Pengeluaran Belanja Modal Rp 9 T, Jumlah BTS XL Meningkat 19 Persen pada 2022

Hingga akhir 2022, total jumlah BTS (2G & 4G) XL Axiata mencapai 144.768 BTS.

Rezza Dwi Rachmanta
Selasa, 21 Februari 2023 | 14:18 WIB
Ilustrasi BTS XL. (XL Axiata)

Ilustrasi BTS XL. (XL Axiata)

Hitekno.com - XL Axiata mengumumkan laporan kinerja perusahaan sepanjang 2022 pada Senin (21/02/2023). Operator seluler ini cukup agresif dalam memperbanyak Base Transceiver Station atau BTS.

XL Axiata mengungkap bahwa jumlah BTS 4G mereka meningkat di sepanjang tahun 2022.

Perusahaan memperkuat dan memperluas jaringan khususnya di luar Jawa dengan pengeluaran belanja modal (capex) sebesar total Rp 9 triliun.

Baca Juga: 5 Perbedaan KTP Digital dan e-KTP, Mana yang Tak Bisa Difotokopi?

Hingga akhir 2022, total jumlah BTS (2G & 4G) XL Axiata mencapai 144.768 BTS, dengan jumlah BTS 4G sebanyak 91.632 unit.

Jumlah BTS 4G ini meningkat 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 54 persen (fiberized).

BTS XL Axiata. (XL Axiata)
BTS XL Axiata. (XL Axiata)

Penambahan jumlah BTS itu termasuk penguatan jaringan yang dilakukan di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kembangkan Digitalisasi Pengelolaan Tiket Wisata, Perum Perhutani Gandeng Startup GOERS

Perusahaan mengklaim bahwa jaringan XL menjangkau 666 kecamatan, dan 38 kota/kabupaten, dengan total lebih dari 11 ribu BTS 4G di Jawa Timur.

Terdapat lebih dari 5,5 juta pelanggan di mana sebanyak 99 persen di antaranya adalah pelanggan 4G.

XL Axiata berhasil mempertahankan pelanggan dengan fokus terus meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pelanggan yang lebih baik, sehingga di periode tersebut perusahaan berhasil meningkatkan blended ARPU (average revenue per user) menjadi Rp 39 ribu dari Rp 36 ribu di periode tahun sebelumnya, dengan total pelanggan nasional mencapai 57,5 juta pelanggan.

Baca Juga: Startup Ini Rilis Dompet Digital Anyar, Bantu UMKM Tegal Go Digital

Petinggi XL mengungkap bahwa pelanggan 4G di Indonesia kini mencapai 93 persen. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini membeberkan bahwa konsumsi data pelanggan XL semakin meningkat pada tahun 2022.

Bertambahnya trafik disebabkan terutama oleh streaming video. Dalam angka, trafik layanan meningkat 22 persen secara YoY.

Sementara itu, proses penataan ulang teknologi (refarming) 3G yang terus dilaksanakan hingga saat ini tinggal menyisakan kurang dari 1.300 BTS.

Investasi dan strategi jaringan di sepanjang 2022 telah berhasil meningkatkan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik sehingga mampu meningkatkan penggunaan yang lebih tinggi. Hal ini terbukti dengan trafik yang tumbuh sebesar 22% YoY.

Logo XL Axiata. (XL Axiata)
Logo XL Axiata. (XL Axiata)

Untuk memperkuat struktur keuangan perusahaan, di tahun 2022 lalu XL Axiata telah berhasil menggalang dana total sekitar Rp 8 triliun, masing-masing Rp 3 triliun melalui obligasi dan sukuk pada bulan September 2022 dengan harga yang sangat kompetitif, dan sekitar Rp 5 triliun lainnya melalui right issue.

"Dana yang berhasil kami himpun tersebut telah memperkuat neraca dan memungkinkan kami untuk mempertahankan peringkat AAA nilai investasi yang kami miliki saat ini. Selain itu juga telah menyeimbangkan profil utang kami sehingga kami lebih siap menghadapi potensi kenaikan suku bunga di masa depan," kata Dian Siswarini dikutip dari situs resmi perusahaan.

Pada sisi jaringan, inisiatif peningkatan kualitas jaringan telah berhasil mengantar XL Axiata menutup tahun 2022 dengan kemenangan di empat kategori survei independen Opensignal periode Desember 2022.

Untuk kali kedua secara berturut-turut, XL Axiata menjadi yang terbaik di antara semua operator Indonesia untuk kategori pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman bermain game, serta pengalaman aplikasi suara.

Untuk kecepatan unduh, XL Axiata mencatat rata-rata 20,8 Mbps, meningkat sekitar 11 persen dibandingkan dengan Juli 2022.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak