Smartfren Prediksi Trafik Jaringan Ramadan dan Lebaran 2023 Meningkat 15 Persen, Begini Persiapannya

Smartfren mengklaim bahwa lebih dari 94 persen jalur mudik sudah tercover dengan kualitas optimum.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 09 Maret 2023 | 18:10 WIB
Ilustrasi BTS Smartfren. [PT Smartfren Telecom Tbk]

Ilustrasi BTS Smartfren. [PT Smartfren Telecom Tbk]

Hitekno.com - Smartfren mengungkap perkembangan jaringan dan persiapan perusahaan dalam menyambut Ramadan serta momen Lebaran 2023. Operator seluler ini memprediksi bahwa terdapat peningkatan antara 12 hingga 15 persen pada momen tersebut.

Pernyataan itu disampaikan oleh salah satu eksekutif perusahaan pada acara Update Persiapan Network Smartfren untuk Ramadan dan Idul Fitri 1444 H yang digelar di Omah Kecebong, Sleman Yogyakarta, Kamis (09/03/2023).

Pada laporan sebelumnya, Smartfren mengungkap bahwa mereka telah memiliki lebih dari 43 ribu Base Transceiver Station (BTS).

Baca Juga: Auto Jadi Konten, Jonathan Liandi Nantikan Momen RRQ Lemon Pakai Rafaela di EXP Lane

Puluhan ribu BTS itu diklaim telah mencakup lebih dari 285 kota di Indonesia. Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren, menjelaskan bahwa perusahaan sudah menambah jumlah BTS 4G sebesar 12,3 persen secara nasional selama satu tahun terakhir.

Penambahan terbesar ada pada wilayah Jawa Barat (10 persen), Sumatera Selatan (10 persen) dan Jawa Tengah (9 persen).

Acara pengumumkan Triple Kejutan dari Smartfren serta kesiapan jaringan sambut Ramadan dan mudik 2023. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)
Acara pengumumkan Triple Kejutan dari Smartfren serta kesiapan jaringan sambut Ramadan dan mudik 2023. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

"Tahun ini juga akan akan ada penambahan karena ekspansi kita berjalan terus seiring dengan pertumbuhan customer kita. Termasuk di Jawa Tengah, ada beberapa wilayah yang favorit di jalur mudik (jaringannya) kita kebut. Smartfren menambah sekitar 12 persen BTS dalam setahun terakhir. Untuk Ramadan dan Lebaran 2023 sendiri, kita prediksi ada kenaikan trafik 12 sampai 15 persen," kata Agus Rohmat.

Baca Juga: Perluas Cakupan Sinyal, Smartfren Tambah 1.000 BTS 4G Anyar di Jawa Timur

Smartfren turut membeberkan data pemudik yang bersumber dari Kemenhub. Terdapat lebih dari 20 juta pemudik menuju Jawa Tengah sementara lebih dari 14 juta pemudik menuju Jawa Timur.

Operator seluler tersebut mengklaim bahwa mereka sudah memperkuat jaringan di area sekitar pemudik.

Untuk menyambut Lebaran 2023, mereka juga melakukan persiapan khusus. Smartfren menyiapkan sekitar 337 mobile combat untuk memperkuat jaringan di sekitar jalur mudik.

Baca Juga: 3 Cara Daftar IMEI HP: lewat Bea Cukai, Operator Seluler, dan Kemenperin

Logo Smartfren. (Smartfren)
Logo Smartfren. (Smartfren)

Lebih dari 500 teknisi lapangan pada Tim Satgas Smartfren disiagakan untuk menjaga kualitas sinyal. Tak hanya itu, mereka juga menyiapkan NOC dan call center 7 x 24 jam saat momen mudik dan Lebaran 2023.

Smartfren mengklaim bahwa lebih dari 94 persen jalur mudik sudah tercover dengan kualitas optimum.

"Untuk area Jawa, lebih dari 100 persen tercover network Smarfren. Sekitar 94 persen jalur mudik tersebut mempunyai kualitas optimum. Sedangkan untuk area luar Jawa, walaupun tercover 100 persen, tapi hanya 90 persen yang mempunyai kualitas optimum. Kami saat ini masih terus dalam proses pengembangan jaringan," ungkap Agus Rohmat menambahkan.

Secara nasional, prediksi peningkatan trafik pada Ramadan dan Lebaran 2023 ada di angka 12 hingga 15 persen. Smartfren diketahui mempunyai banyak pelanggan di Jawa Tengah.

Mereka memprediksi bahwa Jawa Tengah akan mempunyai kenaikan trafik 18 hingga 22 persen. Ini lebih tinggi dibanding kenaikan trafik 18 persen pada tahun lalu di wilayah tersebut.

Smartfren optimis dapat menambah ribuan BTS dalam satu tahun mendatang. Sayang, perwakilan perusahaan tak mengungkap rincian angkanya. Penambahan BTS dilakukan seiring dengan pertumbuhan pelanggan Smartfren.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak