurut keterangan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag), robot trading merupakan peranti lunak komputer yang dapat bekerja secara otomatis untuk memonitor pasar.

Tidak hanya itu, robot trading ini juga bisa  melakukan kalkukasi peluang entry, menempatkan transaksi, dan melakukan manajemen risiko berdasarkan algoritma yang telah ditanamkan pada baris-baris programnya.

Para trader menggunakan robot trading untuk membantu mereka dalam melakukan pemantauan pasar hingga melakukan kalkuasi peluang dengan algoritma tertentu. (SuaraTasikmalaya.id)

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak